. Bangun Gedung Senilai Rp 24,1 Miliar, Polda Jambi Diminta Berikan Pelayanan Prima | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Bangun Gedung Senilai Rp 24,1 Miliar, Polda Jambi Diminta Berikan Pelayanan Prima

Bangun Gedung Senilai Rp 24,1 Miliar, Polda Jambi Diminta Berikan Pelayanan Prima

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 21 Juni 2022 | 18.17

Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH (kiri depan) disaksikan Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo, SIK, MIK (tiga dari kanan) melakukan peletakan batu pertama Gedung Siginjai Sakti Wira Bhakti Polda Jambi di sebelah lapangan Markas Polda (Mapolda) Jambi, Thehok, Kota Jambi Selasa (21/06/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi)

(Matra, Jambi) –  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi memberikan hibah sekitar Rp 24,1 miliar untuk pembangunan gedung perkantoran Polda Jambi. Hibah pembangunan perkantoran Polda Jambi yang disebut Gedung Siginjai Sakti Wira Bhakti tersebut dialoksikan melalui Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi tahun anggaran 2022. 

Pembangunan Gedung Siginjai Sakti Wira Bhakti Polda Jambi pada areal 2.700 meter persegi di sebelah lapangan Markas Polda (Mapolda) Jambi, Thehok, Kota Jambi dimulai dengan peletakan batu pertama, Selasa (21/06/2022). Peletakan batu pertama pembangunan gedung Polda Jambi tersebut dilakukan Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH dan Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo, SIK, MIK.

Turut hadir pada peletakan pertama Gedung Siginjai Sakti Wira Bhati Polda Jambi tersebut, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara, Kasrem 042/Garuda Putih (Gapu) Jambi, Kolonel Inf M. Yamin Dano, Wakapolda Jambi, Brigjen Pol Yudawan R, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jambi,  Prof Dr. Hadri Hasan dan tokoh Masyarakat Jambi, Dr Umar Yusuf.

Al Haris pada kesempatan tersebut mengatakan, pembangunan Gedung  Siginjai Sakti Wira Bhakti Polda Jambi menjadi salah satu dorongan bagi jajaran Polda Jambi lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi terus mendukung dan membantu setiap instansi vertikal dalam kondisi baik, tidak terkecuali Polda Jambi. 

Dukungan dan bantuan tersebut diberikan, lanjutnya guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya perlindungan keamanan.  Seluruh warga masyarakat Jambi mengharapkan pembangunan Gedung Siginjai Sakti Wira Bhakti Polda Jambi menjadi motivasi tersendiri bagi kepolisian dalam meningkatkan dan terus memberikan pelayanan terbaiknya bagi masyarakat, serta lebih mempermudah masyarakat dalam berbagai urusan.

“Kita mengharapkan proses pembangunan Gedung Siginjai Sakti Wira Bhakti Polda Jambi ini berjalan lancar dan sukses. Pembangunan gedung ini juga hendaknya bisa mewujudkan komitmen Polda Jambi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Jambi,”tambahnya.
Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH (kiri depan), Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo, SIK, MIK (kanan depan) beserta pejabat terkait pada peletakan batu pertama Gedung Siginjai Sakti Wira Bhakti Polda Jambi di sebelah lapangan Markas Polda (Mapolda) Jambi, Thehok, Kota Jambi Selasa (21/06/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi)

Pelayanan Prima 

Al Haris lebih lanjut mengatakan, jajaran Polri sebagai aparat negara dengan tugas dan wewenangnya yang meliputi kegiatan pencegahan (preventif) dan penegakan hukum (represif), senantiasa membangun dan mengembangkan kepolisian agar mampu menjawab tantangan dan harapan masyarakat serta perkembangan lingkungan strategis yang dinamis.

Dikatakan, pembangunan dan perkembangan Polri hendaknya selaras dengan perubahan yang terjadi di masyarakat dan arah kebijakan daerah dan nasional. Dengan demikian Polri dapat memberikan pelayanan publik yang prima dan optimal kepada masyarakat. 

“Pengembangan sarana dan prasarana di lingkungan kepolisian menunjukkan wujud komitmen dan tekad kepolisian meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat,”ujarnya.

Al Haris juga mengharapkan pembangunan sarana dan prasarana  Polda Jambi tersebut dapat diiringi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Baik kualitas SDM secara hard skill (kekuatan) maupun soft skill (keahlian). Evaluasi harus terus dilakukan untuk memperbaiki berbagai kekurangan agar pelayanan lebih meningkat di masa mendatang. 

“Perbaikan pelayanan Polri kepada masyarakat menjadikan wajah Polri dan juga lembaga pemerintah lainnya akan lebih bersahabat, lebih memasyarakat dan pelayanan semakin berkualitas,”tandasnya.

Sementara itu, Kapolda Jambi, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo pada kesempatan tersbeut mengatakan, pembangunan Gedung Siginjai Sakti Wira Bhakti Polda Jambi merupakan dana hibah Pemprov Jambi melalui Bidang CiptaKarya Dinas PUPR Provinsi Jambi. Total dana pembangunan gedung  dengan seluruh meubelair (kelengkapan properti) gedung tersebut mencapai Rp 24,1 miliar.

Dijelaskan, Gedung Siginjai Sakti Wira Bhakti Polda Jambi yang akan dibangin, yakni basement (lantasi dasar) sebagai areal parkir, ruang kantor bidang Propam Polda Jambi, ruang perpustakaan, ruang tahanan, ruang rapat, aula Siginjai Sakti Wira Bhakti dan area outdoor (luar ruangan). Tema atau konstruksi bangunan tersebut mengusung ciri adat Melayu Jambi.

A Rachmad Wibowo mengharapkan, pembangunan Gedung Siginjai Sakti Wira Bhakti Polda Jambi bisa lancer tanpa ada hambatan dan rintangan. Dengan demikian pembangunan gedung tersebut dapat selesai sesuai rencana dengan hasil yang baik dan tepat waktu. 

"Kami berharap, kehadiran gedung baru Polda Jambi ini nantinya dapat meningkatkan pelayanan jajaran Polda Jambi kepada masyarakat Jambi. Semoga kerja sama kita dengan pengembang juga bisa menghasilkan bangunan gedung yang berkualitas, sehingga bisa menambah kenyamanan bekerja,”katanya. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA