. Polres Simalungun Perketat Pengamanan dan Pengawasan Prokes Selama Ramadan, Petugas Ditempatkan di Masjid | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Polres Simalungun Perketat Pengamanan dan Pengawasan Prokes Selama Ramadan, Petugas Ditempatkan di Masjid

Polres Simalungun Perketat Pengamanan dan Pengawasan Prokes Selama Ramadan, Petugas Ditempatkan di Masjid

Written By MediaLintasSumatera on Minggu, 03 April 2022 | 12.15

Petugas Polres Simalungun, Sumut melakukan pengamanan salat tarawih di Masjid Dolok Marangir, Kecamatan Dolok Batunanggar, Simalungun, Sabtu (2/4/2022). (Foto : Matra/HumasPolresSimalungun).

(Matra, Simalungun) - Jajaran Polres Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) memperketat pengawasan protokol kesehatan (prokes) selama Ramadan 1443 Hijriyah (H) mencegah penularan Covid-19, khususnya varian omicron. Pengawasan tersebut antara lain dilakukan dengan menggelar Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Prokes di Simalungun, khususnya pada pelaksanaan salat tarawih. 

Kapolres Simalungun, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Nicolas Dedy Arifianto, SH, SIK, MH melalui Kepala Seksi (Kasi) Humas Inspektur Polisi Dua (Ipda) Arwansyah Batubara di Pematangraya, Simalungun, Sumut, Sabtu (2/4/2022) menjelaskan, Operasi Yustisi Polres Simalungun dilaksanakan di seluruh wilayah hukum kepolisian sektor (Polsek) guna meningkatkan kepatuhan atau disiplin warga masyarakat menerapkan prokes.

“Operasi yustisi juga dilaksanakan dengan menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar tetap melaksanakan prokes selama pelaksanaan ibadah salat taraweh, khususnya memakai masker dan menjaga jarak. Prokes diperketat mengingat saat ini memasuki ibadah Puasa (Ramadan). Salah satu ibadah yang akan dilaksanakan umat Muslim selama Ramadan, yakni salat tarawih,”katanya.

Menurut Arwansyah Batubara, personil atau petugas Polres Simalungun juga akan meningkatkan pengamanan selama salat taraweh dengan melakukan patrol ke lokasi-lokasi tempat ibadah masjid. Patroli tersebut merupakan upaya preventif, yaitu tindakan pencegahan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama pelaksanaan ibadah.

“Tidak hanya itu, personel Polres Simalungun yang beragama Islam juga akan ikut salat taraweh di masjid-masjid wilayah masing-masing dengan menggunakan pakaian dinas lengkap. Hal ini bertujuan menghadirkan rasa bagi umat Muslim yang melaksanakan salat tarawih,”katanya. 
Himbauan disiplin protokol kesehatan yang dilakukan Polres Simalungun di Pematangraya, Sumut, Sabtu (2/4/2022). (Foto : Matra/FebP).

Arahan Kapolda 

Semetara itu, Kapolres Simalungun, AKBP Dedy Nicolas Arifianto mengatakan, pihaknya juga sudah mendapatkan arahan Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak, MSi mengenai pengamanan bulan suci Ramadan. Arahan tersebut disampaikan melalui surat telegram Kapolda Sumut Nomor : ST/184/IV/Ops/1.1/2022 tanggal 2 April 2022 tentang penciptaan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat selama bulan Suci Ramadan. 

Menindaklanjuti arahan Kapolda Sumut tersebut, jajaran Polres Simalungun melaksanakan Blue Light Patrol (Patroli Malam) dan Pam Salat Taraweh di masjid - masjid yang ada di wilayah hukum Polres Simalungun, Sabtu (2/4/2022). 

Menurut Dedy Nicolas Arifianto, sejak Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1443 H jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022, umat Muslim sudah melaksanakan salat tarawih Sabtu, 2 April 2022. Karena itu pengamanan salat taraweh perlu ditingkatkan mencegah adanya gangguan keamanan. 

”Untuk mengantisipasi jangan adanya gangguan keamanan selama bulan suci Ramadan Polres Simalungun mulai malam ini, Sabtu, 2 April 2022  melaksanakan kegiatan Blue Light Patrol dan Pam Sholat Taraweh di masjid masjid yang ada di wilayah hukum Polres Simalungun,”katanya.

Dijelaskan, sasaran pengamanan Ramadan, yaitu masjid - masjid yang melaksanakan ibadah salat tarawih dan serta lokasi masyarakat berkumpul setelah pelaksanaan ibadah, baik seusai salat tarawih maupun salat subuh. 

”Kami akan mengedepankan tindakan preemtif, preventif dan humanis dengan mengajak seluruh masyarakat bersama - sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif. Warga masyarakat juga kami harapkan tetap mematuhi prokes, menjaga toleransi beragama. Hal ini penting mencegah tindakan - tindakan yang dapat merusak persaudaraan kita,”katanya. 

Dijelaskan, berdasarkan pantauan di seluruh wilayah Simalungun hingga Sabtu (2/4/2022) malam, situasi keamanan di wilayah hukum Polres Simalungun cukup aman dan kondusif. Tidak ada gangguan apapun sehingga masyarakat yang melaksanakan ibadah salat taraweh merasa aman dan nyaman. Kondisi seperti ini perlu tetap dipertahankanselama Ramadan hingga Idul Fitri nanti. (Matra/FebP). 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA