. Libur Lebaran Sangat Meriah, Polda Jambi Fokus Amankan Objek Wisata dan Arus Balik | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , , » Libur Lebaran Sangat Meriah, Polda Jambi Fokus Amankan Objek Wisata dan Arus Balik

Libur Lebaran Sangat Meriah, Polda Jambi Fokus Amankan Objek Wisata dan Arus Balik

Written By MediaLintasSumatera on Rabu, 04 Mei 2022 | 21.23

Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo (dua dari kiri) meninjau objek wisata Danau Sipin, Kota Jambi, Rabu (4/5/2022). (Foto : Matra/HumasPoldaJambi).

(Matra, Jambi) – Seluruh pasukan pengamanan arus mudik dan perayaan Lebaran (Idul Fitri) 1443 Hijriyah (H) yang diterjunkan selama Operasi Ketupat Siginjai 2022 di Provinsi Jambi fokus mengamankan objek-objak wisata dan arus balik Lebaran hingga akhir libur Lebaran, Senin (9/5/2022). 

Untuk itu jajaran Polda Jambi secara intensif memantau situasi keamanan di objek-objek wisata di Jambi yang semuanya dipadati pengunjung selama libur Lebaran. Kemudian pemantauan dan pengamanan arus balik di jalur-jalur mudik Lebaran di Provinsi Jambi juga perlu dilakukan secara intensif mencegah terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

Peningkatan pengamanan objek wisata di Jambi ditandai dengan pemantauan yang dilakukan Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo dan jajarannya ke objek wisata Danau Sipin, Kota Jambi, Rabu (4/5/2022). Pemantauan objek wisata yang rawan kecelakaan air tersebut turut didampingi Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Jambi, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Feri Handoko, Kapolresta Jambi, Kombes Pol Eko Wahyudi dan Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto.

Objek wisata tersebut mendapat prioritas pengamanan karena rawan kecelakaan air. Kemudian objek wisata tak berbayar tersebut juga dipadati pengunjung sejak hari kedua Lebaran (H+2), Selasa (3/5/2022). Pengunjung objek wisata tersebut masih terus meningkat selama libur Lebaran. Puncak kunjungan wisata ke Danau Sipin diperkirakan terjadi Sabtu – Minggu (7 – 8/5/2022).

Kapolda Jambi, Irjen A  Rachmad Wibowo, melalui Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto di sela-sela kunjungan ke Danau Sipin tersebut, Rabu (4/5/2022) mengatakan, memasuki libur Lebaran hari ketiga (H+3), Rabu (4/5/2022), personil Polda Jambi terus melakukan monitoring dan pengamanan berbagai objek wisata. 

Objek wisata yang dipadati pengunjung di Kota Jambi, yakni Danau Sipin, Kebun Binatang (Taman Rimba), Kampoeng Radja, Taman “Ancol” Tanggo Rajo tepian Sungai Batanghari dan Tugu Keris Siginjai. Selain itu objek wisata Candi Muarpojambi, Kabupaten  Muarojambi juga kini dipadati pengunjung. 

"Hari ini Kapolda Jambi dan personil yang bertugas turun langsung memantau kegiatan masyarakat di lokasi wisata Danau Sipin.Terpantau situasi di kawasan objek wisata ini pada H + 3 Lebaran dipadati pengunjung. Petugas yang siaga mengamankan Danau Sipin mencapai puluhan rang. Sebanyak enam orang di antaranya Satgas Polisi Perairan Polresta Jambi,”katanya.

Menurut Mulia Prianto, warga masyarakat yang merayakanlibur Lebaran ke Danau Sipin, Rabu (4/5/2022) siang mencapai 400 orang. Pengunjung  datang silih berganti dengan menggunakan kendaraan sepeda motor dan mobil. Lokasi parkir yang disiapkan di Danau Sipin masih mencukupi menampung lonjakan pengunjung.
Petugas dan pemudik asal Jakarta tujuan Sumatera Barat foto bersama di Pos Pelayanan Terpadu Arus Mudik Lebaran Terminal Alam Barajo, Rabu (4/5/2022). (Foto : Matra/HumasPoldaJambi).  

Simpatik 

Sementara itu, petugas Pos Pengamanan dan Pelayanan Arus Mudik Lebaran di Kota Jambi tetap melakukan pelayanan secara simpatik kepada para pemudik. Petugas menyediakan tempat peristirahatan bagi pemudik yang mengalami kelelahan. 

Pantauan medialintassumatera.com (Matra) di Pos Pelayanan Terpadu Mudik Lebaran Terminal Alam Barajo, Kota Jambi, pemudik asal Jakarta yang hendak mudik ke Sumatera Barat disambut petugas dengan baik. Selain berbincang-bincang dan bersilaturahmi, petugas juga menyiapkan tempat istirahat bagi pemudik. 

Jordi (45), warga Jakarta yang hendak mudik ke Sumatra Barat yang bersitirahat di Pos Pelayanan Terpadu Mudik Lebaran di Terminal Alam Barajo, Kota Jambi, Rabu (4/5/2022) mengatakan sangat berterima kasih kepada petugas kepolisian di Jambi atas penyambutan yang baik dan memberikan tempat istirahat yang nyaman. 

"Kami berterima kasih kepada pihak kepolisian di Kota Jambi yang telah menyediakan tempat beristirahat. Kami juga salut atas penyambutan yang baik, termasuk penjelasan petugas mengenai situasi dan kondisi arus dan jalur mudik,"ujarnya. 

Jordi mengatakan, perjalanan dari Jakarta menuju Sumatera Barat melalui jalur mudik yang cukup padat dan jauh cukup melelahkan. Kemacetan arus mudik mulai dari Jakarta, pelabuhan Merak, Provinsi Banten, pelabuhan Bakauheuni, Lampung hingga Jalan Lintas Timur Sumatera membuat mereka terlambat sampai tujuan. 

“Kami beberapa kali terjebak macet sejak berangkat dari Jakarta Sabtu (30/4/2022). Karena itu kami terlambat tiba di tujuan, Sumatera Barat. Kami puna terpaksa Lebaran dalam perjalanan,”katanya. 

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Penerangan Masyarakat Bidang Humas Polda Jambi, Komisaris Polisi (Kompol) Mas Edy  pada kesempatan tersebut mengingatkan agar romobongan Jordi tetap berhati-hati berkendara agar bisa selamat sampai tujuan ke kampung halaman. 

"Kami juga berharap para pemudik yang hendak balik Lebaran tetap ekstara hati-hati di tengah kepadatan arus mudik dan kondisi cuaca yang sering hujan dan membuat jalan licin,”katanya. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA