. Susanti Dewayani Sidak Puskesmas Aek Nauli Pematangsiantar, Pelayanan Buruk | MediaLintasSumatera
Home » , , » Susanti Dewayani Sidak Puskesmas Aek Nauli Pematangsiantar, Pelayanan Buruk

Susanti Dewayani Sidak Puskesmas Aek Nauli Pematangsiantar, Pelayanan Buruk

Written By MediaLintasSumatera on Jumat, 13 Mei 2022 | 19.29

Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr  Hj Susanti Dewayani, SpA (dua dari kanan) berdialog dengan seorang pasien ketika melakukan sidak ke Puskesmas Aek Nauli Kecamatan Siantar Selatan, Kota Pematangsiantar, Jumat (13/5/2022). (Foto : Matra/KominfoSiantar).

(Matra, Pematangsiantar) – Warga Kota Pematangsiantar mengeluhkan buruknya pelayanan Puskesmas Aek Nauli Kecamatan Siantar Selatan, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut). Keluhan mengenai buruknya pelayanan puskesmas tersebut terungkap ketika Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pematangsiantar, dr  Hj Susanti Dewayani, SpA melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Puskesmas Aek Nauli Kecamatan Siantar Selatan, Kota Pematangsiantar, Jumat (13/5/2022). 

Turut hadir pada sidak tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota (Pemkot) Pematangsiantar, Budi Utari, AP, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar, dr Ronald H Saragih dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Drs Robert Samosir. 

Susanti Dewayani pada kesempatan itu mengatakan, pihaknya melakukan sidak ke Puskesmas Aek Nauli setelah mendapatkan banyak laporan warga masyarakat mengenai buruknya pelayanan kesehatan  di puskesmas tersebut. Salah satu laporan warga masyarakat tersebut, yakni sikap kepala puskesmas dan pegawainya yang sering terlambat membuka pelayanan kepada warga. 

“Kami mendapatkan banyak laporan mengenai buruknya pelayanan Puskesmas Aek Nauli Siantar Selatan ini. Di antaranya, waktu buka puskesmas ini tidak tepat waktu. Pegawai puskesmas sering terlambat melakukan pelayanan dan dokter sering tidak ada,”katanya.

Laporan warga masyarakat itu ternyata terbukti. Ketika Susanti Dewayani melakukan sidak ke Puskesmas Aek Nauli Siantar Jumat (13/5/2022) pukul 09.00 WIB, pintu puskesmas masih tertutup. Para pegawai puskesmas juga belum ada yang datang. Sementara warga yang hendak berobat sudah banyak menunggu di puskesmas tersebut. 

Sementara itu pada sidak tersebut, Susanti Dewayani langsung melakukan pertemuan mendadak dengan Kepala Puskesmas Aek Nauli Siantar Selatan dan para pegawainya. Pada pertemuan tersebut, Susanti Dewayani seluruh jajaran pimpinan dan pegawai Puskesmas Aek Nauli Siantar Selatan meningaktkan disiplin kerja dalam rangka memperbaiki pelayanan kesehatan kepada warga masyarakat. 

"Saya dapat laporan dari warga, Puskesmas Aek Nauli ini sering terlambat buka dengan alasan pegawai belum masuk. Keadaan seperti ini jangan sampai terulang lagi. Saya meminta seluruh jajaran Puskesmas Aek Nauli ini bekerja dengan hati melayani masyarakat. Bila pimpinan dan pegawai tidak disiplin, sering terlambat hadir, tentunya pelayanan kesehatan di puskesmas ini akan terganggu. Padahal warga masyarakat yang berobat butuh penanganan cepat,”katanya.
  
Susanti Dewayani juga meminta jajaran petugas kesehatan di Puskesmas Aek Nauli Siantar mengutamakan keselamatan pasien. Pelayanan terhadap pasien harus dilakukan senyum agar mereka pasien merasa senang dan dihargai.

Kemudian, tambahnya, para pegawai dan dokter puskesmas tersebut juga harus memakai pakaian medis ketika bertugas memberikan pelayanan kesehatan agar masyarakat mengenal para petugas kesehatan di puskesmas tersebut. 

“Saya juga meminta Kepala Puskesmas Aek Nauli menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan puskesmas karena hal terebut dapat membuat pasien yang berobat lebih nyaman,”katanya.

Menanggapi saran-saran dan permintaan Plt Wali Kota Pematyangsiantar, Susanti Dewayani tersebut, Kepala Puskesmas Aek Nauli Siantar Selatan beserta seluruh pegawainya berjanji akan menjalankan tugas dengan baik dan memberikan pelayanan kepada masyarakat sebaik - baiknya. (Matra/AdeSM/FebP). 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA