. Paskah Raya Sekolah Minggu di Simalungun Meriah, Anak – anak Jangan Banyak Main HP dan Game | MediaLintasSumatera
Home » , , » Paskah Raya Sekolah Minggu di Simalungun Meriah, Anak – anak Jangan Banyak Main HP dan Game

Paskah Raya Sekolah Minggu di Simalungun Meriah, Anak – anak Jangan Banyak Main HP dan Game

Written By MediaLintasSumatera on Senin, 18 April 2022 | 07.16

Bupati Simalungun, St Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH, MH (depan) bernyanyi bersama anak-anak sekolah minggu pada perayaan Paskah Raya Anak Sekolah Minggu GKPS  Distrik II di Taman Raya August Theis, Pematangraya, Simalungun, Minggu (17/4/2022). (Foto : Matra/KominfoSimalungun).

(Matra, Simalungun) – Anak-anak sekolah minggu di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) termasuk kelompok pelayanan Kristen yang paling antusias menyambut kebangkitan Yesus Kristus dari kematian (Paskah). Hal itu ditandai dengan perayaan Paskah skala besar yang digelar Anak Sekolah Minggu (ASM) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Resort Tigadolok, Kecamatan Dolok Panribuan dan Paskah Raya ASM Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS)  Distrik II di Taman Raya August Theis, Pematangraya, Simalungun, Minggu (17/4/2022). 

ASM GKPS Distrik II (wilayah Pematangraya dan sekitarnya) menggelar perayaan Paskah Raya Anak Ceria GKPS Distrik II di Taman Raya  August Theis Pematangraya. Perayaan Paskah tersebut dihadiri Bupati Simalungun, St Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH, MH dan isteri Ny Ratnawati Saragih. Perayaan Paskah ASM GKPS Distrik II Simalungun tersebut dihadiri ribuan anak – anak sekolah minggu GKPS dari berbagai jemaat. 

Kemeriahan perayaan Paskah ASM GKPS Distrik II tersebut ditandai dengan berbagai perlombaan (games) bernuansa religi. Radiapoh Hasiholan Sinaga dan isteri pada kesempatan tersebut berkesempatan bernyanyi bersama dengan anak-anak sekolah minggu. Perayaan Paskah ASM GKPS Distri II tersebut diawali dengan kebaktian raya yang dipimpin Praeses (Pimpinan) GKPS Distrik II, Pdt Erni Julianti Purba, MTh.

Radiapoh Hasiholan Sinaga dalam pesan paskahnya pada kesempatan tersebut mengatakan, perayaan Paskah hendaknya dijadikan anak-anak SM GKPS Distrik II untuk hidup lebih baik seperti teladan yang diberikan Yesus Kristus mengenai kebaikan. Kemudian anak- anak SM GKPS Distrik II juga diminta agar rajin belajar sehingga menjadi generasi penerus yang berprestasi luar biasa.

"Jangan lagi malas, harus rajin belajar, jangan suka main HP (Handphone) dan jangan lebih sering main game. Selain itu anak-anak juga harus harus rajin membaca Alkitab di rumah agar menjadi orang yang berhasil. Saya bisa seperti ini bukan mudah seperti balikkan telapak tangan. Ini semua perlu perjuangan dan kerja keras. Untuk itu anak - anak kami harus rajin belajar ya,"pintanya.
Isteri Bupati Simalungun, Ny Ratnawati Radiapoh (kanan) memberikan hadiah kepada anak-anak sekolah minggu pada perayaan Paskah Raya Anak Ceria GKPS Distrik II di Taman Raya  August Theis Pematangraya, Minggu (17/4/2022). (Foto : Matra/KominfoSimalungun).  

Radiapoh Hasiholan juga menyampaikan apresiasi kepada guru – guru sekolah minggu di GKPS Distrik II yang tetap setia dan penuh pengorbanan mengajar anak-anak sekolah minggu. 

"Terimakasih atas pengabdiannya yang terus mendidik, mengkader generasi penerus di Simalungun,"katanya.

Menurut Radiapoh Hasiholan, Pemerintah Kabupaten Simalungun (Pemkab) Simalungun berusaha menganggarkan biaya kesejahteraan para guru honorer dan guru sekolah minggu tahun tahun 2023.

Pada kesempatan tersebut, Radiapoh Hasiholan dan isteri memberikan hadiah kepada beberapa anak SM GKPS Distrik II yang bisa menjawab pertanyaan (kuis) yang disampaikan Radiapoh Hasiholan mengenai jumlah pasal dalam Alkitab. 

Pada penutupan perayaan Paskah tersebut, Radiapoh Hasiholan dan isteri bernyanyi bersama dengan seluruh anak-anak SM GKPS Distrik II. Turut hadir pada kesempatan tersebut, Camat Pematangraya, Septiaman Purba dan Lurah Pamatangraya, Sarmedi Purba.

Peresmian Gedung SM

Sementara itu ibadah perayaan Paskah ASM HKBP Resort Tigadolok, Kecamatan Dolok Panribuan dihadiri Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Simalungun, Arifin Nainggolan dan Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani. Paskah tersebut dirangkaikan dengan Peresmian Gedung Sekolah Minggu dan Pesta Parheheon (Kebangkitan) Sekolah Minggu Gereja HKBP Resort Tigadolok. 

Pada kesempatan itu Praeses HKBP Distrik V Sumatera Timur, Pdt M Silitonga, MTh, Pendeta HKBP Resort Tiga Dolok, Pdt B Siagian dan Kepala Kesbangpol Simalungun, Arifin Nainggolan menandatangani prasasti Gedung SM HKBP Resort Tigadolok. Sedangkan pengguntingan pita peresmian Gedung SM HKBP Resort Tigadolok tersebut dilakukan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Simalungun, SML Simangunsong.
Kepala Kesbangpol Simalungun, Arifin Nainggolan (kiri) memberikan sambutan pada perayaan Paskah Anak Sekolah Minggu HKBP Resort Tigadolok, Kecamatan Dolok Panribuan, Simalungun, Sumut,Minggu (17/4/2022). (Foto : Matra/KominfoSimalungun)

Kepala Kesbangpol Simalungun, Arifin Nainggolan mewakili Bupati Simalungun, St Radiapoh Hasiholan Sinaga pada kesempatan tersebut mengimbau segenap  jemaat HKBP Tigadolok terutama anak-anak sekolah minggu memanfaatkan keberadaan sekolah minggu meningkatkan keimanan kepada Tuhan. Gedung sekolah minggu yang baru diresmikan juga diharapkan bisa dimanfaatkan untuk pembinaan anak-anak sekolah minggu. 

"Jaga dan rawat gedungsSekolah minggu ini. Gunakan untuk membina dan mendidik mental anak-anak. Dengan demikian mereka nantinya menjadi generasi yang memiliki keimanan yang tinggi kepada Tuhan dan juga menjadi generasi yang cerdas,"katanya. 

Arifin Nainggolan menyampaikan terima kasih kepada jemaat yang telah hadir mengikuti kegiatan keagamaan ini dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. 

"Meskipun Kabupaten Simalungun berada di PPKM Level 1, namun kita harus tetap patuh terhadap protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah,"katanya.

Seusai kebakatian perayaan Paskah, acara dilanjutkan dengan pesta Parheheon Singkolah Minggu Gereja HKBP Resort Tigadolok. Pada kesempatan tersebut, Arifin Nainggolan menyampaikan bantuan Bupati Simalungun untuk pembangunan dan pemeliharaan gedung sekolah minggu tersebut. Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani juga turut memberikan bantuan.

Pada kesempatan tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun melaksanakan  vaksinasi dosis 1, dosis 2 dan dosis 3 (booster) kepada para jemaat dan masyarakat. Vaksinasi dilaksanakan dengan mengerahkan tenaga vaksinator dari Puskesmas Tigadolok.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Simalungun, Edwin Tony SM Simanjuntak, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Simalungun, Zacson M Silalahi, Plt Inspektorat Kabupaten Sialungun, Roganda Sihombing, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPPTSP) Simalungun, Pahala R Sinaga, Camat Dolok Panribuan, Nopen G Sijabat dan Camat Jorlang Hataran, Pondang Sidabutar. (Matra/AdeSM/FebP)
Ibadah perayaan Paskah Anak Sekolah Minggu HKBP Resort Tigadolok, Kecamatan Dolok Panribuan, Simalungun, Sumut,Minggu (17/4/2022). (Foto : Matra/KominfoSimalungun).










Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA