. Kapolda Jambi Tinjau Pos Mudik di Bungo : Jika Lelah, Sopir Jangan Memaksakan Diri | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Kapolda Jambi Tinjau Pos Mudik di Bungo : Jika Lelah, Sopir Jangan Memaksakan Diri

Kapolda Jambi Tinjau Pos Mudik di Bungo : Jika Lelah, Sopir Jangan Memaksakan Diri

Written By MediaLintasSumatera on Jumat, 29 April 2022 | 09.18

Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo, SIK, MIK (dua dari kanan) meninjau Pos Pengamanan Mudik Lebaran di Kabupaten Bungo, batas Provinsi Jambi – Sumatera Barat, Kamis (28/4/2022). (Foto : Matra/HumasPoldaJambi).
 
(Matra, Jambi) – Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo, SIK, MIK kembali mengingatkan para pemudik yang melintas di jalur-jalur utama mudik di Provinsi Jambi tidak memaksakan diri jika sudah lelah. Para pengemudi diharapkan tetap menjaga stamina dengan beristirahat mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas (lakalantas). 

“Saya meminta para pengemudi yang melakukan perjalanan yang jauh jangan memaksakan diri membawa kenderaan. Usahakan mengemudi kendaraan maksimal 3-4 jam saja. Setelah itu harus istirahat. Hal itu penting agar konsentrasi dan stamina tetap terjaga. Utamakan keselamatan,”katanya ketika meninjau Pos Pengamanan (Pospam) Operasi Ketupat Siginjai di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera perbatasan Bungo, Provinsi Jambi – Padang, Sumatera Barat, Kamis (28/4/2022).

Guna menjamin keselamatan dalam perjalanan, kata A Rachmad Wibowo, para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi atau sewa juga perlu memeriksa kelaikan jalan mobil. Kemudian kapasitas penumpang dan barang disesuaikan dengan kemampuan mobil. 

"Sebelum berangkat cek dengan teliti kondisi kendaraan apakah layak dibawa perjalanan jauh. Kemudian kapasitas kendaraan disesuaikan dengan jumlah orang dan barang di dalamnya. Jangan sampai berlebih muatan karena bisa berbahaya di perjalanan,”katanya.

Menurut A Rachmad Wibowo, berdasarkan pantauan di Pospam Operasi Ketupat Siginjai 2022 wilayah Bungo, perbatasan Provinsi Jambi - Provinsi Sumatera Barat, pasukan pengamanan arus mudik Lebaran di Jambi sudah siaga. Pengamanan arus mudik dilakukan mulai Kamis (28/4/2022) hingga Senin (9/5/2022). 

“Pospam arus mudik Lebaran di Bungo ini merupakan pos yang bagus. Kami sudah melakukan pengecekan personel dan fasilitas. Semua sudah siap melaksanakan operasi ketupat,”katanya.

Kapolda Jambi, A Rachmad Wibowo mengatakan, Polda Jambi menargetkan pengamanan arus mudik Lebaran tahun ini tidak terjadi insiden (zero accident) lakalantas. Untuk itu berbagai upaya pencegahan lakalantas di jalur-jalur utama mudik Lebaran di Jambi sudah dilakukan. 

“Untuk mencegah lakalantas, kami membagikan bendera, menyiapkan alat pembaca kecepatan kendaraan di titik rawan kecelakaan serta memperbanyak rambu-rambu yang bisa tampak jelas oleh pengedara,”katanya.

Peninjauan Pospam di Bungo tersebut turut diikuti Kepala Biro (Karo) Oerasional Polda Jambi, Kimisaris Besar (Kombes) Pol Feri Handoko, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jambi, Kombes Pol Dhafi dan Kapolres Bungo, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Guntur Saputro. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA