. Konferensi Tingkat Tinggi Wanita Dunia di Parapat Sukses, Hasilkan Komitmen Pemberdayaan Usaha Perempuan Desa | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , , » Konferensi Tingkat Tinggi Wanita Dunia di Parapat Sukses, Hasilkan Komitmen Pemberdayaan Usaha Perempuan Desa

Konferensi Tingkat Tinggi Wanita Dunia di Parapat Sukses, Hasilkan Komitmen Pemberdayaan Usaha Perempuan Desa

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 21 Juli 2022 | 22.11

Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Antar Negara, Edi Prambudi (empat dari kiri baris depan) bersama para delegasi dari berbagai negara pada penutupan W-20 Summit Indonesia  2022 di Hotel Niagara, Parapat, Simalungun, Sumut, Kamis (21/7/2022). (Foto : Matra/KominfoSimalungun).

(Matra, Parapat) –  Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Woman 20 (W-20 Summit Indonesia) 2022 yang digelar di Hotel Niagara, Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Selasa – Kamis (19 – 21/7/2022) berlangsung sukses. 

Seluruh rangkaian kegiatan W20 yang diikuti ratusan delegasi wanita dari 20 negara tersebut terlaksana dengan baik. Pertemuan wanita dunia tersebut pun menghasilkan beberapa komitmen mengenai kesetaraan gender serta pemberdayaan perempuan dunia dalam usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

Co Chair (Wakil Ketua) W20 Presidensi (Wilayah) Indonesia, Dian Siswarini pada penutupan W-20 Summit Indonesia  2022 di Hotel Niagara, Parapat, Simalungun, Sumut, Kamis (21/7/2021) menjelaskan, pertemuan W20 Presidensi Indonesia di Parapat menghasilkan beberapa komitmen mengenai kesetaraan gender (persamaan hak laki-laki dan perempuan) di bidang usaha ekonomi, termasuk usaha di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Komitmen tersebut, lanjutnya, peningkatan penyediaan kapasitas akses  keuangan bagi perempuan pedesaan dan beragam usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) milik perempuan. Kemudian memberikan inkubasi bisnis dan mendorong ide bisnis kaum perempuan. 

“Selain itu, memberikan jaminan kesehatan dan perlindungan hak bagi perempuan dan memberikan akses usaha bagi penyandang disabilitas,”ujarnya. 

Sementara itu, Chair (Ketua) of W20 Presidensi Indonesia, Hadriani Uli Silalahi pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang telah memberikan kesempatan pelaksanaan W20 di Indonesia. Pelaksanaan W20 di Kota Wisata Parapat, Simalungun juga menjadi momen yang sangat luar biasa karena tempatnya indah, alamnya sejuk dan asri.

Dikatakan, pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh delegasi W20 dari berbagai negara yang hadir, mendukung dan memberikan sumbangan pemikiran mengenai peningkatan kesetaraan gender pada W20. 

“Komitmen pengenai kesetaraan gender yang dihasilkan dalam W20 merupakan bentuk kepedulian wanita di dunia mengenai peningkatan peranan kaum wanita dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,”ujarnya.

Hadriani Uli Silalahi mengatakan, selama tiga hari pelaksanaan W20 di Parapat,  pihaknya telah melaksanakan diskusi membahas berbagai isu kemanusiaan dan persamaan gender. 

“Selaku Chair W20 dari Indonesia, saya ingin menggunakan kesempatan ini menyampaikan hasil-hasil W20 kepada presiden G20. Kami berharap, komitmen W20 mengenai kesetaraan gender dan masalah-masalah perempuan bisa dibahas di Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali, September – Oktober 2022,”katanya. 

Penutupan W-20 Summit Indonesia  2022 di Parapat ditandai dengan penyerahan dokumen hasil diskusi kepada Co Sepra/Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Antar Negara, Edi Prambudi. Edi Prambudi akan menyampaikan hasil diskusi W20 tersebut  akan disampaikan kepada Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Pembahasan hasil diskusi W20 tersebut nantinya menjadi salah satu agenda KTT G20 2022 di Bali.

Pada kesempatan tersebut, Chair W20, Hadriani Uli Silalahi dan Co Chair W20, Tantri Widya Ningsih menyematkan Pin W20 kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Zumri Sulthony Sinaga, Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, para delegasi W20 dan undangan.
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Zumri Sulthony Sinaga pada kesempatan tersebut juga menyampaikan terima kasih kepada perwakilan negara-negara yang hadir di KTT W20 di Parapat. Dia mengharapkan W20 menghasilkan rekomendasi terbaik, sehingga semua orang dapat menikmatinya.

”Kami juga berharap seluruh delegasi W20 dari berbagai negara menceritakan tentang keindahan Danau Toba di negara masing-masing, termasuk kepada para kerabat. Kalau bisa para delegasi W20 bisa datang kembali menikmati alam yang yang indah di Danau Toba,”katanya.

Penutupan W-20 Summit Indonesia 2022 tersebut secara virtual diikuti juga oleh Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki dan Menteri Luar Negeri, Retno Basuki.
Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga (tiga dari kanan) menerima pin W20 dari panitia pada penutupan W-20 Summit Indonesia 2022 di Hotel Niagara, Parapat, Simalungun, Sumut, Kamis (21/7/2022). (Foto : Matra/KominfoSimalungun).

Wisman Meningkat

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga pada kesempatan tersebut mengatakan, W-20 Summit Indonesia 2022 di Parapat diharapkan menjadi awal yang baik bagi peningkatan pariwisata di Danau Toba. Peningkatan pariwisata Danau Toba juga akan semakin ditopang pelaku UMKM, khususnya UMKM yang dikelola kaum perempuan.

Dikatakan, di masa mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemkab Simalungun melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperidag) Simalungun akan mendorong dan membina para pelaku UMKM perempuan. Pembinaan itu penting dilakukan secara intensif untuk meningkatkan kualitas produk, kemasan produk hingga  membuka  jaringan pemasaran internasional. 

“Kami berharap kaum perempuan yang menekuni UMKM menjalin jaringan dengan komunitas dan organisasi perempuan dunia, khususnya W20. Dengan demikian pemasaran produk UMKM akan semakin luas,”katanya. (Matra/AdeSM/FebP).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA