. Mendagri Ganti Tiga Bupati di Jambi, Kepala BPBD Jadi Pj Bupati Muarojambi | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Mendagri Ganti Tiga Bupati di Jambi, Kepala BPBD Jadi Pj Bupati Muarojambi

Mendagri Ganti Tiga Bupati di Jambi, Kepala BPBD Jadi Pj Bupati Muarojambi

Written By MediaLintasSumatera on Minggu, 22 Mei 2022 | 19.16

Gubernur Jambi, H Al Haris (kiri) memebacakan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengenai pelantikan Penjabat Bupati Muarojambi, Tebo dan Sarolangun di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Kota Jambi, Minggu (22/5/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian memberhentikan tiga pasangan bupati dan wakil bupati di Provinsi Jambi yang sudah habis masa jabatannya Mei ini. Ketiga pasangan bupati dan wakil bupati periode 2017 – 2022 yang diberhentikan tersebut, pasangan Bupati dan Wakil Bupati Muarojambi, Hj Masnah Busro – H Bambang Bayu Suseno, Bupati dan Wakil Bupati Tebo, H Sukandar – H Syahlan dan Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun, H Cek Endra – H Hilallatil Badri. 

Untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah di tiga kabupaten tersebut, Mendagri menunjuk penjabat (Pj) bupati. Kepala Badan Penanggulangan Bencana  Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, H Bachyuni Deliansyah ditunjuk menjadi Pj Bupati Muarojambi. Kemudian Asisten II Pemerintah Provinsi Jambi, Aspan ditunjuk menjadi Pj Bupati Tebo. Sedangkan Kepala Badan kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Henrizal ditunjuk menjadi Pj Bupati Sarolangun. 

Pelantikan ketiga Pjs bupati di Jambi tersebut dilakukan Gubernur Jambi, H Al Haris atas nama Mendagri, Tito Karnavian di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Kota Jambi, Minggu (22/5/2022). Ketiga Pj bupati tersebut melaksanakan tugas hingga Pemilu 2024.

Al Haris pada kesempatan tersebut mengharapkan Pj Bupati Muarojambi, Tebo dan Sarolangun haru bisa mengendalikan daerahnya masing masing. Baik pengendalian di bidang ekonomi, sosial politik, keamanan dan penanganan Covid-19.

Dijelaskan, sesuai arahan Mendagri kekosongan kepala daerah di tiga kabupaten di Jambi harus diisi segera. Pj bupati harus melaksanakan tugas sebaik baiknya sesuai dengan perundang undangan yang berlaku.
 
"Saya yakin para Pj bupati baru dilantik bisa memahami tugas dan tanggung jawab sebagai kepala daerah. Saya juga berharap para Pj bupati bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab itu dengan sebaik-baiknya, berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku,”katanya.
Kepala BPBD Provinsi Jambi, H Bachyuni Deliansyah (kanan) menandatangani berita acara pelantikan dirinya menjadi Pj Bupati Muarojambi di rumah dinas Gubernur Jambi, Minggu (22/5/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

Konsisten

Menurut Al Haris, para Pj bupati tetap konsisten merealisasikan program pembangunan yang telah direncanakan demi meningkatkan kemajuan daerah dan kualitas pelayanan publik. Hal itu penting untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di kabupaten masing-masing.

“Para Pj bupati juga diminta tetap mampu melindungi warga masyarakat dari berbagai ancaman situasi kerawanan keamanan dan bencana, termasuk ancaman Covid-19. Penanganan Covid-19 di daerah masing-masing harus tetap dilakukan dengan baik,”katanya. 

Al Haris meminta agar Pj bupati yang dilantik dapat meneruskan program pembangunan yang telah di rancang kepala daerah sebelumnya. Penjabat kepala daerah di minta untuk melakukan koordinasi bersama kepala daerah sebelumnya karena mereka yang paham dengan kondisi dan keadaan di daerah itu.

Dikatakan, para Pj bupati harus tetap membangun hubungan harmonis dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), DPRD dan semua kalangan di kabupaten masing-masing. 

"Pj bupati kami harap tidak segan kordinasi dengan mantan bupati untuk pembangunan Jambi yang lebih baik,"tambahnya.

Al Haris mengatakan, dalam pelaksanaan program pembangunan, sinergi (kerja sama) pemerintahan harus terus dijaga. Baik itu sinergi dengan provinsi maupun pusat. Kemudian sinergi lintas sektor dengan Forkopimda, instansi vertikal, BUMN dan BUMD dan serta semua stakeholder (pemangku kepentingan) juga harus dijaga dengan baik, bahkan terus kita tingkatkan.

"Saya juga mengingatkan, pandemi Covid-19 belum berakhir. Untuk itu, kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Kita harus tetap mengawasi pelaksanaan prokes dan terus melanjutkan vaksinasi. 

“Guna memulihkan ekonomi daerah dan masyarakat, saya meminta para Pj bupati lebih giat lagi menggali dan menggarap potensi daerah dengan mengindahkan semua regulasi yang berlaku,”katanya. 

Pada kesempatan tersebut, Al Haris atas nama masyarakat Jambi, khususnya masyarakat Kabupaten Muarojambi, Tebo dan Sarolangun menyampaikan terima kasi atas pengabdian bupati dan wakil bupati yang telah menunaikan tugas selama lima tahun di ketiga kabupaten tersebut. 

“Banyak prestasi dan hasil pembangunan yang telah dicapai selama lima tahun kepemimpinan pasangan bupati dan wakil bupati di Muarojambi, Tebo dan Sarolangun. Meskipun telah purna tugas, kami berharap mantan Bupati dan Wakil Bupati Muarojambi, Sarolangun dan Tebo tetap mendukung pembangunan daerah melalui sumbangan pemikiran mereka,”katanya. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA