. Mengintip Ekspresi Warga Kota Jambi Nikmati Libur Lebaran, Bagai Pesta Pora di Tempat Wisata | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , , » Mengintip Ekspresi Warga Kota Jambi Nikmati Libur Lebaran, Bagai Pesta Pora di Tempat Wisata

Mengintip Ekspresi Warga Kota Jambi Nikmati Libur Lebaran, Bagai Pesta Pora di Tempat Wisata

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 03 Mei 2022 | 19.49

Para pengunjung menikmati rekerasi sepeda air di Danau Sipin, Kota Jambi pada libur Lebaran, Selasa (3/5/2022) sore. (Foto : Matra/Radesman Saragih).

(Matra, Jambi) – Bagaikan baru lepas dari kungkungan. Hati terlepas, badan bebas beranjang sana. Begitulah kira-kira sikap warga Kota Jambi memaknai libur Lebaran atau Idul Fitri 1443 Hijriyah (H) saat ini. Setelah dua kali Lebaran terkungkung pembatasan kegiatan kemasyarakatan akibat pandemi Covid-19, pada Lebaran kali ini warga kota tersebut sepertinya benar-benar meluapkan rasa kegembiraan. 

Mereka bisa bebas kembali menikmati suasana Lebaran seperti sedia kala, sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia, 2020 – 2021. Kegembiraan warga Kota Jambi menikmati kebebasan merayakan Lebaran tahun ini tidak hanya tampak dari banyaknya umat Muslim di kota itu mengikuti salat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H di masjid - masjid dan lapangan terbuka.

Nuansa kegembiraan warga Kota Jambi merayakan Lebaran juga tampak dari antusiasme mereka melakukan kunjungan silaturahmi ke rumah sanak saudara dan ke tempat-tempat wisata. 

Pantauan maedialintassumatera.com (Matra) di Kota Jambi, pada hari kedua Lebaran, Selasa (3/5/2022), sebagian besar warga Kota Jambi maupun pemudik yang datang ke Kota Jambi melakukan kunjungan ke rumah – rumah keluarga, khususnya orang tua dan handai tolan. 

Hal tersebut tampak dari padatnya arus lalu lintas di seluruh ruas jalan raya di Kota Jambi, baik jalan besar maupun jalan kecil atau lorong. Warga yang melakukan kunjunga silaturahmi ke rumah sanak saudara mereka banyak menggunakan sepeda motor. Sebagaian warga bahkan menggunakan mobil bak terbuka dan dipadati penumpang demi kunjungan silaturahmi Lebaran. 

“Bapak dan Ibu tidak di rumah. Dua hari ini, Lebaran hari pertama dan kedua, Senin – Selasa  2 – 3/5/2022), mereka mengunjungi seluruh keluarga di Jambi,”kata Kiky (19), warga Paal V, Kotabaru Kota Jambi ketika beberapa sahabat orang tuanya datang berlebaran ke rumah mereka, Selasa (3/5/2022).
Para pengunjung menikmati suasana wisata Danau Sipin, Kota Jambi pada libur Lebaran, Selasa (3/5/2022). (Foto : Matra/Radesman Saragih).

Padati Objek Wisata 

Ekspresi paling kentara warga Jambi meluapkan rasa gembira menikmati kebebasan libur Lebaran tampak juga dari antusiasme mereka mengunjungi tempat-tempat wisata di Kota Jambi. Salah satu objek wisata yang dipadati pengunjung di Kota Jambi pada hari kedua Lebaran, Selasa (3/5/2022), yakni Danau Sipin, Kecamatan Danau Sipin, di belakang kantor Gubernur Jambi, Telanaipura, Kota Jambi. 

Pantauan medialintassumatera.com (Matra) di Danau Sipin, Kota Jambi, Selasa (3/5/2022) sore sekitar pukul 05.30 WIB, objek wisata tak berbayar tersebut dipadati pengunjung. Kendati gerimis turun, pengunjung banyak yang enggan beranjak menikmati suasana Danau Sipin. 

Kemudian beberapa pengunjung yang menikmati sarana rekreasi sepeda air di Danau Sipin enggan menepi kendati angin kencang, hujan mulai turun dan gelombang air mulai muncul di danau tersebut. Bahkan hingga menjelang senja, masih ada pengunjung menyempatkan diri melongkok suasana Danau Sipin sekejap setelah mereka berkunjung ke rumah keluarga. 

Yadi (30), seorang petugas parkir objek wisata Danau Sipin menjelaskan, pengunjung objek wisata favorit di Kota Jambi tersebut mulai ramai sejak Selasa pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Selain menikmati keasrian panorama Danau Sipin dan arena jogging track (sarana jalan santai), pengunjung juga banyak menikmati sarana hiburan di objek wisata tersebut, yakni perahu bermesin, sampan dan sepeda air. 

“Mulai pagi sudah ramai hari ini. Berbeda dengan kemarin, Senin (2/5/2022). Jumlah pengunjung hari ini jauh lebih banyak dibandingkan kemarin. Hal tersebut tidak nampak dari  banyaknya mobil dan sepeda motor yang parkir. Jumlah mobil yang parker di tempat wisata ini mulai pagi mencapai ratusan. Bahkan sepeda motor yang parkir di arena wisata ini hampir mencapai 1.000 unit,”katanya. 

Ramainya pengunjuing objek wisata Danau Sipin Kota Jambi juga diakui Ahmad Guntur (60), pemilik kapal wisata di objek wisata tersebut. Jumlah pengunjung objek wisata danau di kawasan Sungai Batanghari tersebut pada H + 2 Lebaran diperkirakan mencapai 5.000 orang. 

Hal itu dapat dilihat dari jumlah kendaraan yang parkir di kedua sisi Danau Sipin, yakni dari sisi Kelurahan Sungai Putri dan sisi belakang kantor Gubernur Jambi maupun jumlah pengunjung yang menyewa kapal wisata. 

Menurut Ahmad Guntur, pengunjung yang menyewa kapal wisata di Danau Sipin, Selasa (3/5/2022) cukup banyak. Sebanyak 30 unit kapal wisata di Danau Sipin yang beroperasi pada hari kedua Lebaran, Selasa mendapatkan tiga rit (tarikan). Sedangkan pada hari pertama Lebaran, Senin (2/5/2022) hanya satu perahu hanya satu rit. 

“Jadi pengunjung ke objek wisata ini pada hari kedua Lebaran ini meningkat dua kali lipat. Mudah-mudahan pengunjung bertambah banyak tiap hari hingga akhir libur Lebaran, Sabtu – Minggu (7 – 8/5/2022),”katanya. 

Menurut Ahmad Guntur, dalam tiga kali tarikan hari Selasa atau H + 2 Lebaran, dia bisa mendapatkan uang Rp 450.000. Satu kali tarikan jumlah penumpang dibatasi maksimal 15 orang demi menjaga keselamatan. Ongkos penumpang Rp 10.000/orang. 

“Jadi tiga kali tarikan atau rit, saya mendapatkan Rp 450.000 atau Rp 150.000 sekali tarikan. Pendapatan hari ini lumayan dibandingkan hari pertama Lebaran, Senin hanya satu tarikan, Rp 150.000,”katanya. 

Ahmad Guntur mengakui, pendapatan pemilik kapal wisata di Danau Sipin pada Lebaran kali ini meningkat. Dalam dua hari libur Lebaran, para pemilik kapal wisata sudah bisa mendapatkan Rp 600.000/orang. Pada Lebaran dua tahun berturut-turut, 2020 dan 2021, penghasilan pemilik perahu di Danau Sipin selama seminggu libur rata-rata hanya Rp 500.000 akibat sepinya pengunjung objek wisata dan penumpang kapal wisata. 

“Pada perayaan Lebaran tahun ini, pengunjung objek wisata Danau Sipin cukup padat berkat adanya kebebasan berkegiatan, termasuk kegiatan libur Lebaran. Kemudian waktu libur Lebaran juga cukup Panjang. Puncak pengunjung ke objek wisata ini kami perkirakan terjadi akhir libur Lebaran, Sabtu – Minggu nanti. Sedangkan Rabu – Jumat pekan ini juga masih libur. Jadi penghasilan para pemilik perahu wisata di sini bisa mencapai Rp 2 – 3 juta,”katanya.
Panorama objek wisata Danau Sipin, Kota Jambi yang cukup eksotik memikat para pengunjung mengisi libur Lebaran di objek wisata itu. Gambar diambil, Selasa (3/5/2022) sore. (Foto : Matra/Radesman Saragih).
 
Bagaikan Pesta Pora

Sementara itu pantauan medialintassumatera.com di objek wisata Danau Sipin, Kota Jambi, warga masyarakat yang berkunjung ke objek wisat tersebut benar-benar seperti berpesta pora. Mereka menikmati kuliner secara bebas di kantin wisata tanpa menjaga jarak dan pakai masker. Selain itu pengunjung juga menikmati perjalanan mengelilingi Danau Sipin sekitar setengah jam menumpang kapal atau perahu wisata, sampan dan sepeda air. 

Kemudian warga juga menikmati suasana dan pemandangan Danau Sipin dengan foto-foto bersama hingga swafoto (selfie). Pengunjung juga sudah merasa leluasa menikmati sajian kuliner di kantin-kantin wisata. Pengunjung sudah banyak tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak ketika menikmati makanan-minuman di kantin wisata.

Pengunjung objek wisata Danau Sipin juga tidak hanya anak-anak, remaja dan orang tua, tetapi juga banyak kalangan lanjut usia. Pengunjung yang menikmati libur Lebaran di objek wisata tersebut juga bukan hanya umat Muslim, tetapi juga umat beragama lain. 

Selain itu, pengunjung Danau Sipin tersbeut juga bukan hanya warga Kota Jambi, tetapi juga datang dari Seberang Kota Jambi, pemudik yang datang ke Kota Jambi dan warga perbatasan Kota Jambi dengan Kabupaten Muarojambi dan Batanghari. 

“Kami dari Seberang Kota Jambi. Yah, bawa anak-anak ke sini menikmati libur Lebaran setelah berkunjung ke rumah orang tua dan keluarga. Besok-besok mungkin akan kami berkunjung ke tempat wisata lain di Kota Jambi, yakni Kebun Binatang atau Taman Rimba,”katanya.

Sementara itu selain Danau Sipin, objek wisata yang mulai dipadati pengunjung para hari kedua Lebaran, Selasa, yakni Kebun Binatang atau Taman Rimba Palmerah Lama, Jambi Selatan, Kota Jambi. Jumlah pengunjung ke objek wisata tersebut, Selasa (3/5/2022) diperkirakan mencapai 2.000 orang. 

Pada puncak libur Lebaran nanti, Sabtu – Minggu (7 – 8/5/2022), jumlah pengunjung objek wisata tersebut diperkirakan bisa mencapai puluhan ribu seperti keadaan sebelum pandemi Covid-19. Tiket masuk ke Taman Rimba Rp 10.000/orang untuk dewasa dan Rp 5.000/orang untuk anak-anak.

Ya, itulah ekspresi wara Kota Jambi maupun pemudik yang datang ke Kota Jambi menikmati libur Lebaran di tengah relaksasi (kelonggaran) berkegiatan ekonomi, sosial dan kemasyarakatan yang diberikan saat ini. Mereka seolah berpesta pora menikmati keindahan wisata tanpa ada lagi rasa terpenjara seperi pada masa puncak pandemi Covid – 19 dua tahun lalu. (Matra/Radesman Saragih). 
  

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA