. Pujakesuma Pematangsiantar Gelar Tradisi "Punggahan" Sambut Ramadan | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Pujakesuma Pematangsiantar Gelar Tradisi "Punggahan" Sambut Ramadan

Pujakesuma Pematangsiantar Gelar Tradisi "Punggahan" Sambut Ramadan

Written By MediaLintasSumatera on Jumat, 01 April 2022 | 08.18

Plt Wali Kota Pematangsiantar,  dr Hj Susanti Dewayani, SpA (empat dari kanan) pada acara tradisi “Punggahan” Pujakesuma Kota Pematangsiantar di Balai Rahmatshah, Jalan MH Sitorus, Kota Pematangsiangtar, Sumut, Kamis (31/3/2022). (Foto : Matra/FebP).

(Matra, Pematangsiantar) - Komunitas Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut) menggelar tradisi " Punggahan" menyambut bulan suci Ramadan 1443 Hijriyah (H). Tradisi Punggahan tersebut dimaksudkan untuk mengisi bulan Ramadan dengan peningkatan kualitas ketaqwaan sekaligus mempererat tali silaturahim di antara segenap keluarga Pujakesuma. 

Tradisi Punggahan tersebut dilaksanakan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Pujakesuma Kota Pematangsiantar di Balai Rahmatsha, Jalan MH Sitorus, Kota Pematangsiantar, Sumut, Kamis (31/3/2022). Acara tersebut dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA dan Ketua DPD Pujakesuma Kota Pematangsiantar, Kusdianto, SH. 

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirtauli Kota Pematangsiantar, Ir Zulkifli Lubis, MT, Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Kota Pematangsiantar, Deddy Tunasto dan para Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Pengurus Pujakesuma se-Kota Pematangsiantar.

Kusdianto pada kesempatan itu mengatakan, tradisi Punggahan merupakan suatu momentum melestarikan dan memelihara nilai-nilai adat Jawa serta nilai luhur bangsa. Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam tradisi Punggahan harus diamalkan untuk diri sendiri dalam menumbuhkan etos kerja. 

“Kemudian nilai-nilai Punggahan juga perlu dilaksanakan dalam kehidupan keluarga agar bisa menjalani hidup dengan penuh kerukunan, sopan – santun, tenggang rasa atau tepo seliro,”katanya.

Dikatakan, pihaknya menggelar tradisi Punggahan menyambut Ramadan 1443 H agar seluruh warga Pujakesuma di Kota Pematangsiantar benar-benar bisa memanfaatkan Ramadan untuk meningkatkan rasa peduli, kebersamaan dan silaturahmi. 

“Kami menyambut baik kehadiran Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani pada pelaksanaan tradisu Punggahan menyambut Ramadan ini. Semiha semuanya warga Pujakesuma di Siantar bisa menjalani Ramadan  selama satu bulan dengan baik, aman dan tertib,”katanya.

Sementara Susanti Dewayani pada kesempatan tersebut mengatakan, bersama Punggahan merupakan acara adat Jawa bermakna munggah atau naik. Artinya dengan penyambutan bulan Puasa (Ramadan), diharapkan setiap Muslim dapat meningkatkan Iman dan Taqwa lebih baik dari biasanya. 

“Selain itu, momen Punggahan ini juga bisa kita jadikan sebagai salah satu upaya mempererat silaturahim, bergandeng tangan bersama-sama, seiring sejalan dan selaras membina kebersamaan membangun Kota Pematangsiantar,”katanya.

Dijelaskan, pemabangunan Kota pematangsiantar yang Sehat, Sejahtera dan Berkualitas harus didukung dengan iman dan taqwa yang tinggi kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Melalui kekuatan iman dan taqwa, percepatan pembagunan yang lurus dan benar dapat dilakukan 

“Saya mengharapkan kegiatan ini perlu terpelihara dengan baik. Kebersamaan perlu terus dipelihara dalam kehidupan yang penuh keberagaman, khususnya guna mewujudkan Kota Pematangsiantar yang Sehat, Sejahtera dan Bberkualitas,"paparnya. (Matra/FebP).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA