. Keturunan Raja Nagur dan Marpitu Dukung Pembangunan Simalungun, Segera Bentuk Lembaga Adat | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Keturunan Raja Nagur dan Marpitu Dukung Pembangunan Simalungun, Segera Bentuk Lembaga Adat

Keturunan Raja Nagur dan Marpitu Dukung Pembangunan Simalungun, Segera Bentuk Lembaga Adat

Written By MediaLintasSumatera on Minggu, 29 Mei 2022 | 19.44

Bupati Simalungun, St Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH, MH (kiri) pada pertemuan dengan keturunan Kerajaan Nagur dan Marpitu Simalungun di Siantar Hotel Pematangsiantar, Sabtu (28/5/2022) malam. (Foto : Matra/KominfoSimalungun). 

(Matra, Simalungun) – Keturunan atau pewaris Kerajaan Nagur dan Marpitu Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) menyatakan dukungan penuh memajukan pembangunan Simalungun. Salah satu bentuk dukungan nyata saat ini, yakni segera membentuk Lembaga Pemangku Adat Partuha Maujana Simalungun (LPA PMS).

Dukungan tersebut disampaikan para pewaris Kerajaan Nagur dan Marpitu Simalungun pada pertemuan Bupati Simalungun, St  Radiapoh Hasiholan Sinaga di Siantar Hotel Pematangsiantar, Sabtu (28/5/2022) malam. Turut hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Simalungun, H Zonny Waldi, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun, Esron Sinaga dan Wakil Ketua DPRD Simalungun, S Samrin Girsang.

Para pewaris harajaon (kerajaan) wilayah Simalungun yang hadir pada kesempatan tersebut, yakni pewaris Harajaon Nagur, Harajaon Siantar, Harajaon Tanoh Jawa, Harajaon Dolog Silou, Harajaon Raya, Harajaon Purba, Harajaon Panei dan Harajaon Silimakuta.

Pertemuan tersebut berlangsung penuh keakraban dan kekeluargaan. Pertemuan itu melahirkan maklumat Keturunan Harajaon Simalungun yang ditandatangani oleh Hasusuran Harajaon Nagur dan Harajaon Marpitu Simalungun. Maklumat atau kesepakatan tersebut antara lain berisi tentang dukungan seluruh pewaris Kerajaan Nagur dan Marpitu bekerja sama dengan Pemkab Simalungun membangun Simalungun. 

Radiapoh Hasiholan Sinaga pada kesempatan tersebut mengatakan, pertemuan khusus Pemkab Simalungun dengan Hasusuran (Pewaris) Harajaon Nagur -Harajaon Marpitu Simalungun merupakan pertemuan bersejarah. Dikatakan demikian karena pada pertemuan tersebut seluruh pewaris kerajaan di Simalungun sepakat menyatukan Simalungun demi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan pembangunan Simalungun.

“Pertemuan ini melahirkan kesepakatan mengenai kegiatan dan terobosan menyatukan Simalungun. Malam inilah jawabnya kita dapat bersama-sama. Bahwa seluruh elemen masyarakat Simalungun, khususnya Raja Marpitu bersatu hati, menyatukan sikap untuk membentuk Lembaga Pemangku Adat Partuha Maujana Simalungun (LPA PMS),”katanya.

Radiapoh Hasiholan Sinaga mengharapkan Simalungun ke depan dapat lebih baik termasuk juga untuk merawat adat dan budaya Simalungun. Melalui LPA diharapkan Simalungun dapat lebih hebat dan luar biasa lagi untuk membangun kampung halamannya sendiri.

Dikatakan, LPA PMS yang dibentuk pewaris kerajaan Simalungun bisa berjalan dengan baik. Melalui kebersamaan dengan Pemkab Simalungun, pewaris kerajaan di Simalungun bisa memajukan pembangunan Simalungun. 

Menurut Radiapoh Hasiholan Sinaga, Harajaon Marpitu merupakan embrio terbentuknya pemerintahan di Simalungun. Karena itu dukungan pewaris kerajaan Simalungun memberikan semangat kepada Pemkab Simalungun untuk menyatukan sikap, bersatu padu, bergandengan tangan membangun Tanoh Habonaron Do Bona (Tanah Kebenaran) Simalungun ke depan.

“Melalui kebersamaan yang sudah dijalin ini dan sudah ada juga penandatanganan maklumat dari semua pewaris Raja Marpitu pembangunan Simalungun bisa lebih maju. Kami berharap kepada inisiator mulai bekerja untuk merumuskan hal-hal yang terkait dengan LPA PMS di Simalungun ke depan,”katanya. (Matra/AdeSM/FebP).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA