. Kodim Simalungun Kedepankan Pendekatan Religi Amankan Aset Ekonomi Negara | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Kodim Simalungun Kedepankan Pendekatan Religi Amankan Aset Ekonomi Negara

Kodim Simalungun Kedepankan Pendekatan Religi Amankan Aset Ekonomi Negara

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 28 April 2022 | 07.55

Dandim 0207/Sml Letkol Inf Roly Souhoka, SIP (kanan) didampingi Manajer SDM PTPN IV Distrik I Kebun Bah Jambi, Nanda (kiri) pada pertemuan di PTPN IV Bah Jambi, Kabupaten Simalungun, Sumut, Rabu (27/4/2022). (Foto : Matra/FebP).

(Matra, Simalungun) – Pendekatan secara keagamaan atau religi sangat penting dilakukan aparat keamanan guna menciptakan iklim kondusif di wilayah kerja perusahaan-perusahaan yang menjadi aset ekonomi negara. Bahkan pendekatan religi tersebut sangat penting mencegah adanya gangguan kelompok -  kelompok tertentu terhadap pusat dan aset ekonomi negara. 

Strategi itulah yang dilakukan Komando Distrik Militer (Kodim) 0207/Simalungun (Sml) dalam menjaga keamanan aset-aset ekonomi negara di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut). Pendakatan riligi dan kemasyarakatan dilakukan melalui kunjungan-kunjungan atau silaturahmi ke masjid-masjid dan organisasi kemasyarakata/keagamaan.

Komandan Kodim (Dandim) 0207/Sml Letkol Inf Roly Souhoka, SIP pada kunjungan ke perkebunan PTPN IV Bah Jambi, Kabupaten Simalungun, Sumut, Rabu (27/4/2022) mengatakan, dalam melakukan tugas-tugas kewilayahan dan memelihara kondusifitas wilayah pihaknya melakukan beberapa terobosan yang merupakan pendekatan religious.

Di antaranya, kunjungan langsung ke kantor-kantor perusahaan dan Lembaga-lembaga ekonomi, sosial dan keagamaan di Simalungun (one day one door). Kemudian pihaknya juga melakukan kunjungan ke berbagai kantor media massa (one day one media). Pendekatan itu dilakukan untuk mendukung dan mengoptimalkan pembinaan territorial. 

Selain itu, lanjut Roly Souhoka, jajaran pimpinan Kodim 0207/Sml juga melakukan program program one week one tahajud. Program tersebut berupa kunjungan ke masjid-masjid di setiap kecamatan. Dalam kunjungan tersebut, pihaknya berdoa bersama-sama dengan tokoh agama dan Jemaah. 

“Kami bertafakur kepada Allah SWT bersama jamah dan tokoh agama, memohon pertolongannya agar kita diberikan keselamatan, dihindarkan dari bencana alam dan dimudahkan rejekinya. Kami juga berdoa agar wilayah di sekitar kita diberikan kedamaian dan keamanan. Kesemuanya itu tidak akan terkabul tanpa campur tangan Allah SWT,”paparnya.

Rouly Souhoka berharap melalui pendekatan religi dan silaturahmi tersebut, sinergitas (kerja sama) anatara jajaran Kodim 0207/Sml dengan seluruh elemen masyarakat semakin mantap. Dengan demikian keamanan di sekitar wilayah kerja Perkebunan PTPN IV Bah Jambi juga bisa tercipta. 

Sementara itu, Manajer Sumber Daya Manusia (SDM) PTPN IV Distrik I Kebun Bah Jambi, Nanda pada kesempatan menyambut baik kunjungan Dandim 0207/Sml dan rombongan ke Perkebunan PTPN IV Bah Jambi. Kunjungan tersebut memebri arti penting guna menciptakan situasi kondusif sekaligus mempererat rasa kekeluargaan jajaran PTPN IB Vah Jambi dengan Kodim 0207/Sml. 

Dijelaskan, selama ini pihak PTPN IV Bah Jambi senantiasa menjalin kerja sama dan koordinasi yang baik dengan jajaran Komando Rayon Militer (Koramil), Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) di wilayah-wilayah yang ada kebun PTPN IV Distrik I Bah Jambi. 

“Melalui koordinasi tersebut, situasi keamanan di seluruh wilayah kerja perusahaan kondusif. Pendekatan yang kami lakukan kepada warga masyarakat sekitar tetap mengedepankan cara-cara persuasive dan agamis. Hal tersebut sangat efektif menjalin hubungan yang baik antara jajaran perusahaan, aparat keamanan dan seluruh elemen masyarakat,”ujarnya.
Salah satu areal Hak Guna Usaha (HGU) yang dikelola perkebunan kelapa sawit PTPN IV Bah Jambi di Dolok Hataran, Kabupaten Simalungun sejak 2020. (Foto : Matra/Ist).

Kunjungan Dandim 0207/Sml ke perkebunan PTPN IV Bah Jambi turut diikuti Danramil 10/Tanah Jawa, Kapten Chb BJ Tampubolon, Pasi Ops Kodim 0207/Sml, Kapten Inf Totok Ragil dan Pasi Pers Kodim 0207/Sml Kapten Arm R Damanik.

Sedangkan kehadiran rombongan Dandim 0207/Sml di PTPN IV Bah Jambi disambut unsur pimpinan perusahaan, yakni General Manajer Perkebunan PTPN IV Bah Jambi, Jimmy Silalahi, Manajer SDM Distrik I Kebun Bah Jambi, Nanda dan Manajer Perkebunan PTPN IV Bah Jambi, Januar Saragih.

Kemudian Manajer Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Perkebunan PTPN IV Bah Jambi, Dion Muara Parulian Girsang, Asisten SDM Kebun PTPN IV Bah Jambi, Mawan Kurniawan dan seluruh manajer di lingkungan PTPN IV Distrik I Kebun Bah Jambi. (Matra/FebP).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA