. DPRD Harapkan Tujuh Proyek Strategis Nasional di Jambi Segera Direalisasikan | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , , » DPRD Harapkan Tujuh Proyek Strategis Nasional di Jambi Segera Direalisasikan

DPRD Harapkan Tujuh Proyek Strategis Nasional di Jambi Segera Direalisasikan

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 31 Mei 2022 | 08.05

Rombongan DPRD Provinsi Jambi dan peserta Focus Group Discussion mengenai Penyusunan dan Mendorong Rencana Pembangunan Proyek Strategis Provinsi Jambi di Hotel Grend Hyaat KAV. 28 -30 Jakarta Pusat, Senin (30/5/2022). (Foto : Matra/HumasDPRDJambi).

(Matra, Jambi) – Kalangan DPRD Provinsi Jambi mengharapkan Pemerintah Pusat bisa mempercepat realisasi tujuh proyek strategis nasional di Provinsi Jambi. Proyek nasional strategis yang sudah dicanangkan tahun ini antara lain pembangunan ruas jalan tol trans sumatera (JTTS) dan penetapan kawasan strategis nasional Candi Muarajambi.

Kemudian penetapan kawasan strategis Pariwisata Nasional Kerinci Seblat, penetapan Georpark Merangin menjadi World Herittage (keajabiban dunia), penetapan Kawasan Industri Kemingking, kawasan Ekonomi Ujung Jabung pembangunan bendungan Merangin sebagai sebagai Program Strategis Nasional (PSN).

“Kami mengharapkan Pemerintah Pusat bisa mewujudkan harapan masyarakat dan Pemerintah Provinsi (Pemporv) Jambi mengenai proyek-proyek strategis nasional yang ditetapkan di Jambi. Hal itu penting untuk mempercepat pembangunan daerah dan ekonomi rakyat Jambi,”kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Faizal Riza pada Focus Group Discussion (FGD) mengenai Penyusunan dan Mendorong Rencana Pembangunan Proyek Strategis Provinsi Jambi di Hotel Grend Hyaat KAV. 28 -30 Jakarta Pusat, Senin (30/5/2022). 

FGD tersebut dihadiri Gubernur Jambi, H Al Haris, jajaran Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenkomarvest), Kementerian Koordinator Perekonomian (Kemenko) dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). FGD itu membahas penyusunan dan mendorong rencana pembangunan proyek nasional strategis di Provinsi Jambi.

"Kami mengharpkan melalui FGD dengan Gubenur Jambi bersama Menkomarves RI, Menko Perekonomian RI dan Menteri BUMN ini proyek strategis di Jambi bisa dilaksanakan secepatnya. Proyek strategis nasional di Jambi ada tujuh,”katanya. 

Dikatakan, proyek strategis nasional di Jambi tersebut dapat memberikan kontribusi yang luar biasa untuk kemajuan Provinsi Jambi. Pembangunan JTTS, Candi Muarojambi, dan beberapa pusat ekonomi di Jambi bisa mendongkrak ekonomi rakyat dan daerah di Jambi.

"Karena itu kami sangat berharap Jambi mendapat dukungan dari kementerian terkait untuk merealisasikan proyek-proyek strategis nasional tersebut. Hal itu penting agar perekonomian Provinsi Jambi juga meningkat,"tuturnya.

Faizal Riza mengungkapkan, Provinsi Jambi merupakan salah satu penyumbang terbesar pendapatan nasional dan devisa negara dari sektor minyak dan gas (migas). Karena itu Pemerintah Pusat perlu memperhatikan percepatan pembangunan yang diusulkan Provinsi Jambi.

"Kontribusi Jambi terhadap pembangunan dan ekonomi nasional luar biasa. Di setor minyak bumi, sumbangan Jambi untuk nasional menempati peringkat ketujuh. Sedangkan di sektor gas, Jambi menduduki peringkat sembilan,”katanya.

Melihat besarnya kontribusi Jambi terhadap pembangunan nasional tersebut, lanjut Faizal Riza, DPRD Provinsi Jambi berharap Pemerintah Pusat lebih memperhatikan percepatan pembangunan proyek nasional strategis di Provinsi Jambi.

Dikatakan, pembangunan Provinsi Jambi sangat memerlukan dukungan APBN pusat. Karena postur (jumlah) APBD Pemprov Jambi sangat kecil untuk membangun Jambi secara keseluruhan.

"Anggaran pembangunan pelabuhan Ujung Jabung misalnya sangat besar. Jadi sangat berat kalau anggarannya hanya dibebankan ke APBD. Kita berharap Jambi mendapat dukungan dari kementerian terkait untuk merealisasikan proyek-proyek strategis nasional tersebut,"katanya.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Al Haris pada kesempatan tersebut mengatakan, Pemprov Jambi mengusulkan tujuh proyek strategis nasional guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jambi. Proyek strategis nasional di Jambi itu  membutuhkan dukungan Pemerintah Pusat.

“Provinsi Jambi merupakan provinsi yang paling strategis karena terletak di tengah tengah di pulau Sumatera. Karena itu percepatan pembangunan sangat dibutuhkan untuk menodorong perekonomian masyarakat, terutama pembangunan infrastruktur jalan tol dan pelabuhan,”katanya. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA