. Malam Takbiran di Kota Pematangsiantar Meriah, Pengamanan Ketat | MediaLintasSumatera
Home » » Malam Takbiran di Kota Pematangsiantar Meriah, Pengamanan Ketat

Malam Takbiran di Kota Pematangsiantar Meriah, Pengamanan Ketat

Written By MediaLintasSumatera on Senin, 02 Mei 2022 | 05.34

Kapolresta Pematangsiantar, AKBP Fernando, SH, SIK (kanan) melakukan patrol Malam Takbiran di Kota Pematangsiantar, Sumut, Minggu (1/5/2022). (Foto : Matra/HumasPolresSiantar). 

(Matra, Pematangsiantar) – Pelaksnaan Malam Takbiran menyambut hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah (H) di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (1/5/2022) malam berlangsung meriah. Berbagai kelompok umat Muslim di kota tersebut turun ke jalan dan berkeliling kota sembari memukul bedug dan mengumandangkan takbir. 

Pawai Malam Takbiran tersebut pun membuat Susana Kota Pematangsiantar tampak semarak. Selain jalan yang ramai, pusat-pusat kuliner dan perbelanjaan di kota tersebut juga ramai dikunjungi warga. Baik untuk berbuka puasa hari terakhir maupun berbelanja pakaian dan makanan keperluan perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1443 H, Senin – Selasa (2 - 3/5/2022). Kondisi tersebut membuat beberapa ruas jalan di depan pusat perbelanjaan dan kuliner di Kota Pematangsiantar macet. 

Kendati warga masyarakat Kota Pematangsiantar cukup bebas melaksanakan Malam Takbiran, namun pengamanan malam menyambut Idul Fitri di kota tersebut tetap mendapat pengamanan ketat dari aparat keamanan, khususnya jajaran Polresta Pematangsiantar. 

Untuk itu, Kapolresta Pematangsiantar, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fernando, SH, SIK, bersama jajarannnya melakukan patroli malam takbiran di Kota Pematangsiantar. Patroli menggunakan sepeda motor tersebut dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat Islam yang melakukan takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H. 
Kapolresta Pematangsiantar, AKBP Fernando, SH, SIK (kanan) patroli ke masjid pada Malam Takbiran di Kota Pematangsiantar, Sumut,Minggu (1/5/2022) malam. (Foto : Matra/HumasPolrestaSiantar).

Patroli tersebut turut diikuti Wakil Kepala (Waka) Polresta Pematangsiantar, Komisaris Polisi (Kompol)  Ismawansa,  SIK, MH dan jajaran TNI dari Kodim 0207/Simalungun. Patroli diawali dari Markas Komando (Mako) Polresta Ppematangsiantar menuju Masjid Raya Kota Pematangsiantar, Masjid Ilham Jalan Ahmad Yani, Kota Pematangsiantar dan beberapa lokasi yang diduga rawan gangguan keamanan dan ketertiban. 

Patroli tersebut dilanjutkan dengan pemantauan aktivitas masyarakat di Pos Pengamanan III Lebaran di Jalan Sutomo,  Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar. 

AKBP Fernando, SH, SIK pada kesempatan tersebut mengatakan, patroli dilaksanakan mengantisipasi kerawanan pada Malam Takbiran hari raya Idul Fitri 2022. Patroli tersbeut dilaksanakan  secara humanis dengan mengedepankan rasa simpatik. 

“Petugas berbicara atau berkomunikasi dengan masyarakat khususnya masyarakat yang melaksanakan takbiran di berbagai tempat, masjid dan lokasi-lokasi Salat Id, Senin (2/5/2022),”katanya.

Fernando menghimbau warga masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan serta tetap menjaga kamtibmas demi menciptakan situasi kondusif.  Polresta Pematangsiantar mengharapkan kemeriahan mudik dan perayaan Idul Fitri di Kota Pematangsiantar tidak sampai memunculkan klaster Covid-19. (Matra/FebP).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA