. Sepekan Halalbihalal Gubernur Jambi : Mantapkan Silaturahmi Bersama Rakyat Menuju Jambi Mantap | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Sepekan Halalbihalal Gubernur Jambi : Mantapkan Silaturahmi Bersama Rakyat Menuju Jambi Mantap

Sepekan Halalbihalal Gubernur Jambi : Mantapkan Silaturahmi Bersama Rakyat Menuju Jambi Mantap

Written By MediaLintasSumatera on Jumat, 20 Mei 2022 | 21.15

Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH (dua dari kiri) menyambut warga pada halalbihalal di Kabupaten Bungo, Kamis (19/5/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH sepekan ini mengunjungi warga masyarakat Jambi di beberapa kabupaten di Provinsi Jambi melalui halalbihalal (maaf-maafan) seusai Lebaran/Idul Fitri 1443 Hijriyah (H). Melalui halalbihalal tersebut, Al Haris berupaya memantapkan silaturahmi dengan segenap lapisan masyarakat demi membangkitkan semangat bersama membangun Jambi.  

Halalbihalal dengan tujuan yang sama juga dilakukan Wakil Gubernur Jambi, Drs H Abdullah Sani, MPdI dan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, H Sudirman, SH, MH. Jika Al Haris melakukan halalbihalal ke Kabupaten Bungo, Tebo dan Kota Jambi, Abdullah Sani halalbihalal ke Kabupaten Batanghari dan Sudirman di Kota Jambi. 

Al Haris pada halalbihalal di  Masjid Agung Al Falah Jambi, Jumat (20/5/2022) mengajak seluruh elemen masyarakat Jambi, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Pemerintah (Pemprov) Jambi menjadikan semangat Idul Fitri sebagai energi baru untuk bangkit setelah dua tahun terpuruk akibat pandemi Covid-19. 

Pada halalbihalal bertajuk “Melalui Halalbihalal Kita Jernihkan Hati Merajut Silahturahmi Menuju Jambi Mantap” tersebut, Al Haris mengharapkan semangat Idul Fitri menjadi energi untuk kembali bangkit, pulih dan berdaya, menjadi pemicu dan pemacu untuk terus bekerja sama dan bersinergi membangun masyarakat dan daerah Provinsi Jambi yang maju, adil, sejahtera, dan beradab. 

“Mari kita jadikan berkah keberagaman dan perbedaan menjadi kekuatan untuk mendorong terwujudnya kemaslahatan bersama dan terciptanya negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur. Masih dalam bulan Syawal ini izinkan saya atas nama pribadi dan keluarga berserta Wakil Gubernur Jambi dan Forkompimda Provinsi Jambi mengucapkan Taqabalallahu minnaa wa minkum, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H Tahun 2022, mohon maaf lahir dan batin,”katanya.

Menurut Al Haris menuturkan, Provinsi Jambi akan menjadi tuan rumah Seleksi Tilawah Al-Qur’an (STQ) Tingkat Nasional pada tahun 2023. Hal tersebut berarti Provinsi Jambi telah mendapatkan kepercayaan untuk melaksanakan momen besar tingkat nasional. 

“Kita telah ditunjuk sebagai tuan rumah STQ tingkat Nasional tahun 2023.Ini adalah perhelatan akbar. Kami mohon doa dari seluruh masyarakat Jambi untuk menjadi tuan rumah. Mulai dari sekarang kita akan menyiapkan dan melakukan percepatan pembangunan Islamic Center yang baru,”katanya.
Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH (tengah) menyambut warga pada halalbihalal di Masjid Al Falah, Kota Jambi, Jumat (20/5/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

Pemerataan Pembangunan

Sementara itu  pada halalbihalal di auditorium rumah dinas Bupati Bungo, Kamis (19/5/2022), Al Haris mengatakan, Pemprov Jambi kini fokus melaksanakan pemerataan pembangunan di setiap kabupaten/kota guna mewujudkan kemajuan Jambi. Pemerataan pembangunan tersebut mennjukkan komitmen untuk terus membangun Provinsi Jambi secara merata. 

“Kita sangat bangga karena tahun ini sangat menggembirakan bagi seluruh masyarakat. Pandemi Covid-19 sudah mulai mereda, sehingga kegiatan masyarakat mulai pulih. Selama dua tahun terakhir kegiatan ekonomi menjadi tidak stabil karena Covid-19. Kondisi tersebut berdampak pada anggaran pembangunan yang dialihkan untuk penanganan Covid-19. Akibatnya dana transfer ke daerah pun menjadi berkurang,”katanya.

Dijelaskan, pengurangan dana transfer dari Pemerintah Pusat ke daerah tersebut menjadi salah satu kendala bagi Pemprov Jambi membangun daerah secara cepat dan merata di setiap kabupaten/Kota. Namun saat ini kondisi semakin membaik. 

“Kita mengharapkan ke depannya kondisi kehidupan ekonomi dan kemasyarakat bisa berjalan normal kembali, sehingga kita dapat melaksanakan percepatan pembangunan secara merata,”katanya.

Dikatakan, melalui silaturahmi atau halalbihalal tersebut, Pemprov Jambi berupaya terus meningkatkan sinergi (kerja sama) dengan pemerintah kabupaten/kota se - Provinsi Jambi. Hal itu penting guna meningkatkan kemajuan daerah di segala sektor demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan pembangunan Provinsi Jambi yang merata.

“Saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemkab dan Forkopimda Kabupaten Bungo yang telah bersinergi menjaga keamanan dan kenyamanan pelayanan kepada masyarakat selama hari raya Idul Fitri 1443 H. Melalui sinergi atau kersa sama  tersebut, pelaksanaan mudik, kelancaran dan keamanan lalu lintas, tempat wisata, ketersediaan bahan bakar minyak, bahan bahan pokok dan gas di Kabupaten Bungo terjamin,”ujarnya.

Al Haris menuturkan, Idul Fitri 1443 H tahun 2022 berbeda dari perayaan Idul Fitri dua tahun sebelumnya. Perayaan Idul Fitri tahun ini tidak lagi diselenggarakan dengan pembatasan sosial yang ketat. Dengan demikian kegembiraan luar biasa sangat terasa. Pemerintah telah memperbolehkan mudik, bersilahturahmi, halalbiahalal dengan keluarga dan kerabat tercinta secara langsung.

“Saya mengharapkan semangat kegembiraan ini semakin menjadi pemicu dan pemacu kita semua untuk kembali bangkit dan berjuang bersama mewujudkan pemulihan dan percepatan pembangunan demi terwujudnya Provinsi Jambi yang  Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional (MANTAP),”katanya. 

Al Haris juga mengharapkan, tradisi mudik tahun ini dapat menjadi momentum meningkatkan perekonomian masyarakat seperti sektor usaka mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan pariwisata di wilayah Bungo. 

Sementara itu, Bupati Bungo, H Mashuri, SP,ME pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya mendukung visi dan misi pembangunan Jambi yang telah ditetapkan pada masa kepemimpinan Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi, H Al Haris – H Abdullah Sani. 

“Kami telah berkomitmen dalam mendukung visi misi Jambi MANTAP. Kami juga melaporkan, ratusan desa di Kabupaten Bungo akan melakukan pemilihan kepala desa secara serentak Juni 2022. Kami berharap pemilihan kepala desa tersebut berjalan aman dan lancar,”katanya.
Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH menyampaikan sambutan pada halalbihalal di Kabupaten Tebo, Kamis (19/5/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

Cukup Berhasil

Pada halalbihalal dengan warga masyarakat dan jajaran pemerintahan di auditorium rumah dinas Bupati Tebo, Kamis (19/5/2022), Al Haris mengapresiasi keberhasilan Kabupaten Tebo melaksanakan vaksinasi. Kabupaten Tebo menempati urutan kedua dari 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi dalam pelaksanaan vaksinasi. 

“Kami melihat Pemkab Tebo bersama Forkopimda melakukan kerja cepat mencegah dan menangani Covid-19, khususnya melaksanakan vaksinasi. Hal ini merupakan prestasi tersendiri bagi Kabupaten Tebo. Prestasi tersebut tercapai berkat kekompakan jajaran Pemkab Tebo dan Forkopimda,”katanya.

Al Haris mengajak seluruh masyarakat Tebo memaknai halalbihalal bukan hanya sebagai acara seremonial biasa. Halalbihalal memiliki hakikat penting, yaitu untuk saling memaafkan setulus hati, berlapang dada menerima semua keberagaman dan perbedaan. Kemudian membangun kebersamaan dalam keberagaman sebagai wujud syukur atas rahmat perbedaan dan keberagaman yang ada.

“Halalbihalal menjadi upaya kita bersama untuk mewujudkan kemaslahatan bersama, dengan merajut ukhuwah islamiyah, kebersamaan dan kekeluargaan, sehingga menciptakan persatuan dan kesatuan bagi daerah dan bangsa yang kita cintai ini,”katanya.

Sementara itu, Dr H Sukandar, SKom, MS pada kesempatan tersebut mengatakan, halalbihalal tersebut  merupakan tatap muka dengan berbagai elemen masyarakat maupun jajaran Pemkab Tebo di penghujung masa jabatan sebagai Bupati tebo. 

Karena itu, Sukandar, istri dan keluarga pada halalbihalal tersebut menyampaikan permohonan maaf kepada segenap lapisan masyarakat dan jajaran Pemkab Tebo. Sukandar juga menyampaikan permohonan maaf jika Pemkab Tebo selama ini belum bisa memberikan kontribusi yang maksimal untuk pembangunan Provinsi Jambi. Baik itu penanggulangan kemiskinan maupun pertumbuhan ekonomi. 

“Tapi yakinlah, mudah mudahan Kabupaten Tebo tidak tertinggal dari kabupaten lain. Hal ini kita buktikan dengan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pengelolaan anggaran keuangan daerah tujuh tahun berturut-turut,”paparnya.
Wakil Gubernur Jambi, Drs H Abdullah Sani, MPdI (enam dari kiri) pada halalbihalal di aula rumah dinas Bupati Batanghari, Kamis (19/5/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

Melayani

Secara terpisah, Wakil Gubernur Jambi, Drs H Abdullah Sani, MPdI pada halalbihalal di aula rumah dinas Bupati Batanghari, Kamis (19/5/2022) mengingatkan seluruh ASN dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se - Provinsi Jambi, termasuk OPD Pemkab Batanghari agar meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

"Saya berpesan kepada seluruh OPD, khususnya OPD Pemkab Batanghari untuk terus memberikan pelayanan publik secara maksimal kepada masyarakat. Tugas kita sebagai instansi pemerintah melayani masyarakat, bukan minta dilayani masyarakat. Jadi kita harus terus berupaya mensejahterakan masyarakat,"ujarnya.

Abdullah Sani juga meminta pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Jambi, khususnya Pemkab Batanghari untuk terus meningkatkan pelayanan publik sesuai dengan aturan dan system. Hal itu penting untuk mencapai kepuasan masyarakat demi tercapainya visi dan misi pemerintah. 

Dikatakan, masyarakat harus benar benar mendapatkan pelayanan yang prima sehingga indeks kepuasan masyarakat terhadap pemerintah terus meningkat dan pemerintah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

"Saya bersama Gubernur Jambi terus berusaha semaksimal mungkin melayani masyarakat. Hal ini kami lakukan untuk mencapai visi dan misi demi kepuasan masyarakat,"ungkapnya.

Abdullah Sani mengharapkan seluruh jajaran pemerintahan di Jambi menumbuhkan daan meningkatkan rasa solidaritas dan rasa kepedulian sosial melalui pningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat. Kepuasan masyarakat menjadi bagian  besar dalam visi misi memantapkan Provinsi Jambi. Kepuasan tersebut terutama dari segi pelayanan publik dalam urusan adnimistrasi, infrastruktur, perekonomian, kesehataan dan pendidikan.

Sementara Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief pada kesempatan itu mengatakan, pihaknya terus meningkatkan sinergitas dengan Pemporv Jambi guna memajukan pembangunan di berbagai sektor. Selama ini kerja sama Pemkab Batanghari dan Pemprov Jambi telah berjalan dengan baik.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan kerja sama tersebut guna percepatan pemulihan ekonomi daerah dan masyarakat di Jambi. Salah satu   syarat mewujudkan sinergitas yang baik, yakni membangun silahturahmi seperti kegiatan halal bihalal ini,”katanya. 
Sekda Pemprov Jambi, H Sudirman, SH, MH (dua dari kiri baris belakang) pada halalbihalal dengan jajaran RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi di aula (Diklat) RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi, Rabu (18/5/2022) (Foto : Matra/KominfoJambi).

Urusan Akhirat 

Sementara itu, Sekda Pemprov Jambi, H Sudirman, SH, MH pada halalbihalal dengan jajaran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Provinsi Jambi di aula Pendidikan dan Latihan (Diklat) RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi, Rabu (18/5/2022) mengatakan, silaturahmi dalam bulan Syawal merupakan kesempatan saling maaf memaafkan. Silahturahmi tersebut tidak hanya dapat menyelesaikan urusan manusia di dunia, tetapi juga mempersiapkan urusan akhirat nantinya.

“Menjaga tali silaturahmi bukan hanya merupakan tugas kita menghadapi kehidupan di dunia saja tapi juga merupakan tugas kita dalam menghadapi kehidupan di akhirat. Mudah-mudahan kita semua bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menyempurnakan kehidupan kita di dunia dan menyempurnakan kehidupan kita di akhirat nanti,”katanya. 

Dikatakan, halalbihalal tersebut merupakan ajang mempererat tali silaturahmi sesama keluarga besar RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi.  Melalui halalbihalal tersebut seluruh jajaran pimpinan dan pegawai RSUD Raden Mattaher semakin kompak dan meningkatkan kebersamaan. 

“Hal itu penting agar seluruh jajaran dan pimpinan RSUD terbesar di Jambi tersebut bisa menghadapi sesulit apapun tantangan sekaligus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,”ujarnya. (Matra/Radesman Saragih).
Warga Kota Jambi berbaur dengan ASN Pemprov Jambi mengikuti halalbihalal bersama Gubernur Jambi, H Al Haris di Masjid Al Falah, Kota Jambi, Jumat (20/5/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA