. Profesionalisme Jurnalis di Pematangsiantar Perlu Ditingkatkan | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Profesionalisme Jurnalis di Pematangsiantar Perlu Ditingkatkan

Profesionalisme Jurnalis di Pematangsiantar Perlu Ditingkatkan

Written By MediaLintasSumatera on Rabu, 25 Mei 2022 | 07.16

Plt Wali Kota Pematangsiantar,  dr Hj Susanti Dewayani, SpA (tiga dari kiri) dan Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Pematangsiantar, Johannes Sihombing, SSTP, MSi (kanan) bersama Pengurus PWI Cabang Kota Pematangsiantar pada pertemuan di kantor Wali Kota Pematangsiantar, Selasa (24/5/2022). (Foto : Matra/KominfoSiantar).

(Matra, Pematangsiantar) – Profesionalisme jurnalis atau insan pers di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut) perlu ditingkatkan guna mendukung percepatan pembangunan Kota Pematangsiantar. Meningkatnya profesionalisme para jurnalis tersebut memiliki peran besar memberikan sosialisasi dan edukasi (pendidikan) mengenai pembangunan Kota Pematangsiantar kepada segenap lapisan masyarakat.  

“Kami mendukung peningkatan profesionalisme insan pers dan media di Kota Pematangsiantar demi peningkatan kontribusi dalam pembangunan kota ini. Sebagai pilar kempat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pers  memiliki peran penting membangun pola pikir masyarakat ke arah yang lebih maju,”kata Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pematangsiantar,  dr Hj Susanti Dewayani, SpA pada pertemuan dengan jajaran Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kota Pematangsintar di kantor Wali Kota Pematangsiantar, Selasa (24/5/2022). 

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Ketua PWI Cabang Kota Pematangsiantar, Surati dan Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Pematangsiantar, Johannes Sihombing, SSTP, MSi.

Menurut Susanti Dewayani, kehadiran pers memiliki peran besar dalam perjuangan dan pembangunan Indonesia sejak zaman perjuangan kemerdekaan hingga saat ini. Karena itu pemerintah senantiasa mengharapkan agar insan pers dan media bekerja lebih professional. Hal itu penting guna menyiarkan informasi yang bisa memberikan pendidikan kepada masyarakat.

Dikatakan, Pemkot Pematangsiantar juga mengharapkan peningkatan kerja sama dengan jajaran pers atau media guna mewujudkan  Siantar Sehat Sejahtera dan Berkualitas. Para jurnalis di Kota Pematangsiantar juga diharapkan bisa memberikan informasi yang baik tentang pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah kota Pematangsiantar.

Susanti Dewayani mengharapkan pers/media dengan Pemkot Pematangsiantar menjadi mitra yang dapat menghasilkan sinkronisasi dan harmonisasi mengenai pemebritaan pembangunan Kota Pematangsiantar. Selain itu Pemkot Pematangsiantar juga berharap pers di Kota Pematangsiantar bisa mengedukasi (mendidik) warga masyarakat agar mendukung visi dan misi pembangunan sesuai harapan masyarakat.

“Sebagai organisasi pers yang sudah cukup lama,  PWI juga hendaknya dapat terus berkolaborasi dan menjalin hubungan yang harmonis dengan Pemkot Pematangsiantar,”katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Kota Pematangsiantar, Surati pada kesempatan tersebut mengatakan, jajaran pers memiliki aturan dan kompetensi mengenai kerja sama dengan pemerintah. Aturan tersebut, yakni Undang-undang (UU) Pers Nomor 40 Tahun 1999. 

UU Pers menyebutkan bahwa sebuah media wajib berbadan hukum dengan status Perusahaan Terbatas (PT). Kemudian pimpinan media wajib memegang kartu lulus kompetensi wartawan dari Dewan Pers dengan kategori utama. Selain itu perusahaan sudah memasukan karyawan jadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dengan gaji sesuai standar upah minimum regional (UMR).

“Kami tetap berupaya melakukan peningkatan kualitas dan profesionalisme jurnalis/pers sesuai dengan peraturan  dan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu jajaran pers di Kota Pematangsiantar juga kami upayakan mendukung pembangunan Kota Pematangsiantar,”katanya.

Sementara Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Pematangsiantar, Johannes Sihombing pada kesempatan tersebut mengatakan, Diskominfo Kota Pematangsiantar juga meningkatkan pembenahan guna memaksimalkan kinerja. 

“Kami berupaya melaksanakan tugas sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dengan melakukan pembenahan kinerja, sikap responsif dan profesional seperti yang diharapkan pimpinan. Kami juga berupaya berupaya mampu  berkolaborasi dan bekerja sama dengan media atau insan pers meningkatkan pemberitaan pembangunan Kota Pematangsiantar,”katanya. 

Dijelaskan, sebagai mitra media dan insan pers, Dinas Kominfo Kota Pematangsiantar akan menyajikan data-data yang akurat untuk pemberitaan yang semakin berimbang. Selanjutnya program kerja Dinas Kominfo Kota Pematangsiantar juga diharapkan memberikan kontribusi mewujudkan Siantar Sehat Sejahtera dan Berkualitas. (Matra/AdeSM/FebP).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA