. Muhammadiyah Tidak Terpisahkan dari Pembangunan Pendidikan | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Muhammadiyah Tidak Terpisahkan dari Pembangunan Pendidikan

Muhammadiyah Tidak Terpisahkan dari Pembangunan Pendidikan

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 07 Juli 2022 | 21.54

Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH (empat dari kanan) menandatangni prasasti peresmian gedung Universitas Muhammadiyah (UM) Jambi di auditorium rektorat UM Jambi di Kota Jambi,  Kamis (7/7/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Muhammadiyah tidak bisa terpisahkan dari pembangunan pendidikan di Indonesia. Hal ini tercermin dari kehadiran perguruan tinggi Mummadiyah di berbagai daerah, termasuk di Provinsi Jambi. Melalui lembaga pendidikan tinggi, Muhamadiyah berkontribusi besar meningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia dan Jambi. 

“Kami mengapresiasi kiprah dan komitmen Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Provinsi Jambi yang turut berkontribusi meningkatkan kualitas SDM melalui pendirian Universitas Muhammadiyah di Provinsi Jambi,”kata Jambi  Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH pada peresmian gedung Universitas Muhammadiyah (UM) Jambi di auditorium rektorat UM Jambi di Kota Jambi,  Kamis (7/7/2022).

Menurut Al Haris, Muhammadiyah tidak hanya berperan besar memajukan pendidikan, tetapi juga turut meningkatkan program-program pelayanan kesehatan dan sosial. 

“Kami terus mendukung dan bersinergi dengan Muhammadiyah karena program-programnya jelas, yaitu mencerdaskan putra-putri atau anak-anak Jambi untuk meningkatkan SDM di Provinsi Jambi,”ujarnya.

Dikatakan, nilai-nilai agama dan keindonesiaan merupakan modal untuk membangun Provinsi Jambi. Penyertaan penanaman nilai-nilai keagamaan dan keindonesiaan dalam pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi akan melahirkan SDM yang cerdas, berbudaya sekaligus berakhlakul karimah. 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, lanjutnya, berkomitmen mewujudkan Provinsi Jambi yang Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional (MANTAP) di bawah Ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 

“Saya mengharapkan dukungan dan kontribusi semua pihak, termasuk penyelenggara pendidikan mewujudkan peningkatan SDM Provinsi Jambi yang unggul dan berkualitas,”ujarnya.

Al Haris mengatakan, pembangunan sarana prasarana menjadi salah satu langkah penting mengembangkan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan perguruan tinggi. Pembangunan infrastruktur gedung kampus harus senantiasa dilakukan perguruan tinggi sebagai wujud tanggung jawab pelayanan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 

“Pembangunan infrastruktur tersebut juga menjadi penunjang pengembangan universitas, pembenahan dan pengembangan diri,”tambahnya. 

Dikatakan, peresmian gedung dan sarana pendukung UM Jambi ini kami harapkan bisa menjadi modal peningkatan kualitas pelayanan dan penyelenggaraan pendidikan. Kelengkapan sarana dan prasaran pendidikan ini juga turut mendukung perbaikan mutu pendidikan dan pelayanan di UM Jambi. 

“Peningkatan mutu pendidikan dan kualitas pelayanan tersebut perlu dinikmati masyarakat maupun seluruh civitas akademika di lingkungan perguruan tinggi itu sendiri. Peningkatan mutu dan pelayanan pendidikan ini akan melahirkan lulusan yang berkarakater dan berkualitas serta mampu memberikan sumbangsih nyata bagi masyarakat dan daerah,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof Dr H Haedar Nashir, MSi mengatakan, PW Muhammadiyah Jambi merupakan salah satu pengurus wilayah yang cukup berhasil membangun Muhammadiyah. PW Muhammadiyah Jambi telah berhasil membangun gedung megah UM Jambi enam lantai.

Haedar Nashir berpesan kepada seluruh civitas akademika UM Jambi dan seluruh perguruan tinggi untuk berkerja dengan sungguh sungguh dan ikhlas. Dengan demikian pengembangan pendidikan menjadi amal usaha kepada umat dan bangsa ini. 

“Kami juga berharap Universitas Muhammadiyah bisa menjadi universitas yang unggul dalam segala bidang,”katanya. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA