. Arus Mudik dan Balik Lebaran di Jambi Lancar, Kasus Lakalantas Berhasil Ditekan | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Arus Mudik dan Balik Lebaran di Jambi Lancar, Kasus Lakalantas Berhasil Ditekan

Arus Mudik dan Balik Lebaran di Jambi Lancar, Kasus Lakalantas Berhasil Ditekan

Written By MediaLintasSumatera on Senin, 09 Mei 2022 | 05.06

Kapolda Jambi, Irjen Pol  A Rachmad Wibowo, SIK, MIK (dua dari kanan) ketika meninjau Pos Pelayanan (Posyan) Operasi Ketupat Siginjai 2022 di Desa Subhan, perbatasan Jambi - Riau, Minggu (8/5/2022). (Foto : Matra/HumasPoldaJambi).

(Matra, Jambi) – Arus mudik dan balik Lebaran (Idul Fitri) 1443 Hijriyah (H) di wilayah Provinsi Jambi berlangsung aman dan lancar. Angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) selama arus mudik dan balik Lebaran di Jambi juga berhasil ditekan. 

Keamanan dan kelancaran arus mudik dan balik Lebaran di Jambi tidak terlepas dari kesiagaan seluruh petugas pengamanan mudik di lapangan serta didukung kedisiplinan para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun pengemudi bus angkutan mudik. 

Kapolda Jambi, Irjen Pol  A Rachmad Wibowo, SIK, MIK ketika meninjau Pos Pelayanan (Posyan) Operasi Ketupat Siginjai 2022 di Desa Subhan, perbatasan Jambi - Riau, Minggu (8/5/2022) mengatakan, berdasarkan pantauan sejak awal Operasi Ketupat Siginjai 2022, Kamis (28/4/2022) hingga Minggu (8/5/2022), situasi arus lalu lintas di jalur-jalur utama mudik cukup aman dan lancar.

“Kendati arus mudik dan balik Lebaran di jalur mudik di Jambi cukup ramai, termasuk di jalur jalan lintas timur (Jalintim) Sumatera, kemacetan lalu lintas tidak sampai terjadi. Kemudian kasus lakalantas selama arus mudik dan balik Lebaran di Jambi juga relatif minim,”katanya.

Dijelaskan, selama arus mudik Lebaran, kasus lakalantas di Jambi hanya  terjadi 12 kasus, 20 % dibandingkan tahun 2021 sebanyak 15 kasus. Korban lakalantas selama arus mudik Lebaran juga turun dari tujuh kasus (2021) menjadi tiga kasus (2022) atau turun 57 %. 

“Penurunan kasus lakalantas selama arus mudik dan balik Lebaran di Jambi dipengaruhi kesiagaan petugas di lapangan, pemasangan rambu-rambu lalu lintas dan disiplin pengemudi. Selain itu perbaikan kerusakan jalan di jalur mudik di Jambi juga berpengarahu menekan aksus lakalantas mudik dan balik Lebaran di Jambi,”katanya.
Kapolda Jambi, Irjen Pol  A Rachmad Wibowo, SIK, MIK (sembilan dari kiri) bersama seluruh personil Pos Pelayanan (Posyan) Operasi Ketupat Siginjai 2022 di Desa Subhan, perbatasan Jambi - Riau, Minggu (8/5/2022). (Foto : Matra/HumasPoldaJambi).

Pantau Rutin

Menurut A Rachmad Wibowo, pihaknya bersama jajaran Polres se-Provinsi Jambi secara rutin melakukan peninjauan ke pos-pos pengamanan dan pelayanan arus mudik selama Operasi Ketupat Siginjai 2022. Hal tersebut dilakukan guna memastikan kesiapan petugas di lapangan sekaligus melihat kondisi arus lalu lintas di berbagai jalur mudik Lebaran. 

“Peninjauan yang kami lakukan ke Pos Pengamanan dan pelayanan Arus Mudik Lebaran 2022 di perbatasan Jambi – Riau hari ini, MInggu (8/5/2022) juga untuk memastikan situasi arus balik mudik Lebaran di perbatasan Jambi - Riau sekaligus melihat langsung kesiapan para personel di lapangan dan memberikan dukungan kepada mereka,”ujarnya. 

Dalam dialog dengan petugas di Pos Pengamanan dan Pelayanan Arus Mudik Lebaran di batas Jambi – Riau tersebut, A Rachmad Wibowo menyampaikan terima kasih kepada personil atau petugas yang telah ikhlas memberikan pelayanan terhadap masyarakat atau pemudik. 

“Saya menghartapkan seluruh personil tetap semangat, menjaga kekompakan dan kerja sama hingga tugas selesai. Saya juga meminta seluruh petugas dari jajaran keamanan dan instansi terkait menjaga kesehatan dan tetap mengutamakan protokol kesehatan dalam pelaksanaan tugas,”paparnya. 

Sementara itu, peninjauan yang dilakukan Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo ke Pos Pengamanan dan Pelayanan Mudik Lebaran 2022 di batas Jambi – Riau tersebut turut diikuti, Direktur Kepolisian Air dan Udara (Dirpolairud) Polda Jambi, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Michael M, Kabid Humas Polda Jambi, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Mulia Prianto, SSos, SIK dan Kapolres Tanjungjabung Barat, AKBP Muharman Arta. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA