. Pedagang dan Nelayan Simalungun Dapat Bantuan Tunai Rp 6 Miliar | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Pedagang dan Nelayan Simalungun Dapat Bantuan Tunai Rp 6 Miliar

Pedagang dan Nelayan Simalungun Dapat Bantuan Tunai Rp 6 Miliar

Written By MediaLintasSumatera on Jumat, 08 April 2022 | 20.19

Danrem 022/Pantai Timur, Kolonel Inf. Luqman Arief, SIP (tiga dari kiri) menyalurkan bantuan tunai kepada pedagang kaki lima dan nelayan Simalungun di Markas Kodim 0207/Simalungun Pematangraya, Kabupaten Simalungun, Sumut, Jumat (8/4/2022). (Foto : Matra/KominfoSimalungun).

(Matra, Simalungun) – Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) mendapatkan kucuran bantuan uang tunai untuk Pedagang Kaki Lima, Warung dan Nelayan (BTPKLWN) sekitar Rp 6 miliar tahun ini. Bantuan tersebut disalurkan kepada sekitar 10.000 keluarga pedagang kaki lima, warung dan nelayan atau penerima manfaat. Setiap keluarga mendapatkan bantuan langsung tunai Rp 600.000. Penyaluran bantuan tunai tersebut dilakukan jajaran TNI. 

Penyaluran bantuan langsung tunai BTPKLWN di Simalungun tersebut dilakukan Komandan Korem (Danrem) 022/Pantai Timur (PT) Kolonel Inf. Luqman Arief, SIP dan Bupati Simalungun, St Radiapoh Hasiholan Sinaga di Markas Kodim 0207/Simalungun Pematangraya, Kabupaten Simalungun, Sumut, Jumat (8/4/2022).

Penyerahan bantuan tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Roly Souhoka SIP,  Kasi Intel Korem 022/PT Mayor Inf M Ali Siregar, Plt Kadis Kominfo Simalungun SML Simangunsong, Kadis Sosial, Sya'ban Saragih, Camat Raya, Septiaman Purba, Wakil Kasat Binmas Polres Simalungun, Hengky Siahaan dan Koramil se-Simalungun.

Menurut Luqman Arief, Komando Resort Militer (Korem) 022/Pantai Timur, program pemberian bantuan pemerintah untuk warga kurang mampu ini dilakukan setiap tahun. Penyaluran  bantuan selama ini dilakukan instansi terkait. Sedangkan untuk tahun ini, penyaluran bantuan untuk pedagang kaki lima dan nelayan tersebut dilakukan jajaran TNI.

"Program ini dilaksanakan secara bertahap agar ada pemerataan dalam peningkatan ekonomi masyarakat khusus pedang kaki lima dan nelayan,"katanya.

Luqman Arief mengatakan, bersamaan dengan bantuan BTPKLWN tersbeut, pihaknya juga melaksanakan vaksinasi dosis pertama dan kedua serta vaksin booster (penguat). 

"Mari kita semua melaksanakan vaksinasi. Pola pikir kita menyikapi vaksinasi ini, yakni agar kita harus sehat. Kesehatan ini merupakan kebutuhan kita bersama,"katanya.

Dijelaskan, bantuan yang disalurkan tersebut khusus untuk masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Untuk itu penerima bantuan diharapkan memanfaatkan bantuan guna mengembangkan usaha.

"Pergunakan bantuan ini untuk mengembangkan usaha bapak/ibu sekalian agar usahanya makin meningkat. Kami mohon maaf jika ada yg tidak dapat, karena penyaluran bantuan ini dilakukan benar – benar tepat sasaran sesuai dengan data yang telah ditetapkan sebelumnya,"katanya. 
Bupati Simalungun, St Radiapoh Hasiholan Sinaga (kiri) menyalurkan bantyuan tunai kepada pedagang dan nelayan Simalungun di Markas Kodim 0207/Simalungun Pematangraya, Kabupaten Simalungun, Sumut, Jumat (8/4/2022). (Foto : Matra/KominfoSimalungun).

Bentuk Kepedulian

Sementara itu, Bupati Simalungun, St Radiapoh Hasiholan Sinaga pada kesempatan tersebut mengatakan apresiasinya atas penyaluran bantuan Program BTPKLWN dari pemerintah yang disampaikan oleh TNI. 

"Ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat di tengah kesulitan ekonomi saat ini. Kami berharap bantuan seperti ini ini akan terus berkelanjutan,"katanya. 

Dijelaskan, bantuan Program BTPKLWN untuk Simalungun tahun ini diberikan kepada 10.000 kepala keluarga (KK). Bantuan diberikan dalam bentuk uang tunai. Masing-masing keluarga pedagang dan nelayan mendapatkan bantuan tunai Rp 600.000.

"Saya juga tadi sempat berbincang dengan salah satu penerima. Beliau sangat bersyukur atas bantuan ini. Dia bilang sudah tidak ada lagi modal buat berjualan. Jadi dia bersyukur atas batuan yang dia terima,"tuturnya.

Menurut Radiapoh Hasiholan Sinaga, awal bulan April 2022, warga masyarakat Simalungun tidak perlu lagi datang ke Pematangraya untuk kepengurusan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

"Kami akan lakukan perekaman dan pencetakan e-KTP di sepuluh kecamatan. Jadi bagi masyarakat yang jauh tak perlu lagi datang ke Pematangraya mengurus e-KTP,"katannya. 

Radiapoh Hasiholan Sinaga mengajak dan menghimbau masyarakat untuk segera mendaftarkan data kepedudukannya. Hal itu penting guna mempercepat proses pengurusan e-KTP.

Terkait pelaksanaan vaksinasi dosis 2 dan booster, Radiapoh Hasiholan Sinaga meminta warga masyarakat turut serta mendukung pelaksanaan vaksinasi. 

"Ayo ikut vaksinasi bagi yang belum divaksinasi. Mari kita sukseskan program pemerintah ini demi kesehatan dan generasi masa depan anak cucu kita,"katanya. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA