. Kasus Positif Covid-19 Masih Ditemukan di Kota Pematangsiantar, Warga Diminta Patuhi Prokes | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Kasus Positif Covid-19 Masih Ditemukan di Kota Pematangsiantar, Warga Diminta Patuhi Prokes

Kasus Positif Covid-19 Masih Ditemukan di Kota Pematangsiantar, Warga Diminta Patuhi Prokes

Written By MediaLintasSumatera on Sabtu, 21 Mei 2022 | 20.07

Pengumuman waspada Covid-19 Kota Pematangsiantar. (Grafis : KominfoSiantar).

(Matra, Pematangsiantar) – Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperbolehkan masyarakat Indonesia membuka masker ternyata tidak serta merta membuat masyarakat di berbagai daerah yakin pandemi Covid-19 sudah berakhir. Karena itu beberapa daerah di Indonesia masih tetap waspada Covid-19 dan memberlakukan protokol kesehatan (prokes). 

Salah satu di antaranya, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut). Saat ini Kota Pematangsiantar masih mewajibkan warga masyarakat tetap mematuhi prokes dengan alasan pandemi Covid-19 belum berakhir atau masih ada di kota itu. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Pematangsiantar, Johannes Sihombing di Kota Pematangsiantar, Sabtu (21/5/2022) menjelaskan, aeorang lanjut usia (lansia) di Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematangsiantar meninggal dunia dan dinyatakan positif Covid-19. 

Lansia berjenis kelamin perempuan itu meninggal dunia, Sabtu (14/5/2022) di Rumah Sakit Umum Paru (RSUP) H Adam Malik, Kota Medan, Sumut. Pasien lansia tersebut dirawat di Rumah Sakit (RS) Vita Insani Kota Pematangsiantar. Hasil tes antigen, pasien tersebut dinyatakan negatif. Pasien itu pun dirawat di RS Vita Insani.

Namun, lanjutnya, pasien tersebut dirujuk ke RSUP H Adam Malik,  Kota Medan, Rabu (11/5/2022). Ketika dilakukan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) atau swab, pasien tersebut dinyatakan positif Covid-19. Dua hari kemudian, Jumat (13/5/2022), kondisi pasien tersebut kritis dan dirawat di ruang isolasi Intensive Care Unit (ICU) RSUP H Adam Malik. Keesokan harinya, Sabtu (14/5/2022) pasien tersebut meninggal dunia.

“Menyikapi meninggalnya pasien positif Covid-19 tersebut, tracing (penelusuran) dan testing (pemeriksaan) terhadap orang yang kontak erat dengan pasien langsung dilakukan. Jumlah kontak yang diperiksa sebanyak 15 orang. Namun tidak ada yang positif Covid-19,”katanya. 

Dikatakan, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Pematangsiantar kini masih terus meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan prokes menyusul adanya pasien Covid-19 yang meninggal di kota tersebut. Selain itu warga masyarakat Kota Pematangsiantar juga dihimbau meningkatkan imunitas tubuh (promosi kesehatan) hingga vaksinasi booster (dosis ketiga). 

Menurut Johannes Sihombing, berdasarkan, assesmen (penilaian) Covid-19 Kota Pematangsiantar hingga Jumat (20/5/2022) yang diterima dari Bidang Pemncegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar, penderita Covid-19 di Kota Pematangsiantar yang dirawat masih ada tiga orang. Seorang dirawat di rumah sakit dan dua orang lainnya menjalani isolasi mandiri.

“Jadi melihat masih adanya penularan Covid-19 di Kota Pematangsiantar, kami mengimbau warga kota ini tetap mematuhi prokes, 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,”katanya. (Matra/FebP).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA