. Perusahaan Batu Bara Bangun Pelabuhan di Sungai Batanghari | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Perusahaan Batu Bara Bangun Pelabuhan di Sungai Batanghari

Perusahaan Batu Bara Bangun Pelabuhan di Sungai Batanghari

Written By MediaLintasSumatera on Sabtu, 11 Juni 2022 | 07.22

Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH (depan) menandatangani prasasti peresmian pelabuhan sungai di Desa Teluk Jambi, Kecamatan Taman Rajo, Muaro Jambi, Jumat (10/06/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Muarojambi) – Perusahaan PT Surya Global Makmur (SGM) yang bergerak di bidang pertambangan batu bara membangun pelabuhan di Sungai Batanghari wilayah Desa Teluk Jambi, Kecamatan Taman Rajo, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi. 

Pembangunan pelabuhan tersebut dimaksudkan mempermudah pengangkutan batu bara melalui jalur air atau sungai. Kemudian pembangunan pelabuhan tersebut juga mempermudah akses ke desa – desa terisolir di kawasan Sungai Batanghari, Kabupaten Muarojambi.

Peresmian pelabuhan di Sungai Batanghari tersebut dilakukan Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH di Desa Teluk Jambi, Kecamatan Taman Rajo, Muaro Jambi, Jumat (10/06/2022). Bersamaan dengan peresmian pelabuhan sungai itu, diresmikan juga Masjid Nameira Hamidah di sekitar pelabuhan tersebut. 

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo, SIK, MIK, Penjabat (Pj) Bupati Muarojambi, Bachyuni  Deliansyah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi dan manajemen PT SGM. 

Kemudian hadir juga Mantan Kapolri, Jenderal Pol (Purn) Drs H Badrodin Haiti, Irjen Pol (Purn) Drs Satriya Hari Prasetya, Letnan Jenderal TNI (Purn) Hotmangaradja Pandjaitan dan Mayor Jenderal TNI (Purn) Bambang Suranto.

Al Haris pada kesempatan tersebut mengatakan, pembangunan pelabuhan di Sungai Batanghari yang dilakukan pihak swasta tersebut penting menambah sarana infrastruktur pelabuhan di Provinsi Jambi. Kehadiran pelabuhan tersebut dapat meningkatkan konektivitas antar suatu daerah. 

“Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan PT Surya Global Makmur membangun pelabuhan beserta sarana dan prasarananya. Pelabuhan tersebut penting melayani angkutan penyeberangan sungai untuk kepentingan sendiri ataupun masyarakat sekitar,”ujarnya.

Menurut Al Haris, Provinsi Jambi memiliki banyak potensi sumber daya alam dan hasil komoditas perkebunan dan pertanian yang cukup besar. Sumber daya yang melimpah tersbeut memerlukan suatu outlet (pintu gerbang) menuju daerah tujuan atau pusat perdagangan, baik melalui jalur darat maupun jalur air. 

“Guna memperlancar konektivitas dan meningkatkan kecepatan dalam pengiriman komoditas tersebut, PT SGM telah turut berpartisipasi membangun sarana dan prasarana pelabuhan. Tentunya keberadaan pelabuhan ini sangat penting bagi aktivitas perusahan itu sendiri. Selain itu juga dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar serta dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar,”tutur Al Haris.

Al Haris mengatakan, Pemprov Jambi saat ini sedang membangun pelabuhan samudera, Pelabuhan Ujungjabung di pantai timur Jambi, Kabupaten Tanjungjabung Timur. Pelabuhan tersbeut penting untuk kegiatan ekspor – impor Jambi. 

Saat ini, katanya, pelabuhan tersebut sedang dibangun Kementerian Perhubungan. Pemprov Jambi mengharapkan pembangunan pelabuhan tersebut dapat selesai dan beroperasional dalam beberapa tahun mendatang.

Dikatakan, pembangunan pelabuhan Ujung Jabung tersebut sangat sejalan dengan beberapa kegiatan proyek strategis nasional di Provinsi Jambi. Proyek nasional strategis tersebut, pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Provinsi Jambi.

Pemprov Jambi sudah menetapkan lokasi atau jalur pembangunan JTTS tersebut. Kini tahapan pembangunan JTTS di Jambi masih dalam proses pembebasan lahan yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Proyek strategis nasional tersebut penting mendukung pengembangan kawasan industri Kemingking, Kabupaten Muarojambi. 

“Semoga rencana pembangunan JTTS dan seluruh proyek nasional strategis tersebut dapat membangkitkan pusat-pusat kegiatan dan kawasan ekonomi baru di Provinsi Jambi,”katanya.

Dikatakan, semakin terbukanya daerah yang terhubung dengan pusat-pusat proyek strategis nasional kegiatan tersebut pada akhirnya dapat menjadi pemicu untuk meningkatkan investasi di Provinsi Jambi. 

“Jadi keterlibatan pihak swasta membangun Jambi juga akan berdampak positif terhadap percepatan pembangunan. Saya mengharapkan, pelabuhan yang dibangun PT Surya Global Makmur dapat berfungsi meningkatkan perekonomian masyarakat Jambi,”ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo pada kesempatan tersebut mengatakan, pembangunan pelabuhan di Sungai Batanghari tersebut menjadi salah satu solusi mengatasi masalah angkutan batu bara yang hingga kini masih menggunakan jalan nasional.

Penggunaan jalan nasional dalam pengangkutan batu bara di Jambi hingga kini sering mengundang protes masyarakat karena truk-truk batu bara merusak jalan, mengganggu kelancaran arus lalu lintas dan memicu kecalakaan lalu lintas. 

“Jadi kehadiran pelabuhan sungai ini bisa mengatasi masalah angkutan batu bara. Kami berharap, kehadiran pelabuhan ini dapat mengatasi masalah angkutan batu bara serta memberikan kontribusi dan nilai positif bagi masyarakat Provinsi Jambi,”katanya. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA