. Demi Tingkatkan Kinerja, ASN di Pematangsiantar Diminta Hilangkan Sikap Egosentris | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Demi Tingkatkan Kinerja, ASN di Pematangsiantar Diminta Hilangkan Sikap Egosentris

Demi Tingkatkan Kinerja, ASN di Pematangsiantar Diminta Hilangkan Sikap Egosentris

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 12 Mei 2022 | 06.04

Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA memberikan arahan pada apel gabungan Pemkot Pematangsiantar di lapangan H Adam Malik, Kota Pematangsiantar, Sumut, Rabu (11/5/2022). (Foto : Matra/KominfoSiantar).

(Matra, Pematangsiantar) – Sikap egosentris dan eksklusifisme sering menjadi salah satu penghambat peningkatan kinerja di lingkungan suatu lembaga atau organisasi, termasuk lembaga pemerintahan. Mencuatnya sikap egosentris dan eksklusifisme tersebut membuat kerja sama di lingkungan lembaga pemerintahan sulit dijalin dan ditingkatkan dalam rangka perbaikan kinerja aparatur sipil negara (ASN). 

Menyikapi dampak negatif sikap egosentris dan eksklusifisme tersebut dalam pembangunan, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SPA berupaya mengikis sikap tersebut dari kalangan seluruh jajaran ASN Pemkot Pematangsiantar. 

“Pada kesempatan ini saya mengajak kita semua untuk menghilangkan sikap egosentris,  berkelompok dan eksklusifitas di antara ASN Pemkot Pematangsiantar. Para pimpinan organisasi perangkat dinas (OPD) juga saya harapkan selalu mengasah ketajaman hati, indera serta pikiran. Hal itu penting agar pimpinan OPD mampu menterjemahkan visi dan misi Kota Pematangsiantar, Bangkit dan Maju Demi Mewujudkan Siantar Sehat, Sejahtera dan Berkualitas,"kata Susanti Dewayani pada apel gabungan dalam rangka syukuran perayaan Idul Fitri 1443 Hijiryah (H) di lingkungan Pemkot Pematangsiantar, lapangan H Adam Malik, Kota Pematangsiantar, Sumut, Rabu (11/5/2022).

Apel gabungan tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Pemkot Pematangsiantar, Budi Utari AP, para asisten dan ataf ahli, pimpinan OPD dan ASN di PemkotPematangsiantar. Pada kesempatan tersebut, Susanti Dewayani menyampaikan, selamat hari raya Idul Fitri 1443 H kepada kaum muslimin dan muslimat. “Minal aidin aal faidzin, mohon maaf lahir dan batin,"katanya.

Susanti Dewayani juga menyampaikan apresiasi atas disiplin ASN Pemkot Pematangsiantar masuk kerja seusai libur Lebaran. Persentase ASN yang masuk kerja pada hari pertama seusai libur atau cuti bersama Lebaran mencapai 98 %. 

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh ASN Pemkot Pematangsiantar. Persentase kehadiran tersebut akan kita tingkatkan di masa mendatang,”ujarnya. 
Plt Wali Kota Pematangisantar, dr Hj Susanti Dewayani, SPd bersalaman dengan para ASN Pemkot Pematangsiantar pada apel gabungan dalam rangka syukuran perayaan Idul Fitri 1443 Hijiryah (H) di lingkungan Pemkot Pematangsiantar di lapangan H Adam Malik, Kota Pematangsiantar, Sumut, Rabu (11/5/2022). (Foto : Matra/KominfoSiantar).

Efisiensi Kerja

Menurut Susanti Dewayani, jajaran OPD dan ASN di Pemkot Pematangsiantar perlu meningkatkan pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien. Untuk itu pengelolaan anggaran harus terencana dan inovatif, bukan berorentasi kepada banyaknya anggaran yang terserap. 

Pengelolaan anggaran, lanjutnya harus lebih berorientasi kepada hasil yang dicapai dalam jangka pendek (out put) dan hasil yang dirasakan masyarakat setelah pelaksanaan kegiatan jangka pendek (out come). 

“Jadi mari kita berlomba meraih berprestasi kerja. Banggalah dengan prestasi yang kita raih, bukan malah sebaliknya,”katanya.

Susanti Dewayani pada kesempatan tersebut mengimbau, seluruh ASN di lingkungan Pemkot Pematangsiantar melayani masyarakat dengan selalu menerapkan  5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun). 

“Saya berharap dan boleh dikatakan menuntut kita semua berlari mengejar ketertinggalan dan menunjukkan kinerja melalui prestasi dan inovasi di OPD masing-masing,”tandasnya.

Susanti Dewayani mengingatkan, pandemi Covid-19 belum berakhir. Karena itu seluruh jajaran terkait (stakeholders) dan warga masyarakat mematuhi protokol kesehatan (prokes). Selain itu saat ini juga, muncul penyakit hepatitis akut. Jadi seluruh pihak perlu meningkatkan keeaspadaan  penyakit hepatitis akut tersebut. 

“Awasi anak-anak kita, jaga kebersihan dan tetap mengonsumsi makanan bergizi. Mari kita bersama-sama mensukseskan vaksinasi nasional yang di programkan Pemerintah Pusat agar masyarakat di Indonesia, khusunya di Kota Pematangsiantar terbebas dari Covid-19,"ujarnya. (Matra/FebP/AdeSM). 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA