. H Edi Purwanto : Tjahjo Kumolo Politisi dan Negarawan Rendah Hati | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » H Edi Purwanto : Tjahjo Kumolo Politisi dan Negarawan Rendah Hati

H Edi Purwanto : Tjahjo Kumolo Politisi dan Negarawan Rendah Hati

Written By MediaLintasSumatera on Jumat, 01 Juli 2022 | 20.04

Ucapan duka cita atas meninggalnya Menpan RB, Tjahjo Kumolo, Jumat (1/7/2022). (Foto : Matra/KemenpanRB)

(Matra, Jambi) – Meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, Jumat (1/7/2022) ternyata meninggalkan duka yang mendalam bagi Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto. Edi Purwanto merasa sangat kehilanyan atas meninggalnya Tjahjo Kumolo karena hubungan mereka yang cukup dekat selama ini. 

“Saya merasa berduka dan kehilangan atas meninggalnya sosok politisi yang sangat saya hormati, Tjahjo Kumolo. Beliau sangat dekat dengan saya karena sama-sama seperjuangan di PDIP. Beliau juga pernah mampir ke rumah saya memberikan semangat ketika saya menghadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi 2015,”kata Edi Purwanto di Jambi, Jumat (1/7/2022).

Edi Purwanto menilai, Tjahjo Kumolo yang memiliki reputasi baik di dunia politik dan pemerintahan memiliki sikap kesederhanaan dan jiwa merangkul. Sikap seperti itu membuat karier politik Tjahjo Kumolo sangat cemerlang. Politisi senior Indonesia yang pernah berjuang bersama Golkar dan PDIP tersebut enam periode menjadi DPR RI dan dua kali menjadi menteri kabinet.

"Bagi saya, sosok Tjahjo Kumolo sangat baik. Beliau hidup bersahaja, sederhana dan merangkul para kolega, teman kerja dan sahabat-sahabatnya. Saya sangat terkesan kepada Tjahjo Kumolo karena beluai beliau tidak pernah naik pesawat kelas bisnis. Beliau juga tidak pernah mau di jemput secara khusus setiap kunjungan ke Jambi,"ujarnya.

Kepergian Tjahjo Kumolo untuk selamanya juga membawa duka bagi Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jambi dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hapis Hasbiallah. Hapis Hasbiallah mengatakan, Tjahjo Kumolo seorang tokoh nasional dan politisi senior yang ulung. Namun gaya hidupnya sangat sederhana.

"Bagi saya, Tjahjo Kumolo termasuk sosok politisi yang sangat sederhana, santun dan ramah. Dia cukup baik menjalin hubungan atau komunikasi dengan siapa saja. Saya juga sudah beberapa kali bertemu beliau. Orangnya sangat baik,"katanya.

Menurut Hapis Hasbiallah, kepergian Tjahjo Kumolo untuk selamanya membuat banyak politisi merasa kehilangan, termasuk politisi di Provinsi Jambi. Selama ini sikap hidup yang rendah hati menjadi teladan bagi banyak politisi, termasuk di Jambi.

Dikatakan, Tjahjo Kumolo juga banyak berjasa membangun jambi, khususnya dalam penataan pemerintahan. Berkat kebijakan-kebijakannya ketika menjabat Menteri Dalam Negeri maupun ketika menjabat Menpan RB, Tjahjo Kumolo telah banyak membenahi penataan birokrasi menjadi lebih bersih dan transparan.

“Secara pribadi dan mewakili seluruh jajaran PKS di Jambi, saya menyampaikan duka cita sedalam-salamnya atas meninggalnya Menpan RB, Tjahjo Kumolo. Kiranya amal baktinya untuk bangsa dan negara selama ini menjadi teladan bagi kita semua,”ujarnya. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA