. Pematangsiantar Persiapkan 42 Orang Jemaah Calon Haji Secara Matang | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Pematangsiantar Persiapkan 42 Orang Jemaah Calon Haji Secara Matang

Pematangsiantar Persiapkan 42 Orang Jemaah Calon Haji Secara Matang

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 31 Mei 2022 | 06.52

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA (empat dari kiri) bersama jemaah calon haji Kota Pematangsiantar pada Bimbingan dan Manasik Calon Haji Kota Pematangsiantar di gedung serba guna Brimob Kota Pematangsiantar, Senin (30/5/2022). (Foto : Matra/KominfoSiantar).

(Matra, Pematangsiantar) – Sebanyak 42 orang Jemaah calon haji asal Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut) merasa lega. Mereka akhirnya dinyatakan memenuhi syarat secara usia dan kesehatan berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah, Arab Saudi. 

Jemaah calon haji asal Kota Pematangsiantar tersebut terdiri dari 17 laki-laki dan 25 orang perempuan. Jemaah calon haji Kota Pematangsiantar akan bergabung dengan Jemaah calon haji Kelompok Terbang (Kloter) IV Sumut. Persiapan jemaah calon haji tersebutpun dipersiapkan secara matang melalui bimbingan dan manasik haji sebanyak enam kali.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA pada Bimbingan dan Manasik Calon Haji Kota Pematangsiantar di gedung serba guna Brimob Kota Pematangsiantar, Senin (30/5/2022) mengaku sangat senang atas keberangkatan 42 orang jemaah calon haji Kota Pematangsiantar tahun ini.

"Saya senang melihat wajah para jamaah calon haji yang sangat cerah dan gembira. Namun saya melihat ada juga Jemaah calon haji yang agak sedikit tegang. Saya mengerti karena mungkin bapak/ibu ada yang sekian kali melaksanakan ibadah haji namun ada juga yang baru pertama kali melaksanakan ibadah haji,"katanya. 

Susanti Dewayani mengingatkan para jemaah calon haji tidak berlebihan membawa barang-barang. Para Jemaah calon haji diharapkan membawa barang-barang seperlunya saja agar tidak merepotkan. 

"Kalau membawa barang-barang terlalu banyak, bapak/ibu Jemaah calon haji bisa repot menghadapi pemeriksaan di bandara. Kalau barang-barang yang dibawa tidak terlalu banyak, hal itu tidak akan menjadi kendala dalam pemeriksaan di bandara,”katanya.

Susanti  Dewayani juga mengingatkan para Jemaah calon haji senantiasa menjaga kesehatan menjelang keberangkatan ke Tanah Suci. Hal itu penting karena kesehatan dan ketahanan fisik yang prima sangat dibutuhkan selama pelaksanaan ibadah haji. 

"Saya mengucapakan selamat kepada bapak/ibu yang memenuhi panggilan Allah untuk melaksanakan Ibadah Haji tahun 2022 ini. Saya mendoakan bapak/ibu menjadi haji dan hajjah yang mabrur dan mabrurah. Tak lupa saya bermohon agar bapak/ibu sekalian mendoakan Kota Pematangsiantar Bangkit dan Maju sehingga terwujud masyarakat yang Sehat, Sejahtera dan Berkualitas,"katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Pematangsiantar, Drs HM Hasbi pada kesempatan tersebut mengatakan, jemaah calon haji Kloter Sumut selama 10-20 Juni 2022 belum menerima jadwal keberangkatan. Karena itu  Kloter Jemaah calon haji Kota Pematangsiantar belum kita ketahui. 

Menurut HM Hasbi, Pemerintah Pusat (Kementerian Agama) masih menyusun Kloter - Kloter se-Indonesia. Kloter se-Indonesia dibagi tiga zona, yaitu Zona Barat, Zona Tengah, dan Zona TImur. Karena itu jemaah calon haji Kota Pematangsiantar diminta bersabar mengenai jadwal keberangkatan.

Dijelaskan, jamaah calon haji Kota Pematangsiantar 2022 akan melakukan manasik haji sebanyak enam kali, yakni tanggal 1-6 Juni 2022. Sebanyak dua kali manasih haji dilaksanakan di tingkat Kota Pematangsiantar dan empat di tingkat kecamatan. 

"Saya berharap Jemaah calon haji Kota Pematangsiantar bisa mengikuti keenam manasik haji tersebut. Hal itu penting agar seluruh Jemaah calon haji Kota Pematangsiantar benar-benar siap menunaikan ibadah haji,"katanya. (Matra/FebP).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA