. Insan Pers Kota Pematangsiantar Diharapkan Tingkatkan Kualitas Pemberitaan | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Insan Pers Kota Pematangsiantar Diharapkan Tingkatkan Kualitas Pemberitaan

Insan Pers Kota Pematangsiantar Diharapkan Tingkatkan Kualitas Pemberitaan

Written By MediaLintasSumatera on Sabtu, 09 Juli 2022 | 08.54


Ketua IWO Kota Pematangsiantar, Jon Roi Tua Purba (kanan) menjelaskan program IWO Kota Pematangsiantar kepada  Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr  Hj Susanti Dewayani, SpA (dua dari kanan) pada pertemuan di Balai Kota Pematangsiantar, Sumut, Jumat (8/7/2022). (Foto : Matra/KominfoSiantar).

(Matra, Pematangsiantar) – Insan-insan pers di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut) diharapkan meningkatkan kontribusi terhadap pembangunan kota tersebut. Kontribusi tersebut bisa dilakukan melalui peningkatan kualitas tulisan – tulisan atau berita yang membangun, memberikan informasi atau menyiarkan berita komparatif (perbandingan) sesuai fakta dan terkonfirmasi.

Hal tersebut dikatakan Pelaksana Tugas (Plt)Wali Kota Pematangsiantar, dr  Hj Susanti Dewayani, SpA pada pertemuan dengan Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Pematangsiantar di Balai Kota Pematangsiantar, Sumut, Jumat (8/7/2022).
Pertemuan tersebut dihadiri pengurus dan anggota IWO Kota Pematangsiantar.

Menurut Susanti Dewayani, Pemerintah Kota (Pemkot) Pematangsiantar tidak alergi terhadap kritik dan saran yang membangun dari jajaran pers. Namun perlu adanya konfirmasi yang tepat dalam setiap pemberitaan pers mengenai pembangunan Pemkot Pematangsiantar. 

“Saat ini banyak informasi menyebar yang kurang memiliki akurasi karena tidak terkonfirmasi dengan baik dengan narasumber. Hal tersebut terjadi karena saat ini terlalu mudahnya informasi beredar tanpa ada cek fakta dan tanpa dukungan data,”tuturnya.

Susanti Dewayani mengatakan, menghadapi penyebaran informasi yang kurang akurat, kurang factual dan kurang terkonfirmasi, pers dituntut melakukan transformasi dari model distribusi karya jurnalistik yang konvensional ke distribusi modern. Hal itu penting agar pers bisa mendukung pembangunan Kota Pematangsiantar.

“Saya juga berharap agar IWO Kota Pematangsiantar dapat mendukung program-program dan kebijakan Pemko Pematangsiantar melalui media massa (pers) sebagai pilar keempat demokrasi,"katanya.

Sementara itu, Ketua IWO Kota Pematangsiantar, Jon Roi Tua Purba pada kesempatan tersebut mengatakan, pertemuan insan-insan pers yang tergabung dalam IWO Kota Pematangsiantar dengan Plt Wali Kota Pematangsiantar guna menjalin silaturahmi dan kerja sama yang baik antara insan pers dengan Pemkot Pematangsiantar. 
Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr  Hj Susanti Dewayani, SpA (tengah) bersama Pengurus IWO Kota Pematangsiantar pertemuan di Balai Kota Pematangsiantar, Sumut, Jumat (8/7/2022). (Foto : Matra/KominfoSiantar).

Menurut Jon Roi Tua Purba, pers menjadi tumpuan masyarakat mendapatkan informasi alternatif yang dapat dipercaya. Pers juga diharapkan menjadi penuntun kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk itu kualitas wartawan atau jurnalis perlu terus ditingkatkan. 

Dikatakan, guna meningkatkan kualitas wartawan di Kota Pematangsiantar, IWO Kota Pematangsiantar akan melaksanakan serangkaian program pelatihan, pembinaan dan pemahaman kode etik jurnalis. Hal itu penting agar para wartawan di Kota Pematangsiantar bisa bekerja dengan baik dan tetap menghasilkan berita-berita faktual, aktual, akuratif dan berimbang.

“Pelatihan dan pembinaan ini merupakan cita-cita IWO Kota Pematangsiantar guna mengembangkan kualitas penulisan para wartawan. Pelatihan wartawan ini juga penting meningkatkan pengetahuan dan kompetensi wartawan memberitakan hal yang menjadi kepentingan publik,”katanya.  (Matra/FebP).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA