. Peringatan Hardiknas di Jambi, Benahi Infrastruktur Pendidikan | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Peringatan Hardiknas di Jambi, Benahi Infrastruktur Pendidikan

Peringatan Hardiknas di Jambi, Benahi Infrastruktur Pendidikan

Written By MediaLintasSumatera on Sabtu, 14 Mei 2022 | 06.39

Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH (tiga dari kiri) dan Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto (dua dari kiri) pada peringatan Hari Pendidikan Nasional 2022 Tingkat Provinsi Jambi di lapangan kantor Gubernur Jambi, Kota Jambi, Jumat (13/5/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui pembenahan-pembenahan infrastruktur (bangunan sarana dan prasarana) pendidikan. Pembenahan insfrastruktur pendidikan itu penting guna menciptakan situasi kondusif pelaksanaan program-program pendidikan. 

“Pemprov Jambi saat ini memfokuskan diri meningkatkan kualitas pendidikan di semua tingkatan. Salah satu di antaranya membenahi infrastruktur pendidikan yang ada saat ini. Bangunan-bangunan Lembaga pendidikan dan sarana prasaranya yang rusak sedang diperbaiki. Kemudian Jambi juga kini mempersiapkan kurikulum yang baik bagi para peserta didik,”kata Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardinas) 2022 Tingkat Provinsi Jambi di lapangan kantor Gubernur Jambi, KotaJambi, Jumat (13/5/2022).

Upacara Hardiknas Tingkat Provinsi Jambi tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi. 

Menurut Al Haris, peningakatn kualitas pendidikan di Jambi saat ini difokuskan pada sekolah menengah. Hal itu dilakukan guna meningkatkan lulusan sekolah menengah, baik sekolah menengah atas maupun sekolah menengah kejuruan. Peningkatan kualitas lulusan SMA penting agar para lulusan bisa masuk ke jenjang perguruan tinggi negeri lebih mudah. Sedangkan peningkatan kualitas lulusan SMK penting agar para lulusannya siap masuk dunia kerja atau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

“Saya berpesan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jambi agar bekerja dengan sungguh - sungguh dan benar benar fokus meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Jambi. Hal ini penting karena pendidikan yang nantinya menentukan kualitas sumber daya manusia Provinsi Jambi,”katanya.

Al Haris mengatakan, Pemprov Jambi juga sangat mendukung Merdeka Belajar yang merupakan program kebijakan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI. Program Merdeka Belajar tentunya sangat membantu Pemprov Jambi Jambi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Jambi.

“Pemprov Jambi akan bekerja sama dengan Pemerintah Pusat meningkatkan kualitas pendidikan di Jambi. Salah satunya melalui program Merdeka Belajar dan kami sangat mendukung program tersebut,”tambahnya.

Sementara itu Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya yang dibacakan Al Haris pada kesempatan tersebut mengatakan, selama dua tahun terakhir pendidikan di Indonesia menghadapi banyak tantangan akibat pandemi Covid-19. Namun semua tantangan tersebut bisa dihadapi melalui berjuangan bersama segenap jajaran pendidikan, pemerintah, orang tua dan siswa.

“Tantangan berat pendidikan di tengah pandemi tersebut  tidak pernah terbayangkan. Namun hari ini kita membuktikan kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan. Kita lebih berani dari rasa ragu. Kita tidak takut mencoba.  Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis terdepan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan,”katanya. 
Gubernur Jambi, H Al Haris (tengah), Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo (kanan) dan Rektor Universitas Jambi (Unja), Prof Drs H Sutrisno, MSc, PHd (kiri) melakukan peletakan batu pertama pembangunan tiga gedung Unja di kampus Unja, Mendalo, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi. (Foto : Matra/KominfoJambi).

Gedung Unja

Sementara itu, seusai peringatan Hardiknas tersebut, Al Haris dengan unsur Forkopimda Provinsi Jambi menghadiri peletakan batu pertama pembangunan gedung Pusat Administrasi Universitas Jambi (Unja), gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan dan gedung Pascasarja Unja di halaman Rektorat Unja, Mendalo, Kabupaten Muarojambi, Jumat (13/5/2022). 

Al Haris pada kesmepatan tersebut mengatakan sangat mengapresiasi Unja yang terus meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan. Pembangunan beberapa gedung yang dilakukan Unja saat ini merupakan wujud tanggung jawab pelayanan dalam bidang pendidikan. 

“Kami berharap  Unja terus berbenah dan mengembangkan diri, sehingga nantinya menjadi Lembaga pendidikan bermutu dan berkualitas yang mampu menghasilkan sumber daya manusia handal menghadapi tantangan zaman,”katanya. 

Menurut Al Haris, perguruan tinggi di Provinsi Jambi harus terus melakukan inovasi dan terobosan. Setiap perguruan tinggi di Jambi hendaknya bisa melakukan inovasi. Inovasi itu bukan hanya sebagai wujud tanggung jawab Tri Dharma Perguruan Tinggi tetapi juga upaya menarik atensi (perhatian) masyarakat terhadap perguruan tinggi. 

Dikatakan, perguruan tinggi memiliki kontribusi besar dalam mempersiapkan sumber daya manusia. Perguruan tinggi memiliki tugas mempersiapkan sumber daya manusia yang adaptif menghadapi revolusi zaman. Kehadiran perguruan tinggi tentunya memiliki dampak positif dalam pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

Al Haris mengharapkan, program Dua Miliar Satu Kecamatan (DUMISAKE) Provinsi Jambi dapat memberikan dampak positif di bidang pendidikan. Pemerintah sangat serius membangun pendidikan di Provinsi Jambi dalam Pilar Jambi Cerdas dan Jambi Pintar. 

“Program tersebut memberikan bantuan pendidikan dan beasiswa bagi keluarga miskin, dosen dan PNS dalam rangka meningkatan kualitas SDM di Jambi,”ujarnya. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA