. Operasi Ketupat Toba 2022 Sumatera Utara, Kota Wisata Parapat Mendapat Prioritas Pengamanan Mudik Lebaran | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Operasi Ketupat Toba 2022 Sumatera Utara, Kota Wisata Parapat Mendapat Prioritas Pengamanan Mudik Lebaran

Operasi Ketupat Toba 2022 Sumatera Utara, Kota Wisata Parapat Mendapat Prioritas Pengamanan Mudik Lebaran

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 28 April 2022 | 19.09

Kapolda Sumut Irjen, Pol Drs R Z Panca Putra Simanjuntak, MSi (dua dari kiri) meninjau Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Operasi Ketupat Toba 2022 di di Kota Wisata Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumut, Kamis (28/4/2022). (Foto : Matra/HumasPoldaSumut).

(Matra, Simalungun) – Kota Wisata Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun dan Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba diperkirakan menjadi objek wisata yang bakal dipadati pemudik pada hari raya Lebaran atau Idul Fitri 1443 Hijriyah (H). Karena itu pengamanan di objek wisata pesisir Danau Toba tersebut mendapatkan prioritas pada Operasi Ketupat Toba 2022. 

Untuk memastikan kesiapan pengamanan arus mudik dan perayaan Lebaran di objek wisata Parapat dan pelabuhan Ajibata, Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Drs R Z Panca Putra Simanjuntak, MSi secara khusus meninjau Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) arus mudik dan perayaan Lebaran di Kota Wisata Parapat dan pelabuhan danau Ajibata, Kamis (28/4/2022).

Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak, MSi yang terbang menggunakan helikopter dari Medan ke Parapat turut didampingi  Kepala Korps Shabhara (Kakorsabhara) Baharkam, Irjen  Pol Drs  Priyo Widyanto, MM. Turut hadir pada kunjungan Kapolda Sumut ke Parapat tersebut, Kapolres Simalungun, Simalungun Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Nicolas Dedy Arifianto,SH,SIK,MH.

Kapolda Sumut, Panca Putra Simanjuntak pada kunjungan tersebut mengatakan, dirinya turun langsung mengecek kesiapan Operasi Ketupat Toba 2022 di Parapat dan pelabuhan Ajibata karena objek wisata tersebut bakal dipadati pemudik Lebaran. Baik pemudik yang hanya untuk berwisata ke Parapat dan Pulau Samosir maupun pemudik yang pulang kampung untuk libur Lebaran. 

Pada kesempatan itu, Panca Putra Simanjuntak mengecek Posyan dan Pospam Operasi Ketupat Toba 2022 Polres Simalungun ke pelabuhan Ajibata dan Ambarita. Kemudian Panca Putra Simanjuntak dan rombongan juga menyempatkan diri meninjau pelaksanaan vaksinasi dan pemberian kebutuhan pokok untuk mendukung kinerja personil yang siaga di Pospam dan Posyan Lebaran.

“Saya berharap kepada rekan-rekan dapat memberikan perhatian penuh terhadap pelaksanaan Operasi Pengamanan Arus Mudik dan perayan Lebaran ini. Kepada seluruh personel yang bertugas di seluruh Pospam dan Posyan agar melaksanakan tugas pengamanan Operasi Ketupat 2022 dengan penuh tanggung jawab,”katanya. 

Kapolda Sumut, Panca Putra Simanjuntak meminta para petugas pengamanan arus mudik dan Lebaran tetap menyampaikan himbauan mengenai kepatuhan pada protokol kesehatan (prokes) dengan cara-cara yang humanis. Hal itu penting karena Lebaran tahun ini masyarakat merasa bebas berkegiatan dan melakukan perjalanan. Hal itu dimaklumi karena selama dua tahun terakhir pemerintah melakukan penyekatan atau pembatasan berkegiatan dan bepergian.

“Saya juga berharap kepada rekan-rekan agar dapat berkolaborasi (bekerja sama) dengan baik. Seluruh petugas pengamanan arus mudik dan Lebaran di daerah ini harus tetap bekerja dengan terintegritas dan bersinergi. Hal tersebut sangat penting karena daerah wisata Parapat, Simalungun, Toba dan Samosir menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan merayakan libur Lebaran,”paparnya.

Di sela-sela kunjungan ke Parapat, Panca Putra Simanjuntak dan rombongan juga meninjau kandang dan satwa kuda bantuan Baharkam Polri yang dirawat di Peternakan Kuda Polisi Pariwisata Polda Sumut, Pelataran Niagara Hotel, Parapat. (Matra/FebP/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA