. Pelantikan Massal Kepala Desa di Merangin, Kepala Desa Jangan Gonta-ganti Isteri dan Terlibat Korupsi | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , , » Pelantikan Massal Kepala Desa di Merangin, Kepala Desa Jangan Gonta-ganti Isteri dan Terlibat Korupsi

Pelantikan Massal Kepala Desa di Merangin, Kepala Desa Jangan Gonta-ganti Isteri dan Terlibat Korupsi

Written By MediaLintasSumatera on Rabu, 15 Juni 2022 | 06.59

Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH (sembilan dari kiri), anggota DPD RI, Hj Elviana (delapan dari kiri) dengan para kepala desa se-Kabupaten Marangin yang dilantik di kantor Bupati Merangin, Provinsi Jambi, Selasa (14/6/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Merangin) – Tabiat buruk oknum-oknum kepala desa yang kerap mencoreng wajah aparatur pemerintahan seperti korupsi dana desa dan gonta-ganti isteri harus betul-betul dikikis habis. Hal itu penting agar kepala desa bisa benar-benar menunaikan pengabdiannya dengan baik dan tidak sampai tersandung pelanggaran hukum selama menjalankan tugas. 

Hal itulah yang diharapkan Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH dari 169 orang kepala desa terpilih di Merangin yang dilantik Bupati Merangin, H Mashuri di kantor Bupati Merangin, Provinsi Jambi, Selasa (14/6/2022). Al Haris secara khusus menghadiri pelantikan serentak kepala desa di Merangin tersebut karena memiliki keterikatan emosional dengan Kabupaten Merangin.

Sebelum menjabat Gubernur Jambi tahun 2021, Al Haris menjadi Bupati Merangin selama dua periode, yakni  periode 2013 – 2018 dan 2018 – 2021. Selain itu, Al Haris juga secara khusus menghadiri pelantikan kades se-Kabupaten Merangin tersebut untuk memberikan nasehat-nasehat kepada para kepala desa yang baru. 

Nasehat dari mantan Bupati Merangin tersebut penting agar para kepala desa yang dilantik benar-benar bekerja dengan maksimal memajukan desa masing-masing dan memegang teguh nilai-nilai etika dan moral selama menunaikan tugas mereka.

Pada kesempatan tersebut, Al Haris mengingatkan 169 orang kepala desa yang baru dilantik menjaga kerukunan rumah tangganya dengan baik agar bisa menjadi panutan warganya. Jika para kepala desa sudah bisa menjadi contoh dan teladan kepada warganya, tentunya mereka akan jadi pemimpin yang baik.
 
‘’Jangan sampai ada kepala desa yang gonta – ganti isteri. Pada tahun pertama menjabat, kepala desa masih bersama isteri pertama. Kemudian masuk tahun kedua, sang kepala desa sudah ganti isteri. Tolong para isteri kepala desa, awasi betul suaminya dalam bekerja dan memimpin desa agar tidak sampai melenceng,’’tegasnya.
 
Al Haris juga meminta para kepala desa di Merangin yang baru dilantik segera merangkul lawan politik dan timnya yang kalah pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2022. Para kepala desa jangan sampai membeda-bedakan dan pilih kasih kepada warga desa hanya karena perbedaan pilihan pada  pemilihan kepala desa.
Bupati Merangin, H Mashuri (kiri) memberikan penghargaan kepada kepala desa berprestasi pada pelantikan 169 orang kepala desa se-Kabupaten Marangin di kantor Bupati Merangin, Provinsi Jambi, Selasa (14/6/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

Bawa Perubahan

Al Haris pada kesempatan tersebut juga meminta para kepala desa yang baru dilantik di Kabupaten Merangin harus membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi. Para kepala desa harus bekerja sungguh - sungguh dan bekerja mengikuti aturan dan undang undang yang berlaku.

“Dalam memanfaatkan dana desa, alokasi dana desa dan semua anggaran desa, para kepala desa harus benar-benar memegang teguh prinsip efektif, efisien, transparan dan akuntabel,”katanya. 

Al Haris mengingatkan agar para kepala desa yang baru dilantik bisa bekerja sama dengan baik dengan semua elemen masyarakat, merangkul semua kalangan untuk bersama - sama dalam membangun desa. 

“Begitu juga dalam penyusunan program, pelaksanaan program sampai pada pengawasan dan evaluasi, harus selaras dengan program kabupaten, provinsi, dan nasional,”ujarnya.

Al Haris mengapresiasi pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak 2022 di Kabupaten Merangin yang berlangsung damai, aman dan tertib. Hal tersebut tak terlepas dari bekerja keras dan kontribusi semua pihak yang terlibat dalam pemilihan kepala desa, termasuk dukungan warga masyarakat desa.

“Saya mengapresiasi partisipasi masyarakat yang sangat tinggi dalam menggunakan hak pilihnya pada pemilihan kepala desa. Berdasarkan laporan Bupati Merangin, persentase rata-rata partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya mencapai angka 87 %. Bahkan ada yang mencapai 100% di sembilan desa,”katanya. 

Menurut Al Haris, para kepala desa yang baru dilantik di Merangin  haru mampu meningkatkan kemajuan desa dan perekonomian masyarakat desa secara signifikan. Kades juga harus mendengarkan dan dengan cepat mencari solusi isu - isu yang berkembang ditengah masyarakat dengan duduk bersama sama.

Sebagai Pembina Lembaga Adat Desa, lanjut Al Haris, para kepala desa harus terus berupaya melestarikan adat, termasuk melakukan sosialisasi dan edukasi nilai-nilai adat dan budaya kepada generasi muda. Para kepala desa juga perlu menggunakan pendekatan adat dan budaya meredakan dan menyelesaikan masalah manakala ada perselisihan kecil di tengah bermasyarakat desa.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Desa RI yang diwakili Direktur Penataan Andministrasi Pemerintahan Desa, Aferi Syamsidar Fudail pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya salut terhadap kebijakan Pemkab Merangin yang bisa menggelar pemilihan dan pelantikan kepala desa secara serentak dengan aman dan tertib. 
 
“Saya juga salut karena para kepala desa yang dilantik sekaligus dikukuhkan mendapat gelar adat dan menjadi ketua lembaga adat desa. Ini akan menjadi percontohan bagi desa-desa lainnya di Indonesia dan menjadi bahan laporan saya kepada Pak Menteri Dalam Negeri,’’ujarnya.

Sementara itu, Bupati Merangin, H Mashuri pada kesempatan tersebut mengatakan, para kepala desa yang baru dilantik hendaknya menjaga kepercayaan dan amanah dari masyarakat dengan bekerja secara sungguh sungguh dalam upaya memajukan desa. 

“Saya mengharapkan kades terpilih benar benar menjaga amanah dan melayani sepenuh hati melayani masyarakat. Tunaikan tugas setulus hati dan ikhlas untuk masyarakat. Pengabdian ini merupakan ibadah dan jadi ladang amal bagi kita,’’ katanya.

Pelantikan kepala desa secara serentak di Kabupaten Merangin, Jambi tersbeut juga dihadiri anggota DPD RI, Hj Elviana, Mantan Bupati Merangin, H Nalim, Sekda Merangin, Fajarman dan para akademisi.  Tampak  juga hadir Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hj Hesti Haris, Ketua DPRD Merangin, H Herman Effendi serta para pejabat Pemprov Jambi dan Pemkab Merangin. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA