. Gubernur Jambi : Hanya Jurnalis Berkompeten yang Mampu Bertahan Hadapi Persaingan | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Gubernur Jambi : Hanya Jurnalis Berkompeten yang Mampu Bertahan Hadapi Persaingan

Gubernur Jambi : Hanya Jurnalis Berkompeten yang Mampu Bertahan Hadapi Persaingan

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 30 Juni 2022 | 07.02

Ketua SPS Cabang Jambi, Munawir (kanan) memberikan bingkisan foto kenangan kepada Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH (kiri) pada seminar perusahaan pers di rumah dinas Gubernur Jambi, Rabu (29/6/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi)

(Matra, Jambi) - Seluruh jurnalis dan insan pers di Provinsi Jambi diharapkan terus berupaya meningkatkan kompetensi dan kualitas diri. Hal itu penting karena hanya jurnalis berkompeten dan berkualitas yang mampu bertahan menghadapi persaingan ketat dunia pers di masa kini dan mendatang.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH pada seminar nasional bertajuk “Tantangan dan Solusi Perusahaan Pers di Era Disrupsi Pasca Pandemi Covid-19” di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Rabu (29/6/2022).

Seminar yang diselenggarakan Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Jambi tersebut dihadiri puluhan insan pers dan pengusaha penerbitan pers di Jambi. Turut hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) SPS Nasional, Asmono Wikan, Ketua Dewan Pertimbangan SPS Cabang Jambi, Anthony Zeidra Abidin dan Ketua SPS Cabang Jambi, Munawir.

Al Haris pada kesmepatan tersebut mengajak insan-insan pers untuk terus konsisten menerapkan kode etik jurnalistik seiring dengan era Industri 4.0 dan era digital saat ini. Kendati pers harus berusaha menjadi yang tercepat dalam menyajikan berita dengan berbagai platform digital, namun pers jangan sampai mengorbankan ketepatan data dan kualitas materi berita.

Dikatakan, pers memiliki kontribusi besar dalam sejarah perjalanan bangsa dan negara Indonesia. Pers memiliki peran besar memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sementara di era pembangunan bangsa saat ini, banyak berita yang diproduksi pers turut berperan mencerdaskan kehidupan bangsa. 

“Jadi pers merupakan salah satu pilar dalam pembangunan nasional yang turut berkontribusi memajukan pembangunan bangsa dan negara. Karena itu insan pers harus tetap menjaga kualitas dan etika profesi,”katanya.

Al Haris mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi siap melakukan kolaborasi (kerja sama) dengan SPS Cabang Jambi membangun negeri ini, khususnya Provinsi Jambi. Melalui kerja sama tersebut, Pemprov Jambi diharapkan bisa melakukan percepatan pembangunan serta memulihkan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covdi-19. 
Sekjen SPS Nasional, Asmono Wikan (dua dari kiri), Gubernur Jambi, Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH (tiga dari kiri) dan Ketua SPS Cabang Jambi, Munawir (dua dari kanan) pada seminar nasional serikat perusahaan pers di rumah dinas Gubernur Jambi, Rabu (29/6/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi)

Bantu UMKM

Dikatakan, sejak Maret 2020, seluruh daerah di Indonesia, termasuk Jambi  dihadapkan dengan pandemi Covid-19. Penangggulangan pandemi merupakan tantangan yang sangat sulit bagi semua lapisan masyarakat, swasta dan pemerintah. Baik tantangan kehidupan ekonomi maupun sosial. 

“Pandemi Covid-19 yang melanda dunia dua tahun terakhir mempengaruhi semua sektor kehidupan. Kita semua tidak memilih menyerah dengan keadaan ini, melainkan kita harus bangkit dengan adaptif, berusaha melakukan pemulihan ekonomi,”tegasnya.

Al Haris menegaskan, SPS cabang Jambi harus turut serta membina Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), terutama anak muda di Provinsi Jambi. Hal itu bisa dilakukan melalui pemberitaan maupun bantuan usaha. Pemprov Jambi mendukung penuh kegiatan SPS Cabang Jambi, termasuk kegiatan kerja sama mengembangkan UMKM. SPS Cabang Jambi hendaknya bisa membuat nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan pihak terkait pembinaan UMKM.

Dikatakan, pihaknya sangat mengapresiasi peran pers yang turut berkontribusi dalam upaya pemulihan ekonomi daerah dan nasional melalui pemberitaan yang konstruktif. Salah satu di antaranya pemberitaan-pemberitaan mengenai upaya penanganan Covid-19. Saat Pandemi Covid-19, pers tetap bekerja dan menjadi garis terdepan di bidang pemberitaan.

 “Saya mengajak pers menggaungkan harapan dan menebar optimisme melalui berita-berita yang dihasilkannya. Pers juga kami harapkan menjadi bagian dari solusi terhadap berbagai permasalahan negeri. Hal itu penting membantu masyarakat, daerah dan negara kita agar bisa terus melangkah ke arah yang lebih baik,”katanya.

Sementara itu, Ketua SPS Cabang Jambi, Munawir pada kesempatan tersebut melaporkan, seminar nasional ini dilaksanakan dalam rangka menyambut usia ke-76 tahun SPS. Seminar tersebut bertajuk “Jurnalisme Berkualitas dan Bisnis Pers Berkelanjutan di Era Digital”.

Dikatakan, berdasarkan kajian SPS, pers akan runtuh jika bisnisnya tidak sehat. Karena itu kolaborasi antar perusahaan - perusahaan pers dengan seluruh entitias bisnis pers, stakeholder (pemangku kepentingan) dan pemerintah harus terus dibangun.

“Pers yang sehat memiliki peran yang penting membangkitkan ekonomi, membangun kehidupan yang demokratis serta mempercepat pemulihan ekonomi, termasuk di Provinsi Jambi,”katanya. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA