. Pemkot Pematangsiantar Dukung Program Wirausaha Pintar, Sasar Pensiunan ASN | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Pemkot Pematangsiantar Dukung Program Wirausaha Pintar, Sasar Pensiunan ASN

Pemkot Pematangsiantar Dukung Program Wirausaha Pintar, Sasar Pensiunan ASN

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 12 Juli 2022 | 20.19

Sekda Pemkot Pematangsiantar, Budi Utari Siregar, AP (tengah) dan jajaran manajemen PT Taspen pada sosialisasi Program Wirausaha Pintar dan K3 di hotel Sapadia Kota Pematangsiantar, Sumut, Selasa (12/7/2022). (Foto : Matra/KominfoSiantar). 

(Matra, Pematangsiantar) – Pemerintah Kota (Pemkot) Pematangsiantar bekerja sama dengan PT Taspen (Persero) mengembangkan Program Wirausaha Pintar sebagai salah satu usaha pemulihan ekonomi rakyat. Untuk mendukung program tersebut, apartur sipil negara (ASN) Pemkot Pematangsiantar mengikuti sosialisasi Program Wirausaha Pintar dan Kampanye Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2022. 

Sosialisasi Program Wirausaha Pintar dan K3 yang diselenggarakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Taspen (Persero) Cabang Kota Pematangsiantar tersebut dilaksanakan di hotel Sapadia Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (12/7/2022).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Pematangsiantar, Budi Utari Siregar, AP, perwakilan kantor pusat PT Taspen (Persero), Agus Muharam, Kepala Cabang PT Taspen (Persero) Kota Pematangsiantar, Ade Nugi Nugroho mitra binaan PT Taspen (Persero), Krisna Murti.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Pemkot Pematangsiantar, Budi Utari Siregar, AP pada keesmpatan itu mengatakan, Program Wirausaha Pintar dan Kampanye K3 di kalangan ASN Pemkot Pematangsiantar tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian BUMN membantu pemulihan ekonomi rakyat Indonesia, termasuk kalangan ASN yang memasuki masa pensiun.

Dikatakan, Pemkot Pematangsiantar, mengapresiasi upaya PT Taspen (Persero) memberikan Program Wirausaha Pintar sekaligus Kampanye K3 kepada para ASN di lingkungan Pemkot Pematangsiantar. Sebagai abdi negara, para ASN harus rela melepaskan semua posisi dan jabatan sebagai bagian dari regenerasi dan siklus kehidupan, yakni pensiun. 

Karena itu, lanjutnya, sosialisasi Program Wirausaha Piintar sangat penting bagi ASN. Selain sebagai media silaturahmi, kegiatan tersebut juga sebagai wahana efektif untuk mendapatkan informasi guna mempersiapkan bekal fisik dan mental bagi setiap ASN dalam menghadapi masa pensiun.

Kemudian, tambahnya, program wirausaha juga merupakan salah satu upaya menghilangkan stigma yang melekat bahwa pensiunan ASN adalah orang yang tidak berdaya. 

"Kami mengharapkan kegiatan ini akan membawa semangat baru bagi para ASN untuk terus berkarya di masa tuanya. Kami yakin, Program Wirausaha Pintar ini akan membawa multiplier effect (efek ganda) tidak hanya bagi ASN. Program ini juga akan menciptakan lapangan kerja baru  dan pemberdayaan masyarakat, ekonomi dan serta kesejahteraan masyarakat setempat," katanya.

Mengenai Kampanye K3, Budi Utari Siregar, AP mengatakan, K3 bisa memberikan pemahaman dan kesadaran kepada para ASN mengenai keselamatan kerja. Hal itu penting sebab kesehatan dan keselamatan kerja perlu diperhatikan dalam segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi pekerja dari kecelakaan kerja dan penyakit.

"Memahami K3 penting, termasuk bagi para ASN dalam rangka mewujudkan Aparatur Sipil Negara yang bugar serta berkinerja produktif. Hal itu akan mempercepat tercapainya visi Kota Pematangsiantar, yakni Kota Pematangsiantar Sehat, Sejahtera dan Berkualitas,"katanya.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Taspen (Persero) Pematangsiantar, Ade Nugi Nugroho pada kesempatan tersebut menyatakan salut atas antusiasme para ASN Pemkot Pematangsiantar mengikuti Program Wirausaha Pintar dan Kampanye K3 tersebut.

"Kami berharap pertemuan ini membawa pengetahuan atau keterampilan bagi para ASN Kota Pematangsiantar. PT Taspen menjadi salah satu BUMN yang ditunjuk Pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu upaya tersebut dilakukan melalui Program Wirausaha Pintar di kalangan ASN,"katanya. (Matra/FebP/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA