. Pertajam Kajian Rencana Pembangunan, DPRD Jambi Konsultasi ke Bappenas | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , , » Pertajam Kajian Rencana Pembangunan, DPRD Jambi Konsultasi ke Bappenas

Pertajam Kajian Rencana Pembangunan, DPRD Jambi Konsultasi ke Bappenas

Written By MediaLintasSumatera on Rabu, 13 April 2022 | 19.19

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Faizal Riza, ST, MM. (Foto : Matra/HumasDPRDJbi).

(Matra, Jambi) – Panitia Khusus (Pansus) Laporan Kerja Pertangungjawaban (LKPJ) DPRD Provinsi Jambi melakukan konsultasi ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) guna mempertajam kajian tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2023 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi. 

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Faizal Riza, ST, MM didampingi anggota Pansus LKPJ DPRD Provinsi Jambi, Izhar Majid di Jambi, Rabu (13/4/2022) mengatakan, konsultasi ke Bappenas tersebut dilaksanakan selam tiga hari terhitung Kamis (14/4/2022). Konsultasi ke Bappenas tersebut diikuti seluruh anggota Pansus LKPJ DPRD Provinsi Jambi didampingi Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Faizal Riza.

Menurut Faizal Riza, konsultasi ke Bappenas tersebut dimaksudkan meningkatkan kajian dewan mengenai RPMJ 2023 Provinsi Jambi. Kajian tersebut dilakukan guna meningkatkan pencapaian pembangunan di Jambi. Selain itu, konsultasi itu juga penting menguatkan pengawalan terhadap RPJMD Jambi.

“Melalui konsultasi ke Bappenas ini juga, anggota Pansus LKPJ DPRD Provinsi Jambi tidak hanya mengetahui labih jauh tentang pelaksanaan dan evaluasi RPMJD Provinsi Jambi. Tetapi anggota Pansus LKPJ DPRD Provinsi Jambi juga lebih mengetahui kinerja dan tanggung jawab organisasi perangkat daerah (OPD),”katanya.

Dijelaskan, melalui konsultasi ke Bappenas tersebut, pihak Pansus LKPJ DPRD Provinsi Jambi juga bisa memberikan rekomendasi peningkatan pengelolaan pemerintahan daerah yang baik dan benar. Dengan demikian tata kelola Pemprov Jambi bisa lebih baik dilaksanakan di masa mendatang.

“Jadi hasil konsultasi ini nantinya bisa menjadi tolak ukur keberhasilan RPJMD Provinsi Jambi. Jadi konsultasi ke Bappenas ini dapat menjadi dasar bagi dewan untuk melakukan mengevaluasi dan meningkatkan kinerja Pemprov Jambi,”ujarnya. 

Sementara itu, Sekretaris Pansus LKPJ DPRD Provinsi Jambi, Ivan Wirata mengatakan, selain ke Bappenas, pihaknya juga konsultasi ke Kementerian Dalam negeri (Kemendagri). Konsultasi tersebt dimaksudkan untuk konsolidasi peningkatan perekonomian Jambi. 

“Hasil konsultasi ke Kemendagri mengenai peningkatan perekonomian daerah tersebut diharapkan bisa menjadi model dalam upaya peningkatan ekonomi di Provinsi Jambi. Peningkatan ekonomi daerah ini penting untuk memulihkan ekonomi rakyat dan daerah,”katanya. 

Sementara itu, Wakil Gubernur Jambi, Drs H Abdullah Sani, MPdi  pada rapat membahas LKPJ Gubernur Jambi 2021 di DPRD Jambi, baru-baru ini mengatakan, pihaknya menyambut baik masukan dan kritikan DPRD Provinsi Jambi mengenai pelaksanaan pembangun di Jambi.  

“Kami menyampaikan apresiasi atas kritikan, pertanyaan, tanggapan dan saran yang telah disampaikan masing-masing fraksi-fraksi DPRD Provinsi Jambi terkait nota pengantar LKPj Gubernur Jambi 2021. Tanggapan dan kritikan tersebut menjadi bahan evaluasi dan perbaikan demi peningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemprov Jambi,”katanya.

Dijelaskan, pembangunan di Jambi selama tahun terakhir mulai bangkit. Hal itu ditandai dengan meningkatnya laju perekonomian dan penurunan jumlah warga miskin. Tahun 2021 yang lalu, laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi meningkat dari minus 0,46 % menjadi 3,66 % dan angka pertumbuhan ini berada diatas pertumbuhan nasional.

Kemudian, katanya, jumlah penduduk miskin di Provinsi Jambi hingga akhir tahun 2021 tersisa sekitar 273.052 jiwa atau sekitar 7,67 % dari total penduduk Jambi sekitar 3,56 juta jiwa. 

Penduduk miskin Jambi yang tersebar di sembilan kabupaten dan dua kota tersebut berkurang 8.188 jiwa atau 0,23 % dibandingkan jumlah penduduk miskin di Jambi tahun 2020 sekitar 281.240 orang.

Selain itu, lanjutnya, , Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jambi juga mengalami peningkatan dari 71,29 tahun 2020 menjadi 71,63 tahun 2021. Perbaikan IPM ini menunjukan perbaikan dari sisi pendidikan, kesehatan dan perekonomian masyarakat Provinsi Jambi. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA