. Malam Seni Budaya Simalungun di Jambi, Pendeta Pun Mampu Tampil Menjadi “Bintang” Penggalangan Dana | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Malam Seni Budaya Simalungun di Jambi, Pendeta Pun Mampu Tampil Menjadi “Bintang” Penggalangan Dana

Malam Seni Budaya Simalungun di Jambi, Pendeta Pun Mampu Tampil Menjadi “Bintang” Penggalangan Dana

Written By MediaLintasSumatera on Sabtu, 09 April 2022 | 23.59

Pdt John Ricky R Purba, MSi. (Foto : Matra/Radesman Saragih)

(Matra, Jambi) – Ternyata bukan hanya artis yang bisa menjadi bintang panggung dalam pesta-pesta penggalangan dana gereja melalui lantunan merdu suaranya. Rohaniawan (Pendeta) juga bisa menjadi bintang panggung penggalangan dana pembangunan gereja melalui suara emasnya.  

Itulah yang dilakukan mantan Pendeta Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Resort Jambi yang kini menjabat Praeses (Pimpinan) GKPS Distrik VII Jakarta, Jawa, Bali dan Kalimantan, Pdt John Ricky R Purba, MSi. Ketika tampil pada Malam Seni Budaya Marsombuh Sihol (Melepas Rindu) Simalungun di GKPS Jambi, Sabtu (9/4/2022) malam, Pdt John Ricky R Purba, MSi benar-benar menjadi “bintang” penyelamat penggalangan dana

Pada malam seni budaya Simalungun yang digelar dalam rangka Pesta Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-39 GKPS Jambi tersebut, Pdt John Ricky R Purba, MSi mampu menghimpun dana sekitar Rp 22,6 juta melalui lantunan sebuah lagu rohani “Waktu Tuhan” karya cipta Joseph S Djafar dan dipopulerkan NDC Worship 2019.

Pdt John Ricky R Purba, MSi tampil ke panggung melantunkan lagu tersebut untuk mengumpulkan dana tatkala siaran live streaming artis Simalungun, Intan Saragih terganggu. Kesigapan mantan Pendeta GKPS Resort Pematangraya tersebut mengambil inisiatif mengisi kekosongan acara menghasilkan kontribusi cukup besar untuk panitia. 

Pdt John Ricky R Purba, MSi cukup piawai “merogoh” kocek warga Jemaat GKPS Jambi dan GKPS Persiapan Tanah Kanaan yang hadir karena sudah mengenal persis setiap warga jemaat yang “ditodongnya” memberi sumbangan. Warga jemaat yang “ditodong” Pdt John Ricky R Purba, MSi juga cukup antusias menyebutkan sumbangan mereka masing-masing.

Pdt John Ricky R Purba, MSi pada kesempatan tersebut mengatakan, renovasi gereja GKPS Jambi perlu mendapat dukungan seluruh jemaat. Renovasi gereja GKPS Jambi yang membutuhkan dana cukup besar tersebut perlu diupayakan secara bersama. Proses pembangunan gereja ini juga akan terus berjalan dan butuh topangan seluruh jemaat.

Tampil Memukau 

Sementara itu, malam seni budaya Simalungun Pesta HUT ke-39 GKPS Jambi yang berlangsung mulai pukul 19.00 WIB – 23.00 WIB tersebut berlangsung meriah. Penampilan artis papan atas Simalungun, Intan Saragih dan Sabar Tondang asal Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara pada kesempatan tersebut memukau hadirin. 

Lagu-lagu Simalungun melankolis dan romantis yang dilantunkan Intan Saragih dengan suara prima menghentak suasana malam sehingga hadirin tergugah merogoh kocek mereka memberikan sumbangan. Kemudian warga GKPS/Simalungun dari berbagai daerah yang menikmati penampilan Intan Saragih melalui live streaming facebook juga cukup banyak memberikan donasi. 

Kemudian, beberapa lagu yang di-request (diminta) hadirin dan penonton live streaming juga dilantunkan Intan Saragih dengan prima. Salah satu di antaranya lagu Batak populer dan sudah cukup lawas, Anakku Na Burju (Anak yang Baik) karya Irjen Pol (Purn Drs Soaloon Simatupang, MSi dan dipopulerkan Emilia Contessa puluhan tahun silam. 

“Lagu ini cukup sulit. Kalau diambil nada rendah tidak kedengaran. Namun jika diambil nada tinggi tidak sampai. Namun saya coba,”kata Intan. 

Ketika Intan Saragih melantunkan (menarik) refrain nada tinggi (puncak) lagu poda (nasehat) Batak tersebut, hadirin pun memberikan aplaus (sambutan) dengan tepuk tangan meriah. 
   
Selain itu, Intan Saragih juga melantunkan lagu-lagu Simalungun dan Indonesia rancak (gembira). Ketika Intan Saragih membawakan lagu-lagu rancak tersebut, warga jemaat pun langsung menari bersama di depan panggung. 

“Saya menyampaikan terima kasih atas antusiasme warga GKPS Jambi dan para pemirsa live streaming menyaksikan dan mendukung  malam seni budaya Simalungun dalam rangka Pesta HUT GKPS Jambi ini,”kata Intan. 

Sementara itu total dana yang terhimpun pada malam seni budaya Simalungun dan live streaming  Pesta HUT ke-39 GKPS Jambi tersebut mencapai Rp 42,98 juta.(Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA