. Kasus Lakalantas Selama Arus Mudik di Jambi Turun 50 % | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Kasus Lakalantas Selama Arus Mudik di Jambi Turun 50 %

Kasus Lakalantas Selama Arus Mudik di Jambi Turun 50 %

Written By MediaLintasSumatera on Rabu, 11 Mei 2022 | 06.17

Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo, SIK, MIK (sembilan dari kiri) ketika meninjau Pos Pelayanan (Posyan) Operasi Ketupat Siginjai 2022 di Desa Subhan, perbatasan Jambi - Riau, Minggu (8/5/2022). (Foto : Matra/HumasPoldaJambi).

(Matra, Jambi) – Operasi Ketupat Siginjai 2022 berhasil menekan kasus kecalakaan lalu lintas (lakalantas) selama arus mudik Lebaran (Idul Fitri) 1433 Hijriyah (H) di Provinsi Jambi. Selama 12 hari pelaksanaan operasi pengamanan Lebaran tersebut, yakni mulai Kamis (28/4/2022) hingga Senin (9/5/2022), kasus lakalantas arus mudik di Provinsi Jambi hanya 13 kasus. 

Kasus lakalantas tersebut turun sekitar 50 % dibandingkan kasus lakalantas arus mudik Lebaran di daerah ini tahun 2021 sekitar 26 kasus. Sedangkan korban meninggal akibat lakalantas selama arus mudik tahun ini sebanyak empat orang, turun 63,63 % dibandingkan tahun lalu sebanyak 11 orang.

Demikian diungkapkan Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo, SIK, MIK melalui Kabid Humas Polda Jambi, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Mulia Prianto, SSos, SIK mengenai evaluasi Operasi Ketupat Siginjai 2022 Provinsi Jambi di Jambi, Selasa (10/5/2022).

Menurut A Rachmad Wibowo, turunnya angka kasus dan korban lakalantas selama arus mudik dan balik Lebaran di Provinsi Jambi dipengaruhi kesiagaan seluruh personil satuan gabungan pengamanan Lebaran di Jambi. Kemudian turunnya kasus lakalantas tersebut juga tak terlepas dari kepatuhan para pemudik di jalan raya dan kondisi jalur mudik yang cukup baik. 

“Turunnya kasus lakalantas selama arus mudik dan balik Lebaran in sangat kita harapkan. Jadi kita cukup berhasil menjamin kelancaran dan keamanan arus mudik melalui Operasi Ketupat Siginjai 2022,”ujarnya.

Dikatakan, kendati kasus lakalantas selama arus mudik dan balik Lebaran di Jambi tahun ini turun, namun untuk di masa mendatang pengamanan arus mudik dan balik Lebaran di Jambi masih tetap harus ditingkatkan agar tidak ada kasus lakalantas selama arus mudik dan balik Lebaran.

Apresiasi

Kapolda Jambi, A Rachmad Wibowo mengapresiasi dukungan seluruh jajaran keamanan, pemerintahan, pengusaha  dan seluruh elemen masyarakat yang mendukung keamanan arus mudik dan perayaan Lebaran di Jambi. Arus mudik dan perayan Lebaran di Jambi berlangsung aman dan lancar berkat dukungan dan kerja sama jajaran Polri, TNI, instansi terkait dan warga serta masyarakat yang bersedia mematuhi aturan yang berlaku.

"Terimakasih kepada maasyarakat Jambi yang telah mampu mematuhi aturan yang berlaku. Komitmen dan kesadaran masyarakat mematuhi aturan selama arus mudik dan balik telah dilaksanakan dengan benar,"katanya.

Dijelaskan, ketertiban yang telah dilakukan dengan baik oleh masyarakat Jambi merupakan apresiasi untuk Polri yang bertugas melakukan pengamanan pelayanan yang berada di setiap pos Operasi Ketupat 2022.

"Atas nama Polda Jambi kami menyampaikan mohon maaf lahir dan bathin kepada seluruh masyarakat Jambi,”katanya. (Matra/AdeSM). 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA