. Kota Siantar Bangun Stadion Olahraga, Bersiap Menjadi Tuan Rumah PON | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Kota Siantar Bangun Stadion Olahraga, Bersiap Menjadi Tuan Rumah PON

Kota Siantar Bangun Stadion Olahraga, Bersiap Menjadi Tuan Rumah PON

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 17 Mei 2022 | 19.06



Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA (tengah belakang) pada pertemuan dengan Pengurus Daerah (Pengda) Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Pematangsiantar di rumah dinas Wali Kota Pematangsiantar, Selasa ( 17/5/2022). (Foto : Matra/KominfoSiantar).

(Matra, Pematangsiantar) – Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara menjadi salah satu daerah yang diusulkan menjadi tempat penyelenggaraan beberapa pertandingan olah raga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024. Kota kedua terbesar di Sumut tersebut diusulkan menjadi salah satu tempat penyelenggaraan PON karena Provinsi Sumut dan Aceh menjadi Tuan Rumah Bersama PON XXI 2024.

Menghadapi even (kegiatan) olahraga terbesar nasional yang juga diusulkan dilaksanakan di kota tersebut, Kota Pematangsiantar kini mempersiapkan diri. Salah satu persiapan, yakni membenahi stadion atau gedung olahraga. 

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA pada pertemuan dengan Pengurus Daerah (Pengda) Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Pematangsiantar di rumah dinas Wali Kota Pematangsiantar, Selasa ( 17/5/2022) mengatakan, pihaknya berupaya mempercepat memperbaiki Gedung Olahraga (GOR) Kota Pematangsiantar.

“Dalam waktu dekat kita akan melakukan peletakan batu pertama permbangunan GOR Kota Pematangsiantar. Kita juga akan berkoordinasi dengan pihak Stadion Sangnawaluh untuk mempercepat proses penyiapan stadion tersebut. Nantinya Pengurus Cabang (Pengcab) Olahraga Se-Kota Pematangsiantar dapat berkantor di fasilitas GOR Kota Pematangsianțar,”katanya. 

Susanti mengatakan, Pemkot Pematangsiantar mendukung sepenuhnya penetepan Kota Pematangsiantar menjadi salah satu tuan rumah PON XXI 2024. Pihak KONI Kota Pematangsiantar dan Pemkot Pematangsiantar, termasuk organisasi perangkat dinas (OPD) terkait perlu lebih intensif mempersiapkan pelaksanaan PON di Kota Pematangsiantar. 

"Saya menyambut baik ditetapkannya Kota Pematangsianțar sebagai salah satu tuan rumah PON XXI 2024. Saya berharap KONI Kota Pematangsiantar dapat berkoordinasi dengan pihak Pemkot Kota Pematangsiantar melalui Dinas Pariwisata dan Olahraga Kota Pematangsiantar atau langsung sama saya,”ujarnya.
Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA (tengah depan) pada pertemuan dengan Pengurus Daerah (Pengda) Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Pematangsiantar di rumah dinas Wali Kota Pematangsiantar, Selasa (17/5/2022). (Foto : Matra/KominfoSiantar).

Sementara itu, Ketua Pengda KONI Kota Pematangsiantar, Jayadi Sagala pada kesempatan itu mengatakan, pihaknya mengadakan audiensi (pertemuan) dengan Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA untuk meminta dukungan dan arahan mengenai usulan Kota Pematangsianțar sebagai salah satu tuan rumah PON XXI 2024 Sumut Aceh. 

“Pertemuan ini penting membicarakan langkah-langkah kebijakan menghadapi PON. Di antaranya penyediaan fasilitas gedung olahraga dan stadion sekaligus pengembangan olahraga di Kota Pematangsianțar,”katanya.

Pertemuan jajaran pengurus KONI Kota Pematangsiantar dengan Plt Wali Kota Pematangsiantar tersebut turut dihadiri, Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Kota Pematangsiantar, Kusdianto, SH.

Sementara itu, Provinsi Sumut dan Aceh diumumkan menjadi tuan rumah bersama PON XXI 2024 pada penutupan PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Jumat (15/10/2021). Menteri Pemuda dan Olah Raga, Zainudin  Amali menetapkan Sumut dan Aceh tuan rumah bersama PON XXI 2024 melalui Surat Keputusan (SK) Nomor 71 Tahun 2020 tentang Penetapan Provinsi Aceh dan Sumut, 16 November 2020. 

PON XXI 2024 Sumut - Aceh akan dilaksanakan di 33 daerah di Provinsi Aceh dan 34 daerah di Sumut. PON tersebut akan mempertandingkan 67 cabang olahraga (cabor). (Matra/FebP/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA