. Puncak Arus Balik, 5.220 Orang Pemudik Asal Jambi Belum Kembali | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Puncak Arus Balik, 5.220 Orang Pemudik Asal Jambi Belum Kembali

Puncak Arus Balik, 5.220 Orang Pemudik Asal Jambi Belum Kembali

Written By MediaLintasSumatera on Minggu, 08 Mei 2022 | 14.27

Ruas Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera, Desa Pondok Meja, wilayah perbatasan Kota Jambi – Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi masih dipadati pemudik pada hari terakhir puncak arus balik Lebaran, Minggu (8/5/2022) siang. (Foto : Matra/Radesman Saragih).

(Matra, Jambi) – Ribuan pemudik asal Kota Jambi yang mudik ke berbagai kota di Pulau Jawa dan di Sumatera menggunakan bus antar kota antar provinsi (AKAP) maupun antar kota dalam provinsi (AKDP) belum kembali hingga hari terakhir puncak arus balik Lebaran, Minggu (8/5/2022). Sebaliknya pamudik yang datang ke Jambi menggunakan bus umum juga masih banyak yang belum kembali ke daerah asal mereka. 

Koordinator Terminal Bus Alam Barajo, Kota Jambi, Ibrahim kepada medialintassumatera.com (Matra) di Kota Jambi, Minggu (8/5/2022), jumlah pemudik asal Kota Jambi yang sudah kembali atau tiba di Kota Jambi selama arus balik Lebaran, Selasa (3/5/2022) hingga Minggu (8/5/2022) siang baru mencapai 438 orang dengan menggunakan 22 unit bus. 

Jika dibandingkan dengan total pemudik yang meninggalkan Kota Jambi pada Rabu (20/4/2022) hingga Sabtu (30/4/2022) sekitar 5.658 orang, berarti jumlah pemudik asal Kota Jambi yang belum kembali masih ada sekitar 5.220 orang (92,26 %).

Para pemudik yang menggunakan bus AKAP dari pulau Jawa atau kota-kota lain di wilayah Sumatera diperkirakan masih dalam perjalanan hingga Minggu (8/5/2022) siang. Sedangkan pemudik asal Kota Jambi yang akan kembali dari daerah kabupaten dengan menggunakan bus AKDP diperkirakan baru berangkat Minggu (8/5/2022).

Dijelaskan, pemudik yang tiba di Kota Jambi pada arus balik Lebaran mulai 3 – 8 Mei 2022 mencapai 438 orang dengan bus 22 unit. Sedangkan pemudik yang berangkat dari Kota Jambi pada arus balik mulai 2 – 7 Mei 2022 mencapai 1.103 orang dengan bus 39 unit. 

Sedangkan pemudik yang berangkat dari Kota Jambi pada arus mudik Lebaran mulai 20 – 30 April 2022 mencapai 5.658 orang dengan armada bus sebanyak 211 unit. Kemudian yang datang di Kota Jambi pada arus mudik pada waktu yang sama sekitar 1.849 orang dengan menggunakan bus 123 unit. 

“Jadi pemudik dari Kota Jambi belum semuanya balik. Dari sekitar 5.658 orang pemudik yang berangkat melalui terminal Alam Barajo Kota Jambi 20 – 30 April 2022 yang sudah balik hingga Minggu (8/5/2022) siang baru sekitar 438 orang. Sekitar 5.220 orang diperkirakan tiba di Jambi Minggu (8/5/2022) malam hinggga Senin (9/5/2022) pagi ,”katanya.

Mengenai arus balik dari Kota Jambi ke berbagai kota di Pulau Jawa dan daerah lain di Sumatera, Ibrahim mengatakan, total pemudik yang sudah balik atau kembali dari Kota Jambi mulai 2 – 7 Mei 2022 mencapai 1.103 orang.  Bila dibandingkan dengan jumlah pemudik yang datang ke Jambi 20 – 30 April 2022 sekitar 1.849 orang, maka pemudik yang belum kembali dari Kota Jambi masih ada sekitar 746 orang. 

“Jadi total pemudik yang datang ke Jambi sejak 20 April hingga 7 Mei 2022 mencapai 2.287 orang. Sedangkan pemudik yang berangkat dari Jambi dalam kurun waktu yang sama sekitar 6.761 orang. Masih lebih banyak pemudik yang berangkat dibandingkan yang kembali ke Jambi selama arus mudik dan balik Lebaran,”katanya.
Truk sudah banyak yang mencuri start beroperasi di Jalintim Sumatera, Kota Jambi, Minggu (8/5/2022).  Padahal sesuai aturan pemerintah, truk dilarang beroperasi selama arus mudik/balik Lebaran, mulai Kamis (28/4/2022) hingga Senin (9/5/20202). (Foto : Matra/Radesman Saragih). 

Sementara itu pantauan medialintassumatera.com (Matra) di Kota Jambi, pemudik yang kembali (balik) ke Kota Jambi hingga Minggu (8/5/2022) banyak yang tidak tercatat. Hal tersebut diebabkan para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun travel (mobil carteran/sewa) tidak tercatat di pos komando mudik. 

Kemudian pemudik yang balik ke Kota Jambi menggunakan bus juga banyak yang tidak tercatat. Hal tersebut disebabkan bus arus balik ke Kota Jambi banyak yang tidak melapor ke Pos Pengamanan dan Pelayanan Arus Mudik Lebaran di Terminal Alam Barajo, Kota Jambi. 

Pantauan medialintassumatera.com (Matra) di beberapa loket bus antar kota antar provinsi (AKAP), Jalan Pattimura, bus menurunkan penumpang di loket, bukan di terminal bus Alam Barajo. Hal tersebut membuat penumpang bus balik Lebaran yang tiba di Kota Jambi tidak terdata.

Jalintim Ramai 

Sementara itu, ruas Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera di pintu keluar Kota Jambi menuju wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Lampung dan Jakarta masih dipadati pemudik hingga hari terakhir puncak arus balik, Minggu (8/5/2022) siang. 

Kepadatan arus balik di ruas Jalintim Sumatera wilayah Kota Jambi terjadi mulai sekitar pukul 08.00 WIB. Kendaraan pemudik yang memadati ruas Jalintim Sumatera di pintu keluar Kota Jambi tersebut datang dari arah Provinsi Riau, Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh menuju Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Lampung, DKI Jakarta dan berbagai kota di Jawa. 

Pantauan medialintassumatera.com (Matra) di ruas Jalintim Sumatera, wilayah pintu keluar Kota Jambi, yakni Desa Pendok Meja, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi, Minggu (8/5/2022) sekitar pukul 10.30 WIB, jumlah kendaraan pemudik yang melintas menuju arah Sumsel, Lampung dan Jakarta sangat ramai. 

Dalam waktu sekitar tiga puluh menit saja, sedikitnya ada 50 unit mobil pribadi pemudik yang keluar dari Kota Jambi menuju Sumsel, Lampung dan Jakarta di ruas Jalintim Sumatera, Desa Pondok Meja, Muarojambi. Kendaraan pemudik tersebut didominasi pelat B (wilayah DKI Jakarta). Baik itu kendaraan pribadi maupun travel (carteran) seperti bus ukuran sedang Blue Bird. 

Kemudian banyak juga kendaraan pemudik dengan nomor pelat BG (Sumsel) dan BE (Lampung). Selain itu ada juga puluhan kendaraan pemudik asal Bogor, Jawa Barat dengan pelat F, Banten (A) dan bahkan kendaraan pemudik pelat Sumatera Barat (BA). 

Sebaliknya kendaraan pemudik yang datang dari arah Jakarta menuju Pekanbaru, Riau dan Sumut juga cukup ramai melintas di ruas Jalaintim Sumatera Desa Pondok Meja, atau perbatasan Kota Jambi – Kabupaten Muarojambi tersebut. Kendati kendaraan pemudik cukup ramai, namun arus balik di ruas Jalintim Sumatera, perbatasan Kota Jambi – Muarojambi cukup lancar.   

Seorang petugas Pos Pengamanan (Pospam) Operasi Ketupat Siginjai 2022, Paal X, Kotabaru, Kota Jambi, R Panggabean mengatakan, kepadatan arus balik dari wilayah Sumatera menuju Jakarta dan berbagai Kota di Jawa sudah terjadi sejak Jumat (6/5/2022). Puncak arus balik di ruas Jalintim Sumatera wilayah Kota Jambi – Muarojambi terjadi sejak Sabtu (7/5/2022). 

“Hari terakhir puncak arus balik dari Sumatera ke Sumsel, Lampung, Banten, Jawa Barat dan Jakarta melalui Jalintim Sumatera di Kota Jambi terjadi hari ini, Minggu (8/5/2022),”katanya.  

Sementara arus balik dari wilayah Sumatera Barat ke Jambi hingga Sabtu (7/5/2022) juga meningkat drastis. Menurut Kapolres Tebo, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fitria Mega mengatakan, jumlah kendaraan pemudik asal Sumbar yang balik ke Jambi hingga Sabtu (7/5/2022) sudah mencapai 30 %. 

Hal tersebut tampak dari kepadatan kendaraan pemudik yang datang dari Sumbar – Kabupaten Bungo menuju Kota Jambi di ruas ruas jalan lintas Bungo – Tebo. Kepadatan arus balik tersebut tidak hanya  pemudik yang menggunakan mobil pribadi tetapi juga bus rute Padang, Sumbar – Kota Jambi. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA