. Suasana Haru Warnai Pelepasan Jemaah Calon Haji Kota Pematangsiantar | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Suasana Haru Warnai Pelepasan Jemaah Calon Haji Kota Pematangsiantar

Suasana Haru Warnai Pelepasan Jemaah Calon Haji Kota Pematangsiantar

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 16 Juni 2022 | 19.10

Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA (kanan depan) pada doa bersama pelepasan jemaah calon haji Kota Pematangsiantar, Sumut di lapangan Balai Kota Pematangsiantar, Kamis (16/6/2022). (Foto : Matra/KominfoSiantar).

(Matra, Pematangsiantar) – Suasana haru mewarnai pelepasan keberangkatan 42 orang jemaah calon haji Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut) di halaman Balai Kota Pematangsiantar, Kamis (16/6/2022) siang. Para jemaah calon haji terharu bisa berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi setelah menunggu sekian lama akibat pandemi Covid-19. 

Para jemaah calon haji juga terharu karena untuk sementara meninggalkan sanak saudara. Jemaah calon haji juga berharap banyak bisa sehat walafiat selama perjalanan menuju Tanah Suci, Mekkah dan menunaikan haji dengan baik hingga kembali ke Tanah Air menjadi haji mabrur.  

Sementara itu para anggota keluarga juga terharu melepas keberangkatan orang tua mereka menunaikan ibadah haji. Beberapa sanak saudara jemaah calon haji bahkan meneteskan air mata ketika doa bersama pelepasan hingga para jemaah calon haji naik ke bus menuju embarkasi haji di Kota Medan, Sumut.

Pelepasan calon Jemaah haji Kota Pematangsiantar dilakukan melalui doa bersama. Pelepasan para calon haji dilakukan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pematangsiantar, Drs H Muhammad Hasbi MH, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji Kantor Kementerian Agama Kota Pematangsiantar, Hj Ratnawati Nasution dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pematangsiantar.  

Susanti Dewayani pada keesmpatan tersebut mengatakan, seluruh calon Jemaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci, Mekkah dalam keadaan sehat dan bugar. Hal tersebut menandakan jamaah telah siap jasmani dan rohani untuk menunaikan ibadah Rukun Islam kelima.

Susanti Dewayani mengingatkan, para calon Jemaah haji Kota Pematangsiantar tetap menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. Apalagi saat ini suhu udara di Mekkah cukup panas, mencapai 50 derajat celcius. 

“Para calon Jemaah haji kami himbau banyak minum supaya tidak mengalami dehidrasi. Kemudian manfaatkan waktu senggang untuk istirahat,"katanya.
.
Susanti Dewayani juga meminta para jemaah calon haji Kota Pematangsiantar untuk selalu jaga kebersamaan dan tetap dalam rombongan. Hal itu penting agar tidak ada anggota rombongan Jemaah calon hajiKota Pematangsiantar yang terpisah dan tersesat dalam perjalanan. 

"Mudah-mudahan kondisi bapak/ibu akan terjaga sampai kepulangan bapak/ibu ke Indonesia. Kami juga mengharapkan bapak/ibu memperbanyak sabra dan ikhlas,”paparanya. 

Dikatakan, keberhasilan Pemkot Pematangsiantar memberangkatkan 42 orang Jemaah calon haji dan satu pendamping pada pelaksanaan Ibadah Haji 1443 Hijriyah (2022) ini tidak terlepas dari komitmen dan kerja keras Kantor Kementerian Agama Kota Pematangsiantar. Kantor Kementerian Agama Kota Pematangsiantar berkolaborasi (bekerja sama) dengan Pemkot Pematangsiantar memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah calon haji/hajjah Kota Pematangsiantar.

"Saya atas nama pribadi dan Pemkot Pematangsiantar mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji kepada seluruh jemaah calon haji/hajjah Kota Pematangsiantar. Semoga menjadi haji/hajjah mabrur dan mabruroh. Kami mohon titip doa untuk mendoakan kami yang belum berangkat haji agar dapat melaksanakan haji di kesempatan berikutnya,”katanya.
Para calon jemaah haji pamitan kepada sanak saudara pada pelepasan keberangkatan jemaah calon haji Kota Pematangsiantar, Sumut di lapangan Balai Kota Pematangsiantar, Kamis (16/6/2022). (Foto : Matra/KominfoSiantar).

Kloter VII

Sementara itu,  Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kota Pematangsiantar, Hj Ratnawati Nasution pada kesempatan tersebut menjelaskan, jemaah calon haji Kota Pematangsiantar bergabung dengan kelompok terbang (Kloter) VII Sumut gelombang pertama. Jemaah calon haji Kloter VII gelombang pertama Sumut berasal dari yakni Kota Pematangsiantar, Kota Medan dan Kabupaten Langkat. 

“Sesuai jadwal yang ditetapkan, nanti sore, Kamis (16/6/2022) sebanyak 42 orang Jemaah calon haji Kota Pematangsiantar dan satu pendamping  memasuki asrama haji Medan. Para jemaah calon haji Kota Pematangsiantar bertolak ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Kuana Namu, Kabupaten Deliserdang, Sumut, Jumat (17/6/2022) sore. Mereka sudah harus tyiba di Bandara Kuala Namu, Jumat pukul 06.30 WIB,”katanya.

Ratnawati Nasution mengatakan, seluruh Jemaah calon haji Kota Pematangsiantar diberangkatkan dalam kondisi sehat walafiat. Mereka juga tetap didampingi petugas medis yang secara intensif memantau dan mengawasi kesehatan para jemaah calon haji.

Dikatakan, pemeriksaan Jemaah calon haji Kota Pematangsiantar tidak lagi diwajibkan menjalani pemeriksaan tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Mereka hanya menjalani pemeriksaan kesehatan setelah tiba di Arab Saudi. 

"Kami mohon doa seluruh masyarakat Kota Pematangsiantar agar seluruh jamaah calon haji diberikan kesehatan dan kekuatan selama menjalani ibadah di Tanah Suci dan dapat memperoleh haji mabrur. Doa restu tersebut perlu terutama pelaksanaan ibadah haji saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19,”katanya. (Matra/FebP/AdeSM)).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA