. Pemudik Apresiasi Penanganan Kepadatan Arus Balik Lebaran di Kota Pematangsiantar | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Pemudik Apresiasi Penanganan Kepadatan Arus Balik Lebaran di Kota Pematangsiantar

Pemudik Apresiasi Penanganan Kepadatan Arus Balik Lebaran di Kota Pematangsiantar

Written By MediaLintasSumatera on Senin, 09 Mei 2022 | 06.47


Personil Polresta Pematangsiantar mengatur lalu lintas arus balik Lebaran Kota Pematangsiantar, Sumut, Sabtu (7/5/2022). (Foto : Matra/HumasPolrestaSiantar).

(Matra, Pematangsiantar) – Kota Pematangsiantar yang merupakan salah satu kota transit terbesar di Sumatera Utara (Sumut) mengalami kepadatan arus lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran (Idul Fitri) 1443 Hijriyah (H), Kamis (28/4/2022) hingga Minggu (8/5/2022). 

Kota Pematangsiantar dipadati pemudik maupun wisatawan tujuan Kota Wisata Parapat, Kabupaten Simalungun, berbagai daerah di Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba dan Karo. Pintu masuk ke Kota Pematangsiantar dari Kota Medan hingga pintu keluar ke Simalungun, Toba dan Karo dipadati kendaraan pemudik selama arus mudik Lebaran.

Namun kepadatan arus lalu lintas mudik dan balik Lebaran di Kota Pematangsiantar tidak sampai melumpuhkan arus lalu lintas. Strategi Polresta Pematangsiantar melakukan rekayasa lalu lintas, membuat jalur alternatif mudik dan kesigapan petugas di lapangan membuat kepadatan arus mudik di kota tersebut bisa diatur hingga lalu lintas lancar. 

Para pemudik yang melintas di Kota Pematangsiantar mengapresiasi keberhasilan jajaran Polresta Pematangsiantar mengurai kemacetan di tengah kepadatan arus mudik dan arus balik Lebaran di kota tersebut. Pengaturan lalu lintas arus mudik tersebut membuat pemudik tidak terlalu lama melintas di tengah kepadatan arus mudik di Kota Pematangsiantar. 

Andi Purba (50), warga Kota Medan yang baru datang dari Kota Wisata Parapat tujuan Medan di Kota Pematangsiantar, Minggu (8/5/2022) mengakui, arus lalu lintas mudik dan balik Lebaran di Kota Pematangsiantar memang padat. Kepadatan arus mudik dan balik membuat kendaraan padat merayap, khususnya di pintu masuk ke Kota Pematangsiantar dari Parapat, yakni Simpang Dua. 

Kemudian beberapa ruas jalan di Kota Pematangsiantar, seperti jalur ke Medan juga dipadati kendaraan pemudik, sehingga arus lalu lintas padat merayap. Namun berkat pengaturan lalu lintas, para pemudik tidak sampai terjebak macet total di Kota Pematangsiantar. 

“Meski arus lalu lintas di sepanjang jalan Kota Pematangsiantar menuju Kota Medan dan Simpang Dua, kota ini padat, namun tidak sampai terjadi kemacetan Panjang. Petugas mengatur arus lalu lintas, sehingga tetap lancar walau agak lambat. Terima kasih kepada petugas Polresta Pematangsiantar dan instasi terkait yang membantu pemudik dengan melakukan pengaturan lalu lintas perjalanan kami lancar,"katanya.

Sementara itu, Kapolresta Pematangsiantar (Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fernando SH, SIK didampingi Wakil Direktur Kriminal Umum Polda Sumut, AKBP Alamsyah P Hasibuan SIK, MH turut terjun langsung mengatur lalu lintas arus balik Lebaran di Pos Pengamanan I Jalan Lintas Kota Medan – Pematangsiantar, Sabtu(7/5/2022).
Kepadatan arus balik Lebaran di Jalan Lintas Kota Medan – Pematangsiantar, Sabtu (7/5/2022) malam. (Foto : Matra/HumasPolrestaSiantar).

Fokus pengaturan lalu lintas arus balik Lebaran dilakukan di Apil BDB Rambung hingga jalan Medan Simpang Sigagak. Pengaturan lalu lintas yang dilakukan pada kesempatan tersebut, yakni, pemberlakuan satu jalur bagi kenderaan yang melintasi Kota Pematangsiantar menuju Medan. 

Untuk mengatur arus lalu lintas tersebut, petugas disebar ke sejumlah titik atau persimpangan yang rawan terjadi kemacetan. Kemudian petugas yang tergabung dalam tim urai dan public address juga diterjunkan memperlancar arus  lalu lintas di sepanjang jalan lintas menuju Kota Medan.

Pada kesempatan tersebut, Fernando dan Alamsyah P Hasibuan juga menghimbau para pemudik mengikuti arahan petugas di lapangan. Para pemudik diminta tetap menggunakan satu jalur dan jangan saling mendahului di tengah kepadatan arus lalu lintas menghindari kemacetan total.

“Berdasarkan pantauan kami di lapangan, arus balik Lebaran di Kota Pematangsuantar mulai dari Simpang Dua atau kedatangan dari arah Parapat hingga pintu keluar menuju Kota Medan cukup padat. Namun berkat kerja sama yang bai kantar seluruh petugas di lapangan dan didukung kedisiplinan para pemudik, kemacetan total arus balik Lebaran di Siantar dapat diatasi,”katanya. (Matra/FebP).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA