. Malam Takbiran Tanpa Pesta Kembang Api, Taman “Ancol” Sungai Batanghari Sepi | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , , , » Malam Takbiran Tanpa Pesta Kembang Api, Taman “Ancol” Sungai Batanghari Sepi

Malam Takbiran Tanpa Pesta Kembang Api, Taman “Ancol” Sungai Batanghari Sepi

Written By MediaLintasSumatera on Minggu, 01 Mei 2022 | 22.21

Pengunjung yang tampak sepi di Taman Tanggo Rajo “Ancol” Sungai Batanghari, Kota Jambi, Minggu (1/5/2022) malam. (Foto : Matra/Radesman Saragih).

(Matra, Jambi) – Tepat rekreasi favorit di Kota Jambi, Taman Tanggo Rajo “Ancol” di tepian Sungai Batanghari relatif sepi pada malam takbiran atau malam terakhir Ramadan 1443 Hijriyah (H). Sepinya pengunjung di Taman Ancol Kota Jambi itu tampak dari kursi-kursi pengunjung yang banyak kosong. 

Pantauan medialintassumatera.com (Matra) di Taman Ancol Kota Jambi, Minggu (1/5/2022) malam pukul 19.30 – 20.45 WIB, pengunjung objek wisata tersebut tidak terlalu ramai. Kursi-kursi pengunjung yang disediakan pedagang di tepian pantai Sungai Batanghari di taman rekreasi tersebut banyak yang kosong. 

“Iya, Pak. Pengunjung masih sepi. Tidak seperti biasanya. Objek wisata ini biasanya dipadati pengunjung karena ada perayaan malam takbiran sebelum Covid-19. Namun malam ini tidak ada perayaan malam takbiran di Taman Ancol ini. Karena itu pengunjung objek wisata ini tidak terlalu ramai,”kata Ridho (50), pedagang es tebu dan sate di Taman Ancol Kota Jambi, Minggu (1/5/2022) malam.

Sementara itu tak jauh dari Taman Ancol Kota Jambi, pusat perbelanjaan WTC Kota Jambi di tepian Sungai Batanghari, Jalan Sultan Thaha, Pasar Kota Jambi dipadati pembeli. Warga Jambi banyak berbelanja ke pusat perbelanjaan tersebut, khususnya belanja makanan dan pakaian. 

Padatnya pengunjung membuat ruas Jalan Sultan Thaha di depan WTC Kota Jambi macet. Sebagian besar badan jalan terpaksa dijadikan tempat parkir akibat area parkir pusat perbelanjaan tersebut di dalam gedung penuh. 

Selain itu, pusat-pusat pertokoan di kawasan pusat perbelanjaan Trans Mart, Thehok, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Jambi juga dipadati pembeli. Kondisi tersebut membuat arus lalu lintas di depan pusat perbelanjaan tersebut juga macet. Para petugas kepolisian siaga mengatur lalu lintas mengatasi kemacetan di pusat-pusat perbelanjaan tersebut. 

Berbeda dengan di kawasan objek wisata Taman Ancol Sungai Batanghari, Kota Jambi, objek wisata Tugu Keris Siginjai di depan kantor Wali Kota Jambi, dipadati pengunjung. Padatnya pengunjung di empat ruas jalan Tugu Keris Siginjai membuat arus lalu lintas di kawasan objek wisata tersebut juga macet. 

Padatnya objek wisata Tugu Keris Siginjai juga dipengaruhi banyaknya pedagang yang berjualan pakaian muslim di tempat wisata tersebut. Para pengunjung berjubel berbelanja di tiap-tiap lapak penjual pakaian muslim dan peci. Petugas kepolisian dibantu anggota Pramuka terpaksa bekerja keras mengatur lalu lintas di kawasan Tugu Keris Siginjai untuk mengatasi kemacetan total. 

Guna menjamin keamanan dan ketertiban perayaan malam takbiran di Kota Jambi, Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo, SIK, MIK melakukan peninjauan Pos Pengamanan (Pospam) peraya Idul Fitri di lokasi-lokasi keramaian atau tempat wisata di Kota Jambi pada malam takbiran, Minggu (1/5/2022). 

Peninjauan pertama dilakukan di kawasan Pospam Tugu Keris Siginjai, Kotabaru, Kota Jambi pukul 19.00 WIB. Selanjutnya peninjauan dilaksanakan di Pospam Jamtos, Jalan Pattimura dan Pospam Citra Raya Land. Berdasarkan pantauan di berbagai wilayah Kota Jambi, tidak tampak adanya konvoi atau arak-arakan mobil yang merayakan malam takbiran. Hanya beberapa kendaraan bak terbuka dan truk tampak melintas di Taman Ancol dan Tugu Keris Siginjai Kota Jambi. 

Sementara itu, Gubernur Jambi, H Al Haris dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi melaksanakan Salat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H di Masjid Agung Al Falah, Jalan Sultan Thaha, Pasar Kota Jambi, Senin (2/5/2022) pagi sekitar pukul 06.30 WIB. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA