. SMA HKBP Hutabayu Raja Bangkitkan Semangat Juang Siswa Hadapi Ujian Akhir, Tiga Siswi Lolos PTN Jalur Undangan | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » SMA HKBP Hutabayu Raja Bangkitkan Semangat Juang Siswa Hadapi Ujian Akhir, Tiga Siswi Lolos PTN Jalur Undangan

SMA HKBP Hutabayu Raja Bangkitkan Semangat Juang Siswa Hadapi Ujian Akhir, Tiga Siswi Lolos PTN Jalur Undangan

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 14 April 2022 | 06.40

Ibadah dan doa pelepasan siswa SMA HKBP Hutabayu Raja menghadapi ujian akhir di Gereja HKBP Hubayu Raja, Kecamatan Hutabayu Raja, Kabupaten Simalungun, Sumut, Rabu (13/4/2022). (Foto : Matra/FebP). 


(Matra, Simalungun) – Pemberian motivasi dan penghargaan memiliki peran penting memacu semangat berprestasi bagi para siswa. Melalui motivasi yang tinggi dan adanya penghargaan, seorang siswa akan berjuang keras meraih prestasi di bidang pendidikan yang digelutinya.

Hal tersebutlah yang diberikan pihak Yayasan Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Hutabayu Raja, Kecamatan Hutabayu Raja, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut). Menghadapi ujian akhir sekolah tahun ini, pihak SMA HKBP Hutabayu Raja menggelar ibadah khusus pelepasan  siswa-siswi yang akan menghadapi ujian sekolah (US) di Gereja HKBP Resort Hutabayu Raja, Simalungun, Rabu (13/4/22). Pelepasan menghadapi ujian akhir tersebut diikuti seluruh siswa kelas XII SMA IPA dan IPS. 

Ibadah pelepasan siswa menghadapi ujian akhir tersebut turut dihadiri para orang tua siswa, Wakil Kepala Cabang Dinas Pendidikandan Kebudayaan  Kota Pematangsiantar, Drs Hamonangan Aruan dan para alumni. 

Kemudian hadir juga Praeses (Pimpinan) HKBP Distrik 24 Tanah Jawa, Pdt Gading Simamora, MTh, Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt Debora Sinaga, MTh dan Camat Hutabayu Raja, Ferry Risdoni Sinaga. 

Pdt Debora Sinaga, MTh dalam khotbahnya yang di kutip dari Amsal 23 Ayat 18 pada kesempatan tersebut mengatakan, semua siswa, orang tua, guru dan pihak pengurus yayasan sekolah HKBP Hutabayu Raja memiliki cita-cita dan harapan, inpian, visi dan rencana masing-masing. Namun kerap cita-cita dan impian itu tidak semuanya bisa terlaksana sesuai harapan. Ada cita-cita yang tertunda juga ada yang terlaksana. 

Karena itu, lanjut Pdt Debora Sinaga, MTh, semangat berjuang untuk menggapai cita-cita harus tetap dihidupkan dalam diri setiap siswa, khususnya menghadapi ujian akhir tahun ini. Tidak ada kata menyerah dan mundur, karena menggapai ilmu yang tinggi menjadi harapan dan impian guna meraih sukses. 

“Hari ini, di gereja ini, kita akan belajar dari firman Tuhan tersebut. Karena seorang ahli berkata siapa yang menguasai ilmu dialah yang menguasai dunia. Nah, untuk itu tidak ada kata sulit, menyerah dan putus asa menghadapi berbagai tantangan untuk mengapai cita-cita,”katanya.

Pdt Debora Sinaga, MTh Debora berharap dan yakin para siswa SMA HKBP Hutabayu Raja akan berhasil meraih sukses menghadapi ujian akhir. Mereka juga diharapkan bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Dengan demikian nama SMA HKBP Hutabayu Raja akan terus bergema dan seluruh pengurus Yayasan dan guru bisa menyaksikan bahwa masa depan sungguh ada dan harapan itu tidak akan pernah hilang.

Kepala SMA HKBP Hutabayu Raja, Rajoki Purba pada kesempatan tersebvut mengatakan, ibadah pelepasan siswa menghadapi ujian akhir tersebut digelar guna memberikan motivasi kepada para siswa menempuh ujian. Karena itu kehadiran seluruh undangan, guru dan orang tua dalam acara ibadah doa bersama pemberangkatan siswa-siswi menghadapi ujian sekolah maupun ujian akhir tersebut sangat penting.

“Acara ini berjalan dengan baik berkat dukungan dan partisipasi orang tua murid yang sangat mendukung kegiatan in. Mudah-mudahan melalui ibadah ini seluruh siswa-siswi kita dapat berhasil. Saat ini juga masih ada 15 orang lagi anak didik kita yang mencoba ikut ujian seleksi bersama masuk perguruan tinggi (SBMPTN) 2022. Mudah-mudahan mereka bia lolos masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN),”katanya.

Semantara Kepala Seksi SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pematangsiantar, Drs Hamonangan Aruan pada kesempatan itu mengaharapkan para siswa SMA HKBP Hutabayu Raja yang mengikuti ujian akhir dan SBMPTN berhasil.

“SMA Swasta HKBP Hutabayu Raja  masih termasuk dalam kategori sekolah yang dapat dibanggakan. Kinerjanya bagus, baik itu laporan – laporan terkait penggunaan dana BOS, maupun sinkronisasi dapodik semua terealisasi. Kami berharap agar kinerja operator sekolah dan kerja samanya dengan cabang dinas lebih baik lagi serta Akreditasi A tetap dipertahankan,"ujarnya.

Terkait izin operasional SMA HKBP Hutabayu Raja, Hamonangan Aruan juga membanggakan sekolah tersebut karena sekolah bisa dioperasikan dengan baik selama ini di bawah Yayasan HKBP. 

“Yang perlu kami sampaikan agar semua yang hadir di acara ini supaya tetap membantu sekolah ini agar SMA HKBP ini tetap bergema dan maju,"tambahnya. 
Praeses HKBP Distrik Tanah Jawa, Pdt Gading Simamora, MTh (kiri)  memberikan piagam penghargaan kepada tiga orang siswa SMA HKBP Hubayu Raja yang lolos ke PTN melalui jalur undangan di HKBP Hutabayu Raja, Simalungun, Sumuta, Rabu (13/4/2022). (Foto : Matra/FebP). 

Lolos PTN 

Sementara seusai ibadah pelepasan siswa SM HKBP Hutabayu Raja menghadapi ujian akhir tersebut, pihak sekolah juga memberikan penghargaan kepada tiga orang siswi SMA Swasta HKBP Hutabayu Raja yang masuk PTN melalui jalur undangan atau seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2022. Piagam penghargaan diserahkan Praeses HKBP Distrik 24 Tanah Jawa, Pdt Gading Simamora, MTh.

Ketiga siswi yang masuk PTN melalui jalur undangan tersebut, Grace Dea Christina Hutagalung,  Cindy Elvita Sari Bangun dan Faulina Lilis N Simanungkalit. Ketiga siswa SMA HKBP Hutabayu Raja tersebut lolos masuk ke  jurusan sosiologi Univesitas Palangkaraya, Kalimantan Tengah . 

Praeses HKBP Distrik Tanah Jawa, Pdt Gading Simamora, MTh pada kesempatan tersebut menyampaikan, prestasi ketiga siswi SMA HKBP Hutabayu Raja masuk PTN tersebut tak terlepas dari semangat belajar yang cukup tinggi. Semangat belajar tersebut harus tetap dipertahankan selama menempuh studi di perguruan tinggi. 

“Satu langkah sudah kalian langkahkan dengan hasil yang baik. Tidak banyak yang dapat kami berikan. Kiranya pemberiaan kami ini dapat kalian ingat seumur hidup kalian. HKBP tetap memberikan perhatian pada seluruh warga tanpa membedakan ras, agama dan suku karena yang terbaik akan tetap mendapatkan hasil yang baik juga karena tidak ada kata tidak mampu sebab Tuhan pasti memampukan kita,”ujarnya.

Sementara Kepala SMK Swasta HKBP Hutabayu Raja, Rajoki Purba menyampaikan, bahwa tahun 2022 ada tiga orang siswi SMA Swasta HKBP yang masuk perguruan tinggi negeri ke Universitas Palangkaraya, jurusan sosiologi.

“Siswi yang tiga orang ini memang giat belajar dan tidak pernah melanggar peraturan tata tertib sekolah. Mereka juga berasal dari keluarga kurang mampu. Muda-mudahan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang mereka miliki bisa dipergunakan untuk keperluan biaya kuliah. Dengan demikian mereka bisa menyelesaikan pendidikan di Universitas Palangkaraya,”katanya.

Dikatakan, pihak SMA HKBP Hutabayu Raja akan membantu Faulina Lilis Simanungkalit untuk mencari sponsor guna membantu biaya perongkosan ke Palangkaraya.

“Sudah ada dana terkumpul Rp 1,5 juta untuk membantu biaya perongkosan Faulina, karena Faulina ini anak yatim,”katanya. (Matra/FebP).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA