. Songsong 119 Tahun Pekabaran Injil di Simalungun, GKPS Resort Jambi Bangkitkan Semangat “Olob-olob” | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Songsong 119 Tahun Pekabaran Injil di Simalungun, GKPS Resort Jambi Bangkitkan Semangat “Olob-olob”

Songsong 119 Tahun Pekabaran Injil di Simalungun, GKPS Resort Jambi Bangkitkan Semangat “Olob-olob”

Written By MediaLintasSumatera on Rabu, 13 Juli 2022 | 11.33

Sekretaris Panitia Pesta Olob-olob (Sukacita) GKPS Resort Jambi, Filmon Lingga, SPd memimpin rapat persiapan Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi di GKPS Jambi, Selasa (12/7/2022). (Foto : Matra/Radesman Saragih).

(Matra, Jambi) – Kesulitan ekonomi yang masih dialami sebagaian besar warga masyarakat dan pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir ternyata tidak menyurutkan warga jemaat Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Resort Jambi menyambut Pesta Olob-olob (Sukacita) 119 Tahun Injil Pekabaran Injil di Tanah Simalungun. 

GKPS Resort Jambi  berusaha membangkitkan semangat olob-olob bagi seluruh warga jemaat GKPS se-Resort Jambi dengan merayakan Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi, Minggu (4/9/2022). Pesta olob-olob tersebut merupakan pesta gereja yang pertama kali digelar GKPS Resort Jambi secara tatap muka sejak Covid-19 melanda dunia, Indonesia dan daerah sejak Maret 2020. 

Untuk mempersiapkan pesta suka cita gerejawi tersebut, Panitia Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi pun sudah dilantik di GKPS Jambi, Minggu (10/7/2022). Semangat pesta olob-olob tersebut pun ditunjukkan seluruh panitia yang cukup antusias menghadiri pelantikan tersebut. Kemudian panitia pun langsung menggelar rapat mempersiapkan kegiatan dan anggaran biaya pelaksanaan pesta olob-olob tersebut di GKPS Jambi, Selasa (12/7/2022). 

Rapat yang dipimpin Sekretaris Panitia Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi, Filmon Lingga, SPd tersebut dihadiri Pendeta GKPS Resort Jambi, Pdt R Saragih, SSi-Theol, unsur Pengurus GKPS Resort Jambi dan beberapa orang panitia. Sebelum dilantik juga, Panitia Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi sudah mengadakan rapat persiapan di GKPS Jambi, Minggu (3/7/2022) malam. 

Menurut Filmon Lingga, untuk memeriahkan Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi tahun ini, pihak panitia menggelar beberapa kegiatan kerohanian, seni – budaya dan olah raga. Kegiatan tersebut, lomba paduan suara gabungan (gemende koor) dan cerdas – cermat Alkitab khusus pemuda. Sedangkan kegiatan seni budaya yang “Marsombuh Sihol, Semalam di Simalungun”, Sabtu (3/9/2022). 

Dikatakan, kegiatan seni - budaya yang dipentaskan pada kesempatan tersebut, tortor (tari-tarian) Simalungun, lagu-lagu Simalungun, taur-taur (sinden) Simalungun. Pentas seni - budaya “Marsombuh Sihol” tersebut menampilkan anak-anak, pemuda, orangtua dan artis Simalungun Jambi. Pada malam kesenian Simalungun tersebut digelar juga penggalangan dana melalui tortor.

Sedangkan pada puncak perayaan Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi yang dilaksanakan di GKPS Jambi, Minggu (4/9/2022) akan digelar ibadah gabungan seluruh jemaat GKPS yang ada di GKPS Resort Jambi. Pada ibadah bersama tersebut akan digelar lomba pesta paduan suara (Pesparawi) antar sektor se-GKPS Resort Jambi. Pesparawi  memperlombakan lagu “Olob-olob” karya cipta Pdt RJ Saragih, MTh, LM. Setelah ibadah dilanjutkan dengan penggalangan dana melalui lelang, hiburan dan kegiatan lainnya. 

"Untuk mewujudkan rasa peduli sosial (gereja na sari) di lingkungan GKPS Resort Jambi, panitia juga mengadakan aksi donor darah, kunjungan dan pemberian bingkisan kepada orang tua yang lanjut usia dan warga jemaat yang sakit menahun serta anak warga jemaat difabel,"ujarnya. 

Filmon Lingga mengatakan, kegiatan olah raga yang digelar untuk memeriahkan Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi tersebut antara lain, pertandingan futsal anak-anak sekolah minggu, pertandingan bola voli putra dan putri serta pertandingan catur putra. Pembukaan ibadah Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi akan dilaksanakan, Sabtu (30/8/2022) di GKPS Jambi. Seusai ibadah pembukaan langsung digelar pertandingan catur. 

Sementara itu, Pdt R Saragih, SSi-Theol pada rapat tersebut mengatakan, aksi sosial yang diadakan dalam rangka Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi sebagai perwujudan kasih GKPS Resort Jambi kepada warga jemaat yang membutuhkan perhatian. Aksi sosial tersebut diharapkan bisa membangkitkan suka cita seluruh warga jemaat GKPS Resort Jambi, termasuk warga jemaat yang tidak bisa beribadah di gereja akibat sakit.

"Aksi sosial untuk lansia akan diadakan secara khusus di GKPS Jambi, Sabtu (20/8/2022). Sedangkan aksi sosial untuk warga jemaaat yang sakit menahun dan tak bisa hadir di gereja akan dilaksanakan di rumah warga jemaat,"katanya.

GKPS Resort Jambi terdiri dari GKPS Jambi, GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi, GKPS Persiapan Simpang Rambutan, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Provinsi Jambi dan Pos Pekabaran Injil GKPS Jambi di Bayunglencir, Kabupaten Musibanyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Sekitar 900 jiwa warga jemaat GKPS se-Resort Jambi tersebut diharapkan hadir  pada Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi tersebut. 

Injil secara resmi disemaikan (sebarkan) Misionaris Jerman, Pdt August Theis di Pematangraya, Simalungun, Sumatera Utara, 2 September 1903. Pekabaran Injil di Simalungun selama 60 tahun berada di bawah naungan Huri Kristen Batak Protestan (HKBP). GKPS resmi berdiri menjadi gereja Simalungun yang mandiri atau manjae (berpisah) dari HKBP, 1 September 1963. Memasuki, 2 September 2022, Pekabaran Injil di Simalungun genap berusia 119 tahun. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA